ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news Uncategorized

Sales Funnel, Sang Pendongkrak Penjualan Bisnis

Apakah kamu pernah medengar istilah Sales Funnel? Sales Funnel adalah cara yang mudah untuk menggambarkan proses dari pelanggan melalui penjualan produk yang dilakukan. Proses ini dapat terbentuk karena pelanggan membutuhkan produk yang dibuat dan akhirnya melakukan transaksi produk tersebut. Proses pemasaran ini menggambarkan aktivitas penjualan dari banyaknya jumlah calon pelanggan hingga menjadi lebih sedikit yang melakukan transaksi.

Dalam penggunaannya, proses ini adalah suatu perjalanan mulai dari kamu sebagai penjual mengundang calon pembeli untuk mendapatkan kontaknya dan mengubah kontak tersebut menjadi sebuah peluang usaha hingga memberi keyakinan kepada mereka bahwa harus melakukan transaksi dengan produk yang sedang kamu tawarkan.

Dilansir dari qwords.com, secara teorinya, proses ini adalah proses utama dalam melakukan pengukuran, pengelolaan, peramalan, dan perbaikan proses penjualan produk sehingga nantinya jumlah pelanggan yang menggunakan produk kamu semakin banyak. Proses pemasaran ini jika dibangun dengan sempurna akan berguna untuk beberapa hal berikut:

  • Menentukan langkah-langkah yang jelas dan konsisten serta dapat mencerminkan proses perjalanan pelanggan. Dengan langkah-langkah yang jelas tentunya akan mendukung setiap pelanggan pada tahapan-tahapan yang akan dilaluinya.
  • Melakukan interaksi yang nyata pada seluruh departemen penjualan, pemasaran, dan departemen lainnya untuk menuju satu tujuan yang sama. Beberapa tim dari sales funnel mempunyai waktu kerja harian atau mingguan dalam melakukan pemantauan terhadap perkembangan mereka.

Memperhatikan jalannya sales funnel dalam perusahaan kamu akan membantu dalam memaksimalkan keuntungan dari setiap pembeli. Untuk mengarahkan calon konsumen pada keputusan membeli, kamu bisa menawarkan hal-hal menarik seiring dengan proses mereka menuju keputusan. Sales funnel hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Namun semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan tingkat konversi dan pendapatan.

Sales Funnel Memperkenalkan Bisnis Kepada Pelanggan Secara Terstruktur

Permulaan dari sebuah sales funnel bisa berupa penawaran produk-produk atau berlangganan layanan secara gratis, lalu mengerucut menjadi penawaran yang berbayar. Pada tahap awal, sebaiknya perkenalkan semua aspek positif dari bisnis yang dijalankan, misalnya berikan produk gratis atau masa percobaan untuk software berbayar.

Dengan cara ini, ketertarikan calon konsumen akan meningkat. Pengalaman baik yang mereka dapatkan dari berbagai “sample” itu akan membuat mereka mau membayar lebih untuk mendapatkan produk atau layanan yang lebih baik.

Baca Juga: Fitur Retur Penjualan Accurate Online

Membantu Mengidentifikasi Masalah yang Ada.

Terakhir namun penting, adanya sales funnel akan membantu Anda melacak di mana konsumen “meninggalkan” sales funnel dan memutuskan untuk tidak melanjutkan ke tahap selanjutnya. Dengan demikian, Anda bisa memperbaiki produk atau layanan sehingga potensi lakunya produk semakin besar.

Menunjukkan produk atau layanan yang tidak laku terjual.

Dengan mendapatkan jumlah produk atau layanan yang terjual, kamu bisa mengetahui berapa persen yang tidak terjual atau kurang menarik minat calon konsumen. Dari data ini, kamu bisa membuat penyesuaian pada rencana maupun produk dan layanan untuk memperbaikinya

Baca Juga: Raih Keuntungan Lebih Besar dengan Mark Up Harga Penjualan

Selain itu, bisa juga produk yang sudah ada diganti atau ditarik dari peredaran. Kesempatan untuk memperbaiki berjalannya bisnis ini juga merupakan alasan kuat mengapa kamu sebaiknya memanfaatkan adanya sales funnel dalam bisnis online.

Untuk mengetahui produk mana yang laku ataupun tidak laku terjual, kita  harus memperhatikan performa penjualan dari setiap produk yang kita pasarkan. Kamu bisa mendapatkan laporan penjualan dari setiap produk yang kamu pasarkan pada bisnis kamu dengan menggunakan Accurate Online.

Accurate Online dapat menyiapkan laporan keuangan dari setiap produk yang kita pasarkan hanya dalam waktu 3 menit. Penasaran?

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/join.do?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Event Marketing, Strategi Ampuh Tingkatkan Brand Awareness

Wida

Karakteristik Obligasi ini Harus Anda Ketahui sebelum Memulainya

Wida

4 Tips Jitu Membangun Bisnis dengan Pasangan

ademuthia

Leave a Comment