25.6 C
Jakarta
June 13, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
BeritaBisnis

Bank Indonesia Hentikan Fitur Scan Kode QR Go-Pay: Implikasi Terhadap Pembayaran QR Code di Indonesia

Pada tanggal 15 Januari 2018, Bank Indonesia (BI) mengambil langkah tegas dengan menghentikan fitur scan kode QR yang diterapkan oleh PT Dompet Anak Bangsa, yang lebih dikenal sebagai Go-Pay, dalam aplikasi Go-Jek. BI menganggap bahwa fitur ini tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku untuk transaksi pembayaran, meskipun masih berada dalam tahap ujicoba. Larangan tersebut merupakan hasil dari Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Baca juga : Menjelajahi Dunia Wirausaha: Jenis, Tujuan, dan Tahapan Sukses dalam Bisnis

Uji Coba Scan QR di Go-Food Festival

Uji coba scan QR dilakukan oleh Go-Jek pada acara Go-Food Festival yang berlangsung selama satu bulan penuh, dari 19 Desember 2017 hingga 19 Januari 2018. Selama acara ini, pengunjung diminta untuk membayar menggunakan sistem scan QR yang terdapat pada Go-Pay. BI menganggap penggunaan QR code ini melanggar aturan karena cakupannya terlalu luas.

Penggunaan QR Code dalam Pembayaran di Indonesia

Penggunaan QR Code (Quick Response Code) sebagai alat pembayaran semakin gencar di Indonesia seiring dengan perkembangan fintech. QR code menjadi salah satu alternatif pembayaran non tunai yang semakin populer selain menggunakan kartu. Meskipun masyarakat Indonesia masih tergolong baru dalam penggunaan QR code sebagai metode pembayaran, model ini semakin digencarkan oleh lembaga perbankan dan penyedia jasa keuangan karena kemudahan penggunaannya.

Kelebihan Pembayaran QR Code

Pembayaran dengan QR code cukup mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu mengarahkan kamera smartphone ke kode QR yang terpampang, sehingga sangat praktis bagi pihak perbankan dan lembaga penyedia jasa keuangan. Tidak diperlukan perangkat khusus seperti mesin EDC (Electronic Data Capture) yang biasa digunakan untuk transaksi dengan kartu.

Penggunaan Awal Scan Barcode di Indonesia

Penggunaan scan barcode pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh harian Kompas. Mereka menggunakannya untuk memudahkan pembaca dalam mengakses berita-berita terbaru. Fitur barcode pada Kompas juga memberikan kesempatan kepada pembaca untuk memberikan masukan kepada redaksi harian tersebut.

Selain Kompas, metode pembayaran scan QR code juga telah digunakan oleh beberapa layanan, seperti T-Cash milik Telkomsel. Banyaknya pengguna T-Cash didorong oleh berbagai promosi diskon yang diberikan kepada pengguna metode pembayaran ini. Hal ini mendorong banyak orang untuk beralih ke pembayaran dengan scan barcode.

Potensi QR Code dalam Industri Manufaktur

Awalnya, QR code dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Denso Corporation, pada tahun 1994 dengan tujuan membantu pengelolaan inventaris dengan lebih efisien. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, QR code mulai digunakan untuk melakukan pembayaran. Metode ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sistem pembayaran non tunai lainnya.

Masa Depan Pembayaran QR Code di Indonesia

Saat ini, pengguna perlu melakukan top up saldo terlebih dahulu untuk menggunakan QR code sebagai metode pembayaran. Namun, ke depannya, metode ini diharapkan akan terhubung langsung dengan rekening bank pengguna, menghilangkan kebutuhan untuk mengisi saldo terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan proses pembayaran dan mengurangi kerumitan dalam penggunaan QR code.

Keuntungan Menggunakan QR Code

Metode pembayaran QR code memberikan banyak keuntungan kepada penggunanya. Selain memudahkan dalam melakukan pembayaran, QR code juga sangat responsif dan cepat. Informasi harga dan total pembayaran dapat dengan cepat terbaca hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke kode QR yang tersedia di toko atau kasir.

Baca juga : Strategi Bisnis Menuju Kesuksesan

Kesimpulan

Meskipun Bank Indonesia menghentikan fitur scan kode QR Go-Pay dalam aplikasi Go-Jek, penggunaan QR code sebagai metode pembayaran terus berkembang di Indonesia. Ini menjadi alternatif yang praktis dan efisien dalam melakukan transaksi non tunai. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, QR code memiliki potensi untuk menjadi salah satu metode pembayaran utama di masa depan, asalkan dapat mematuhi regulasi yang berlaku.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda dengan Invoice Online

Faqih Jafar

e-Faktur Kini Hadir di Accurate Online untuk Solusi Total Perpajakan Bisnis Anda

Miftah

Software Minimarket: Fitur dan Rekomendasi Terbaik

Faqih Jafar