ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

Mengenal Digitalisasi dalam Bidang Akuntansi

Pada era perkembangan teknologi seperti saat ini, tingkat mobilitas manusia semakin tinggi sehingga tuntutan untuk bisa bekerja kapan pun dan dimana pun menjadi semakin tinggi. Perkembangan teknologi juga memengaruhi dunia akuntansi. Para pemilik bisnis khususnya pemilik bisnis kecil lebih memilih untuk melakukan pencatatan untuk semua transaksi di mana saja mereka berada melalui mobile device. 

Semua orang khususnya para pebisnis bisa melakukan pengecekan data keuangan dan rekening kapan saja melalui smartphone. Bahkan, komunikasi antara klien dan konsultan keuangan semakin mudah dan aman untuk dilakukan karena kedua pihak dapat dengan mudah berdiskusi tentang laporan keuangan terbaru tanpa ada batasan jarak, walau sebenarnya tidak berada di lokasi yang sama.

Peran teknologi di bidang akuntansi sudah tidak bisa diragukan lagi. Para pengguna merasa dipermudah dalam proses pencatatan dan pembuatan laporan. Berbagai jenis pekerjaan bisa dilakukan secara otomatis dengan sistem automatisasi yang meningkatkan efektivitas kerja dan mengurangi beban biaya. Beberapa contoh tugas akuntansi yang bisa dilakukan oleh sistem automatisasi sebagai berikut.

  • Auditing

Digitalisasi proses audit lebih meningkatkan keamanan data karena keberadaan digital trail yang memberikan informasi tentang siapa yang mengakses dan kapan data tersebut diakses sehingga efisiensi dan akurasi hasil audit juga semakin meningkat.

  • Proses Pengolahan Invoice

Saat ini sistem akuntansi keuangan digital telah mengembangkan alur kerja digital yang memungkinkan sistem untuk mengenali kode akuntansi dalam proses pembuatan invoice.

  • Proses Tutup Buku Secara Berkala

Sistem automatisasi yang berbasis teknologi bisa membantu proses tutup buku secara berkala. Sistem automatisasi yang menggunakan kecerdasan buatan bisa mengumpulkan data dari berbagai sumber yang ada, menggabungkan data tersebut, dan menyajikannya dalam sebuah laporan dalam waktu singkat. Pihak yang berkepentingan dapat segera mengambil kebijakan berdasarkan data yang ada dengan adanya sistem automatisasi.

Saat ini cloud computing sedang naik daun karena banyak yang menggunakannya. Cloud computing adalah salah satu aspek dalam perkembangan teknologi yang berperan penting dalam perubahan sistem akuntansi.

Cloud computing memudahkan para penggunanya untuk menyimpan data secara online dan sistem ini mudah diakses secara cepat oleh pihak-pihak yang berkepentingan sehingga pengiriman data keuangan kepada konsultan keuangan dan akuntansi semakin praktis.

Faktor keamanan juga membuat cloud computing menjadi semakin populer karena hanya para pemilik data yang bisa mengakses data mereka sehingga data keuangan setiap perusahaan akan aman dan tidak dicuri atau disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Di dalam dunia bisnis yang kompetitif, pemakaian sistem akuntansi digital semakin meluas. Para pebisnis dan pemilik perusahaan harus beradaptasi dan merangkul perkembangan teknologi secepatnya agar mampu bersaing.

Cara yang bisa dilakukan adalah upgrade atau memperbarui sistem keuangan di setiap perusahaan dengan teknologi terbaru atau menyewa jasa konsultan keuangan untuk membantu proses transformasi sistem akuntansi keuangan digital.

Proses pelaporan keuangan dan pembuatan laporan manajemen saat ini jauh lebih kompleks dan lebih rumit. Alasannya adalah berbagai hal mulai dari transaksi bisnis sudah semakin banyak dan kompleks serta berbagai peraturan yang menuntut adanya peningkatan standar laporan keuangan juga bermunculan.

Tuntutan dari pihak perusahaan dan pemegang saham terhadap laporan secara berkala yang akurat dan efisien juga menambah berat tanggung jawab dan tugas para akuntan. Namun, perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kerja para akuntan menjadi semakin mudah.

Perpaduan antara pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh para akuntan dibantu dengan software akuntansi seperti Accurate Online, akan membuat proses pengolahan data akuntansi dalam jumlah besar menjadi lebih mudah dan cepat. Para akuntan harus menyajikan laporan keuangan yang lengkap dan terstruktur dengan baik agar pihak manajemen bisa menyusun strategi keuangan dengan lebih efektif sehingga perusahaan bisa berjalan dengan baik dan berlangsung lama.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

Sumber : Retno Ayu

Related posts

Anggaran Produksi, Rencana Penting Perusahaan dalam Hal Produksi

Eri Katsir

Biaya Kualitas: Pengertian, Komponen, dan Contohnya

Handry

Perusahaan Unicorn Adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Decacorn serta Hectocorn

Miftah