29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

Laporan Laba Rugi Komprehensif, Laporan Penentu Keberhasilan Perusahaan

Laporan laba rugi komprehensif adalah salah satu laporan keuangan yang menilai seberapa besar tingkat keberhasilan perusahaan di dalam satu periode tertentu.

Dengan adanya laporan keuangan ini maka Anda sebagai pebisnis akan bisa mengetahui kinerja perusahaan Anda sehingga dapat digunakan untuk menilai atau melakukan prediksi jumlah dan juga waktu atas adanya ketidakpastian arus kas perusahaan di waktu yang akan datang.

Pengetahuan akan pernah beli komprehensif ini sangat penting untuk dipahami secara mendalam,  khususnya untuk para akuntan dan juga para pebisnis. Jadi mari kita mengenal laporan laba rugi komprehensif secara mendalam melalui artikel di bawah ini.

Pengertian Laporan Laba Rugi Komprehensif

Laporan laba rugi komprehensif adalah suatu cara atau metode untuk mengevaluasi tingkat performa atau kinerja perusahaan yang menghasilkan laba dalam kurun periode waktu tertentu.

Sehingga sebagai pebisnis, Anda bisa mengambil keputusan secara cepat ketika terjadi kondisi sedang mengalami keuntungan atau kerugian.

Laporan laba rugi ini juga bisa memberikan informasi terkait total jumlah pajak yang harus Anda bayar sebagai acuan bagi para investor dalam mengetahui perkembangan perusahaan Anda.

 Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Akuntansi di Bisnis Manufaktur? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Fungsi Laporan Laba Rugi Komprehensif

Seperti yang sebelumnya telah kita jelaskan fungsi dari laporan laba rugi ini adalah guna membantu melakukan prediksi di waktu yang akan datang terkait profit yang akan diperoleh nilai investasi yang dikeluarkan, dan juga nilai kekayaan kredit. Sedangkan fungsi lainnya adalah untuk:

  • Investasi

Dengan adanya laporan ini, maka investor bisa memperoleh informasi terkait prediksi laba dan juga arus kas di waktu yang akan depan dan bisa dijadikan patokan untuk menentukan harga jual saham serta dividen yang dimiliki oleh perusahaan di waktu yang akan datang.

  • Pinjaman Modal

Dengan adanya laporan ini, maka Anda bisa memperoleh pinjaman modal dari kreditor secara lebih mudah. Kenapa? Karena, mereka akan melihat seberapa kuat Anda dalam membayar pinjaman pokok dan juga beban bunga sehingga tidak akan terjadi yang namanya kredit macet.

  • Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan bisa mengukur tingkat keberhasilan perusahaan apakah sudah mencapai target yang sudah ditentukan ataukah belum bisa mencapai target tersebut.

Keterbatasan Laporan Laba Rugi Komprehensif

Setiap pengguna laporan laba rugi ini harus bisa mengetahui dan juga memahami bahwa laporan ini disusun dengan asumsi serta kebijakan tertentu. Sehingga, didalamnya terdapat beberapa keterbatasan. Berikut ini adalah beberapa keterbatasan dari laporan laba rugi komprehensif.

  • Hasil laporan dari penghasilan dan juga beban tidak bisa diukur secara andal, sehingga tidak akan bisa dimasukkan ke dalam laporan laba rugi lainnya. Standar akuntansi keuangan memberikan isyarat bahwa penghasilan atau pun beban hanya bisa diakui jika bisa diukur secara andal.
  • Penghasilan atau pendapatan yang dilaporkan akan turut terpengaruh dengan metode akuntansi yang digunakan oleh perusahaan sehingga beda metode ini hasilnya akan berbeda. Standar akuntansi keuangan memberikan kebebasan pada perusahaan agar bisa memilih metode untuk menyusutkan aset tetap sesuai dengan kebijakan perusahaan yang telah disetujui dan disepakati bersama.
  • Hasil dari perhitungan penghasilan beban harus melibatkan pertimbangan dari segala pihak manajemen

Elemen di Dalam Laporan Laba Rugi Komprehensif

Seperti yang terdapat dalam konsep laba lainnya, di dalam laporan laba rugi ini juga mempunyai berbagai elemen penentu yang mempengaruhi hasil laporan berikut adalah elemen beban dan juga elemen penghasilan.

Agar lebih jelasnya berikut ini adalah penjelasan lengkap dari kedua elemen tersebut.

1. Penghasilan

Penghasilan mampu menyebabkan adanya kenaikan dari sisi modal dalam penambahan aset ataupun penurunan hutang, tetapi tidak berasal dari kontribusi pemilik modal bisnis. Adapun berbagai unsur dalam penghasilan, yaitu pendapatan atau revenue dan keuntungan atau gain.

Pendapatan adalah penghasilan yang didapat dari kegiatan operasi utama perusahaan sedangkan keuntungan adalah peningkatan aset neto yang berasal dari transaksi insidental yang berasal dari luar transaksi perusahaan yang menghasilkan pendapatan.

2. Beban

Beban mampu menyebabkan adanya penurunan dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aset ataupun bertambahnya utang namun, tidak berasal dari nilai kontribusi pemilik modal perusahaan. Modal juga bisa digabungkan lagi menjadi dua unsur utama, yaitu beban atau expense serta kerugian atau loss.

3. Komponen Pendapatan Komprehensif Lainnya

Adanya komponen pendapatan komprehensif lain yang berisi atau berasal dari berbagai pos pendapatan dan beban yang tidak diakui dalam laporan laba rugi. Komponen pendapatan komprehensif lain yang ini antara lain adalah:

  • Perubahan dalam surplus revaluasi aset tetap dan juga aset tidak berwujud. Surplus revaluasi merupakan selisih antara nilai reformasi dengan nilai yang sudah tercatat di dalam aset tetap dan juga aset tidak berwujud yang diukur dengan menggunakan model revaluasi.
  • Keuntungan dan juga kerugian aktuarial atas suatu program manfaat yang pasti akan diakui.
  • Keuntungan dan kerugian yang diperoleh dari penjabaran laporan keuangan dan juga entitas asing yang masuk.
  • Keuntungan dan kerugian hasil dari pengukuran kembali suatu aset keuangan yang dikategorikan sebagai tersedia untuk dijual kembali.
  • Bagian efektif dari keuntungan dan kerugian instrumen lindung nilai dalam hal melindungi nilai arus kas perusahaan.

Dalam menyajikan laporan laba rugi ini, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara agar informasi bisa dengan mudah diterima oleh para pengguna atau pihak yang terkait. Perusahaan juga bisa memberikan kebebasan dalam memberikan istilah yang bisa digunakan dan perubahan penulisan urutan dari setiap pos yang ada memang dibutuhkan agar lebih memudahkan dalam menjelaskan laporan keuangan perusahaan.

Jenis Laporan Laba Rugi Komprehensif

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya bahwa laporan laba rugi ini bisa disajikan dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan. Artinya, kebutuhan akan informasi ini harus lebih mudah dicerna untuk mereka yang ingin melihat laporan keuangan tersebut.

Nah jika kita kategorikan, laporan laba rugi ini bisa kita bagikan lagi menjadi dua jenis atau dua macam, yaitu laporan laba rugi model tunggal dan laporan laba rugi model ganda. Agar bisa lebih jelasnya lagi berikut ini kami jabarkan untuk Anda

  • Laporan Laba Rugi Bentuk Tunggal

Bersumber dari pengantar standar akuntansi keuangan, laporan laba rugi bentuk tunggal ini dapat dicirikan dengan laporan yang disediakan hanya terdapat satu laporan saja.

