27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Jangan Lupa untuk Lakukan Stock Opname Secara Rutin!

stok opname

Sebagai pemilik usaha, apakah kamu pernah mendengar istilah stock opname? Stock Opname adalah kegiatan penghitungan secara fisik atas persediaan barang di gudang yang akan dijual. Secara umum, kegiatan ini dilakukan guna mengetahui secara pasti dan akurat mengenai catatan pembukuan yang merupakan fungsi dari salah satu sistem pengendalian internal.

Kegiatan ini sangatlah menyita waktu karena kita akan benar-benar secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang usaha kita. Untuk mengatasi persoalan ini, kiita harus mengatur waktu secara efisien ketika ingin melakukan stock opname.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengelola Stock Barang Usaha Anda

Mengapa Kita Harus Melakukan Stock opname?

Selain ditujukan untuk mengetahui persediaan, dengan melakukan stock opname juga diharapkan dapat membantu menghitung kas, aktiva, piutang, dan utang. Pada beberapa perusahaan, kegiatan ini dilakukan untuk menghitung persediaan barang dan kas. Namun, khusus di perusahaan manufaktur, biasanya hal ini dilakukan guna mengetahui persediaan bahan baku, bahan penolong, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Petugas yang biasanya diberi tugas untuk melakukan stock opname adalah petugas audit yang bukan personel pencatat persediaan dari internal perusahaan. Dengan begitu, stock opname dapat dilakukan secara independen dengan harapan dapat memberikan hasil yang benar-benar akurat.

Baca Juga: Catat! 2 Metode Pencatatan Persediaan yang Memudahkan Anda Menghitung Stok

Jika ditemukan selisih setelah dilakukan stock opname, maka kita harus melakukan penyesuaian sesuai dengan kebijakan perusahaan. Apabila selisih yang didapat kurang, kekurangan tersebut dapat dibebankan pada perusahaan untuk membuat jurnal penyesuaian. Namun, jika diharuskan ada penggantian kekurangan tersebut, maka jurnal penyesuaian tidak perlu dibuat kecuali jika harga penggantian tersebut berbeda dari harga pokok.

Baca Juga: 2 Langkah Mudah Menentukan Harga Pokok Penjualan

Namun, jika yang ditemukan adalah selisih lebih antara persediaan barang atau kas, maka perusahaan harus melakukan pengecekan ulang untuk mengetahui apakah terdapat kemungkinan transaksi yang belum dicatat.

Kapan Kita Harus Melakukan Stock Opname?

Stock opname dilakukan setiap akhir tahun atau bahkan setiap akhir bulan, tergantung pada kebijakan perusahaan tersebut. Menentukan periode yang tepat untuk melakukan stock opname bisa disesuaikan dengan tingkat kepentingan dan kemampuan perusahaan dalam melakukannya.

Bagaimana Cara Melakukan Stock Opname?

Stock opname merupakan metode untuk menyesuaikan data persediaan fisik dengan data yang ada di program pencatatan stock seperti Accurate Online. Accurate Online memiliki fitur Real-time stock yang memfasilitasi kita untuk mengetahui jumlah stock yang tersedia sesuai dengan jumlah transaksi yang terjadi.

Maka dari itu sebelum memulai aktifitas stock opname ada beberapa hal yang harus dipersiapkan:

  • Pastikan kembali bahwa semua transaksi terkait stok sudah ter-input semua ke Accurate Online.
  • Setelah semua stok sudah ter-input, print semua stok dari Accurate Online sebagai pedoman stok.
  • Hasil print ini kemudian dibagikan kepada bagian accounting di masing-masing tim stock opname. Usahakan yang menerima hasil print bukanlah orang gudang, karena orang gudang tidak boleh tahu stok versi program pada saat melakukan penghitungan.

 

Proses stock opname mulai berjalan:

  • Setiap stok yang sudah dihitung diberi tag/stiker agar tidak terjadi dobel penghitungan.
  • Setiap lembar stok yang telah penuh diisi dengan hasil opname diserahkan ke bagian tim input untuk mulai disalin ke excel terlebih dahulu. Format excel yang digunakan ini harus bisa menunjukkan perbandingan stok versi Accurate Online dengan hasil stock opname, sehingga bisa diketahui stok mana saja yang terjadi selisih.

Setelah proses stock opname selesai, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan pengecekan ulang atas stok yang selisih. Apakah terjadi salah hitung atau memang terjadi selisih atas stok.

Jika semua proses sudah selesai, maka hasil stock opname tersebut diserahkan ke bagian accounting untuk dilakukan adjustment stock atau penyesuaian persediaan ke Accurate Online.

 

Proses Stock Opname telah selesai. Kini jumlah stock yang ada pada Accurate Online sudah sesuai dengan jumlah stock yang ada di Gudang persediaan. Jangan lupa untuk selalu melakukan stock opname secara berkala agar tidak terjadi selisih pada jumlah persediaan usaha kita.

Related posts

5 Strategi Pemasaran yang Bisa Dilakukan di 2018 untuk Meningkatkan Omzet

ademuthia

Cara Menghasilkan Uang dari Rumah Selama pandemi Corona

ademuthia

5 Karakter Entrepreneur Sukses di 2020!

ademuthia

Leave a Comment