31.3 C
Jakarta
May 18, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

6 Hal Penting yang Harus ditanyakan Sebelum Menggunakan Jasa Konsultan Keuangan

Saat akan menggunakan konsultan keuangan bisnis kita sebaiknya melakukan wawancara singkat dengan mereka. Hal ini ditujukan agar kita mengetahui secara mendalam apakah konsultan keuangan tersebut cocok untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis kita.

 

Pertanyaan untuk Konsultan Keuangan Bisnis

Sebagian besar konsultan fokus pada dua bidang: memangkas biaya dan meningkatkan pendapatan. Apa yang Anda lihat sebagai hubungan antara dua fungsi? Mana yang lebih baik?

Pemotongan biaya adalah keahlian biasa konsultan. Itu yang dibutuhkan sebagian besar perusahaan. Alasan utama restrukturisasi perusahaan adalah untuk mengurangi biaya. Banyak yang menyewa konsultan luar untuk melihat secara obyektif pada bagan organisasi, proses penambahan nilai, dan lingkungan yang kompetitif. “Kami menghabiskan banyak waktu berbicara dengan pelanggan perusahaan, jadi kami memahami apa yang mereka sukai dan tidak sukai,” kata seorang konsultan. “Apa nilai pelanggan? Apakah sudah waktunya? Apakah ini berkualitas? Kami mendefinisikan itu. ”Ini berarti bahwa perusahaan dapat memotong pekerjaan dan masih belum menyentuh satu aktivitas yang tidak bernilai tambah atau menambah nilai bagi pelanggan.

Baca Juga: Perlukah Menggunakan Konsultan Keuangan untuk Bisnis Kita?

Apa pengalaman profesional Anda sebelum menjadi konsultan?

Pada akhirnya, Anda harus menginginkan konsultan yang Anda gunakan memiliki sensibilitas garis bawah yang kuat. Anda ingin orang ini — atau tim — untuk fokus pada hal-hal yang akan menambah nilai terbesar bagi perusahaan Anda dalam waktu sesingkat mungkin. Pemikiran seperti ini tidak alami bagi banyak orang. Biasanya membutuhkan dua jenis pengalaman: sebagai chief executive officer atau sebagai spesialis perputaran perusahaan. Seorang konsultan yang memiliki pengalaman semacam ini telah berurusan dengan kontrol biaya yang ketat, pengawasan tekanan tinggi, dan kebutuhan untuk hasil yang cepat. Ini adalah sifat yang sama yang harus Anda cari pada siapa pun yang memberi Anda nasihat ahli. Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, Anda mungkin mencari kebangkrutan dan pengalaman latihan serupa dari seorang konsultan. Urgensi yang dipelajari dalam lingkungan itu berlaku baik untuk urgensi kehidupan bisnis sehari-hari.

Apakah Anda [konsultan] akan menandatangani surat kerahasiaan? Apakah Anda akan berhenti bekerja untuk pesaing kami?

Beberapa pemilik dan manajer beranggapan bahwa consultan strategis jangka pendek kurang menimbulkan ancaman terhadap kepentingan kepemilikan daripada jumlah pengolah. Namun, Anda dan staf Anda harus merasa bebas untuk mendiskusikan masalah bisnis apa pun dengan konsultan Anda dan memercayai kebijaksanaannya. Jika Anda merasa tidak nyaman, Anda tidak akan membahas hal-hal dengan jujur. Solusinya adalah meminta semua konsultan untuk menandatangani surat kerahasiaan.

Baca Juga: Sekarang Musim Online, Pengusaha UMKM Gak Boleh Gaptek!

Risiko Anda dalam kasus-kasus ini bukanlah biasanya bahwa konsultan akan dengan sengaja mencuri informasi atau materi hak milik. Sebagian besar cukup profesional dan bekerja di pasar yang cukup kecil yang penting reputasi. Lebih sering, risikonya melibatkan konsultan tanpa disadari menyebutkan sesuatu. Jika ia telah menandatangani surat kerahasiaan, ia akan cenderung berpikir dua kali.

