32.1 C
Jakarta
September 23, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Bisnis

Tantangan di Tengah Revolusi Industri 4.0 Pada Sistem Akuntansi Anda

Dengan laju pertumbuhan minat kerja dan seiring dengan revolusi industri 4.0, praktik akuntansi berada di bawah tekanan dan bersaing dalam perang untuk mendapatkan bakat terbaik. Tantangannya, bisnis Anda tidak hanya berusaha untuk menarik profesional baru dan kompeten, namun juga mempertahankan karyawan Anda saat ini, dan hal ini adalah hal yang sulit

Tercipta gelombang peluang baru di industri ini, layanan profesional seperti akuntan menempati peringkat tertinggi dalam hal pergantian staf pada tahun 2018 Hal ini berdasarkan data yang diambil dari setengah miliar pengguna linkedin.

Dalam revolusi industri 4.0 kebutuhan pada bakat profesional menjadi lebih tinggi, mempekerjakan orang yang tepat dengan keterampilan yang tepat dan menciptakan budaya yang memungkinkan mereka untuk berkembang, akan menjadi kunci keberhasilan setiap akuntan perusahaan

Berikut adalah tiga langkah bisnis yang dapat diaplikasikan perusahaan Anda untuk menarik dan mempertahankan akuntan terbaik bagi Anda:

Menerima dan Terus Beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0

Secara terbuka menerima dan menerapkan perubahan dalam profesi akuntan dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan dan mendapatkan akuntan terbaik.

Saat ini, peran akuntan bukan hanya sebagai pengolah angka yang terikat deadline dengan hanya berkutat di belakang meja. Lebih dari itu, akuntan berfungsi sebagai sumber informasi keuangan dan penasihat strategis yang tepercaya. Dengan mengingat hal ini, penting untuk memposisikan perusahaan Anda sebagai perusahaan yang memahami dan mendukung bahwa peran akuntan telah berubah.

Bangun komunikasi dengan karyawan saat ini, penting juga bagi manajemen untuk memberikan informasi yang transparan tentang bagaimana profesi akuntansi berkembang. Sebisa mungkin buat karyawan Anda tidak khawatir tentang redefinisi peran mereka, dengan menjelaskan dampak dan hal yang saat ini sedang terjadi. Tentunya ini akan membangun hubungan yang baik yang dibangun berdasarkan kepercayaan.

Untuk para akuntan, pastikan Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang sebagai akuntan modern dengan mendedikasikan waktu yang untuk membahas elemen-elemen fungsi pekerjaan Anda yang lebih baru dalam industri ini.

Terlebih lagi, dengan mendiskusikan bagaimana inovasi teknologi telah mengubah industri dengan para akuntan, perusahaan akan menunjukkan bahwa mereka telah mengadopsi pola pikir yang lebih maju daripada pesaing, menarik talenta baru yang memiliki keinginan untuk terus belajar, dan menempatkan perusahaan diatas kompetitor Anda. Dalam era ketergantungan digital, hal ini akan sangat membantu menarik dan mempertahankan karyawan terbaik.

Tetapkan Target dan Berikan Karyawan Anda Tools yang Tepat untuk Melampauinya

Saat ini, akuntan membutuhkan berbagai keterampilan untuk berhasil, dengan lebih menekankan pada kemahiran dalam komunikasi pribadi dan teknologi daripada sebelumnya.

Ketika mereka mempelajari keterampilan baru, seperti presentasi, manajemen proyek, dan membangun relasi, Anda juga perlu mengevaluasi tentang apa yang diperlukan oleh akuntan di masa depan untuk lebih berkembang. Anda juga harus merencanakan bagaimana para karyawan dapat menikmati hal baru yang mereka kerjakan.

Salah satu cara paling efektif untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik adalah dengan memberikan pengembangan karier dan jalur pelatihan yang jelas. Tantangan yang dihadapi banyak perusahaan terutama pada bagian akuntansi adalah bahwa karyawan tingkat menengah sering kecewa ketika mereka mendapatkan naik jabatan.

Setelah Anda mendefinisikan dengan jelas keberhasilan akuntan, pastikan mereka memiliki tools yang diperlukan untuk sampai ke sana. Sebagai contoh, dengan adopsi teknologi cloud accounting akan memudahkan mereka dalam melakukan pencatatan akuntansi lebih efisien, seperti menggunakan software akuntansi berbasis cloud, contohnya adalah Accurate Online.

Seiring berjalannya waktu, para akuntan akan lebih akrab dengan teknologi dan itu adalah hal yang pasti dalam revolusi industri 4.0. Investasikan mereka dalam pelatihan atau seminar yang membantu mereka merasa percaya terhadap apa yang akan mereka lakukan. Kenalkan juga mereka tentang hal-hal baru pada bisnis seperti kecerdasan buatan dan bot.

Dalam proses perekrutan, cermatlah dengan beragam keterampilan yang diperlukan untuk pencapaian target, dan pertimbangkan untuk mencari di diatas bakat standar, di luar kualifikasi akuntan pada umumnya. hal ini untuk membangun perusahaan dengan campuran keahlian yang tepat.

Pada akhirnya, jika manajemen tidak mengatur karyawan mereka untuk maju dan berkembang, dan memberdayakan mereka sesuai bakat yang tepat, perusahaan akan berisiko besar kehilangan mereka.

Pastikan Akuntan Anda Merasa Tenaga Kerja Mereka Dihargai dan Termotivasi

Kunci kesuksesan bagi setiap perusahaan adalah mempekerjakan orang yang tepat dengan keterampilan yang tepat, dan menyediakan budaya yang memungkinkan mereka untuk berkembang. Fokus pada membawa pengetahuan dan keahlian digital ke dalam praktik, bersama dengan pemikiran strategis dan kritis, dan menciptakan budaya perusahaan yang tepat untuk memberikan pengalaman menarik bagi akuntan dan keseluruhan karyawan.

Untuk mempromosikan budaya perusahaan yang positif, komunikasikan secara terbuka dengan akuntan untuk memahami apa yang bisa memotivasi mereka di tempat kerja. Dalam survei ini, 47% responden mengatakan bahwa mereka tidak pernah ditanyai oleh atasan mereka tentang bagaimana cara agar mereka dapat meningkatkan pengalaman kerja mereka.

Sementara itu, 66 % responden pada survei yang sama percaya bahwa merasa dihargai adalah aspek pekerjaan yang paling penting. Terlebih lagi, pengalaman kerja yang positif penting bagi 92 % karyawan. Hal ini berarti perusahaan harus bisa menghargai setiap akuntan dan semua kayawan jika mereka ingin merekrut talenta terbaik juga mempertahankan semua SDM yang ada.

Dengan memberikan peluang pengembangan yang jelas, fokus pada kebutuhan akuntan dan karyawan, dan merekrut berbagai keterampilan baru, perusahaan dapat menempatkan diri mereka pada posisi terbaik untuk menarik, mempertahankan, dan mengembangkan bakat yang tepat, sekarang dan di masa depan.

Related posts

Bisnis Anda Sudah Untung? Pelajari Cara Menghitung BEP dengan Benar

Eri Katsir

Bisnis Manufaktur: Pengertian, Jenis, Proses dan Contohnya

Eri Katsir