Di dalam laporan keuangan tersebut akan disajikan beberapa data yang diperlukan seperti biaya keuangan, biaya yang bisa dihasilkan, beberapa bagian laporan laba rugi berdasarkan identitas suatu asosiasi jumlah laba ataupun rugi yang sudah dikurangi dengan beban pajak hasil laba rugi hingga seluruh total laba rugi komprehensif dari perusahaan tersebut.

  • Laporan Laba Rugi Model Ganda

Sama seperti namanya, laporan laba rugi model ganda ini adalah suatu penyajian laporan yang dipisah menjadi dua laporan laba rugi.

Satu laporan akan membahas tentang laporan laba rugi yang saat itu sedang berjalan, sedangkan laporan lainnya adalah laporan laba rugi berdasarkan pendapatan yang sifatnya komprehensif.

Di dalam laporan laporan tersebut Anda bisa mengisi beberapa bagian seperti pendapatan yang didapat, beban pajak, biaya pendapatan laba atau rugi dari entitas sosial lainnya, jumlah laba ataupun jumlah lagi yang sudah dikurangi dengan beban pajak hingga seluruh total laba ataupun total rugi dari perusahaan Anda.

Jenis-Jenis Penyajian Laporan Laba Rugi Komprehensif

Dalam menyajikan laporan laba rugi komprehensif terdapat setidaknya dua jenis penyajian. Kedua jenis penyajian laporan tersebut adalah sebagai berikut.

1.  Dalam bentuk satu laporan laba rugi komprehensif, yang mana seluruh plus penghasilan dan juga beban yang diakui dalam satu periode waktu

2. Dalam bentuk 2 laporan laba rugi komprehensif akan dinyatakan bila:

  • Laporan yang menunjukkan komponen laporan laba rugi
  • Laporan yang dimulai dengan laba rugi dan menunjukkan komponen pendapatan komprehensif lainnya

Total laba rugi komprehensif yang dilaporkan dalam laporan laba rugi komprehensif adalah seluruh penghasilan dan juga beban yang sudah diakui dalam satu periode waktu.

Klasifikasi Beban Dalam Laporan Laba Rugi Komprehensif

Entitas akan menyajikan analisis beban yang sudah diakui dalam laporan laba rugi dengan memanfaatkan klasifikasi yang berdasarkan sifat atau fungsinya di dalam entitas tersebut, yang mana hal tersebut bisa menyajikan informasi yang lebih Anda dan juga lebih relevan.

Klasifikasi berdasarkan sifat. Klasifikasi berdasarkan sifat akan mengidentifikasi biaya dan juga beban dalam bentuk karakter biayanya, seperti gaji dan apa nama pembelian bahan baku produk, beban penyusutan perusahaan, serta beban iklan perusahaan.

Klasifikasi berdasarkan fungsi. Klasifikasi berdasarkan fungsi akar menjadikan beban dilihat dari tujuan pengeluaran perusahaan seperti biaya manufaktur, administrasi dan distribusi.

Baca juga: Financial Leverage: Pengertian, Contoh, Cara Hitung, dan Risikonya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang laporan laba rugi komprehensif. Jenis laporan keuangan ini harus bisa dimengerti oleh setiap pebisnis investor, atau para pekerja akuntansi perusahaan, sehingga laporan laba rugi komprehensif yang baik bisa dibuat dan diperhitungkan secara cara akurat.

Namun bila Anda kesulitan untuk membuat laporan laba rugi komprehensif, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi ini akan menyediakan kepada Anda lebih dari 200 laporan keuangan yang bisa Anda akses dimanapun dan kapanpun Anda berada secara mudah dan juga akurat. Selain itu fitur di dalamnya juga sangat lengkap yang akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis online ataupun bisnis offline.

Seluruh fitur tersebut bisa Anda gunakan secara gratis selama 30 hari disini

 

Sumber : Ibnuismail

Related posts

Pengertian Biaya Peluang, Fungsi, dan Contohnya

Wida

Pengertian Koreksi Fiskal, Penyebab, Jenis, Dan Tujuannya

Wida

Apa itu Account Reconciliation? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya

Wida