fbpx

Ketahui Laporan Perubahan Modalmu

Pernahkan kamu mendengar laporan perubahan modal?

Jika belum, maka saya akan membahas sedikit mengenai laporan perubahan ekuitas.
Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal pada perusahaan akibat dari kegiatan pokok operasi perusahaan pada suatu periode akuntansi tertentu. Atau dapat diartikan sebagai suatu ikhtisar tentang perubahan jumlah modal yang terjadi selama periode tertentu.
Perlu diketahui bahwa laporan perubahan modal dapat dibuat setelah laporan neraca dan laporan laba/rugi telah dibuat, karena ada komponen di dalam laporan perubahan ekuitas yang merupakan hasil dari kedua laporan tersebut, yakni modal yang berasal dari laporan neraca dan laba bersih yang berasal dari laporan laba/rugi.

Contoh Laporan Perubahan Modal

Komponen yang terdapat pada laporan perubahan ekuitas adalah:
  • Modal awal
  • Penambahan investasi pemilik
  • Perolehan laba bersih atau rugi bersih
  • Pengambilan pribadi (prive)¬†dan
  • Modal akhir.
Laporan ini bertujuan untuk mengikhtisarkan aktiva pembayaran dan investasi serta dana yang dihasilkan selama satu periode akuntansi dan menyajikan perubahan modal kerja. Laporan ini akan mengalami perubahan jika terdapat investasi tambahan dari pemiliki, adanya laba atau kerugian usaha, dan pengambilan untuk keperluan pribadi (prive).
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa laporan perubahan modal memerlukan laporan pendukung seperti laporan Neraca dan laporan Laba/Rugi, Anda dapat mengandalkan Accurate Accounting Software untuk penyajian laporan-laporan penting tersebut. Accurate accounting software memudahkan pekerjaan akunting Anda tanpa harus menginput berulang-ulang. Laporan yang di sajikan Accurate cepat dan akurat. Info Accurate lebih lanjut bisa Anda dapatkan disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *