33.4 C
Jakarta
June 21, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
AkuntansiBisnis

5 Jenis Online Shoppers yang Perlu Kamu Kenali di Online Store

Dalam dunia e-commerce atau toko online, pemahaman terhadap perilaku konsumen menjadi kunci sukses. Berbagai tipe pelanggan dapat dikenali, dan memahami preferensi masing-masing dapat membantu pengelola toko online mengoptimalkan strategi pemasaran mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima jenis online shoppers yang perlu dikenali untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Baca juga : Memahami Operating Model dalam Bisnis: Panduan Lengkap

1. Pelanggan Impulsif

Pelanggan impulsif seringkali menjadi pelanggan yang paling sering dijumpai di dunia e-commerce. Mereka cenderung membuat keputusan pembelian berdasarkan perasaan dan dorongan saat melihat produk menarik. Untuk menarik perhatian pelanggan impulsif, diperlukan strategi pemasaran yang memanfaatkan foto berkualitas tinggi dan tawaran promosi yang menggiurkan. Penggunaan newsletter atau promo produk baru juga dapat menjadi daya tarik tambahan bagi mereka.

2. Pelanggan yang Rajin Riset

Berbeda dengan pelanggan impulsif, pelanggan yang rajin riset cenderung lebih rasional dalam mengambil keputusan. Mereka melakukan perbandingan antarproduk berdasarkan faktor seperti harga, fitur, keuntungan, dan spesifikasi produk. Untuk menarik pelanggan ini, penting untuk menyediakan informasi produk yang lengkap dan jelas. Hal ini akan memudahkan mereka dalam membuat keputusan yang berdasarkan analisis mendalam.

3. Pelanggan Setia

Pelanggan setia merupakan aset berharga bagi toko online. Meskipun jumlahnya mungkin tidak banyak, keberadaan mereka memiliki dampak besar terhadap penjualan dan keuntungan. Untuk mempertahankan pelanggan setia, memberikan apresiasi melalui reward dan promo khusus, serta pelayanan yang personal, dapat menjadi kunci. Strategi ini akan membuat mereka merasa dihargai sebagai individu, sehingga lebih cenderung untuk tetap setia.

4. Pencari Diskon

Pelanggan yang selalu mencari diskon merupakan segmen yang cukup umum di pasar online. Mereka senang berbelanja saat ada promo, potongan harga, atau voucher diskon. Untuk menarik perhatian mereka, toko online perlu menyediakan berbagai jenis promosi yang menggiurkan. Memberikan diskon untuk repeat purchases juga dapat menjadi strategi yang efektif untuk mempertahankan pelanggan ini.

5. Need-based Shoppers

Pelanggan tipe ini memiliki kebutuhan atau keinginan khusus, dan mereka berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk menarik perhatian mereka, fokus pada pengembangan produk dan pemasaran dengan informasi yang rinci dan lengkap. Hindari memberikan terlalu banyak promo atau penawaran yang tidak relevan, karena hal tersebut dapat membuat mereka merasa terganggu dan menjauh dari produk atau brand toko online.

Baca juga : Rasio Keuntungan yang Wajib Kamu Hitung saat Kelola Usaha

Kesimpulan

Mengenali berbagai jenis online shoppers sangat penting dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Dengan memahami preferensi dan perilaku masing-masing tipe pelanggan, toko online dapat meningkatkan daya tarik produk, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan pada akhirnya, meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Mengapa Accurate adalah Solusi Terbaik untuk Manajemen Keuangan Bisnis Anda?

Ika Maiyastri

11 Cara Mendapatkan Data Pelanggan Potensial

ademuthia

Biaya Peluang: Pengertian, Latar Belakang, Manfaat dan Contohnya Bagi Perusahaan

admin