Siapa saja klien Anda yang lain? Siapa beberapa orang dan perusahaan yang pernah bekerja dengan Anda sebelumnya? Bolehkah saya menelpon mereka untuk bertanya tentang pekerjaan Anda?

Jangan kagum dengan mantan klien yang hebat. Di perusahaan besar, konsultan dipekerjakan dalam tim untuk menangani proyek yang sangat spesifik. Hanya karena orang yang mengenakan jas mahal mengklaim Chrysler sebagai mantan klien, bukan berarti dia mengenal Lee Iacocca berdasarkan nama depan. Faktanya, lebih baik jika mereka telah bekerja dengan perusahaan yang lebih dekat dengan ukuran dan bentuk Anda karena dia akan lebih mungkin memahami kebutuhan Anda.

Bagaimana Anda membebankan biaya untuk layanan? Apakah biaya Anda termasuk waktu perjalanan dan biaya lain-lain atau apakah itu ditagih secara terpisah?

Tidak ada standar yang ditetapkan untuk pembayaran konsultan: Beberapa bekerja berdasarkan straight fee, yang lain bekerja dengan imbalan plus bonus kinerja, dan beberapa bekerja berdasarkan kontingensi — terkait dengan kenaikan penjualan atau pengurangan biaya. Seperti halnya membayar kontraktor luar, kekhawatiran Anda harus memastikan pekerjaan berkualitas tinggi dan mengandung biaya dalam anggaran yang telah ditentukan. Dengan konsultan, memfokuskan penggunaannya sespesifik mungkin akan membantu mencapai kedua tujuan ini.

Selain itu, jelaskan sejak awal berapa biaya tak terduga yang ingin Anda bayarkan dan bagaimana Anda akan membayarnya. Konsultan yang pernah bekerja di atau untuk perusahaan besar mungkin terbiasa dengan akun pengeluaran yang bukan milik Anda. Sangat jelas tentang seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan pada seluruh proyek atau serangkaian proyek. Bersikeras bahwa ia memperingatkan Anda – secara tertulis – jika proyek tidak akan selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.

Dokumentasi apa yang akan Anda berikan kepada kami ketika proyek selesai? Siapa yang akan memiliki dokumentasi itu?

Menyimpan jejak kertas dari pekerjaan yang dilakukan konsultan untuk Anda mencapai beberapa tujuan — semuanya baik. Pertama, jika mereka telah bekerja dengan baik, ini biasanya akan memberi Anda beberapa bentuk dan alat untuk digunakan untuk meningkatkan beberapa bagian dari kinerja Anda.

Kedua, ini memungkinkan Anda menyimpan catatan analisis yang dibuat perusahaan Anda dan respons yang telah Anda ambil. Jenis “lembar memo” ini bisa sangat membantu ketika menghadapi masalah di masa depan atau konsultan lainnya. Akhirnya, menjaga jejak kertas memperjelas apa yang konsultan lakukan — dan tidak lakukan — saat bekerja untuk Anda. Jika ada perselisihan yang muncul karena pembayaran, kepemilikan, atau kerahasiaan, Anda akan memiliki beberapa dukungan.

Secara umum, semua pekerjaan (termasuk spreadsheet, kertas kerja, rencana, atau literatur) konsultan lakukan untuk Anda adalah milik Anda. Terkadang — terutama dalam kasus inovasi — ini menjadi masalah. Jelaskan sejak awal bahwa Anda ingin memiliki semua yang berasal dari konsultasi.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

5 Langkah Untuk Membuat Bisnis Wedding Photography

ademuthia

Bingung Cari Modal Usaha? Kenalan Dulu dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

ademuthia

Realtime Stock Online, Fitur Yang Sangat Membantu Pengusaha

ademuthia

Leave a Comment