31.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

Stok Buah Kosong, Karena Virus Corona?

Kebutuhan pangan di awal tahun sedikit gonjang-ganjing karena tersendatnya izin impor di awal tahun serta dengan adanya wabah virus corona yang menganggu arus perdagangan di berbagai negara.

Stok Buah Kosong

Salah satu stok pangan yang mulai kosong adalah stok buah impor. Kemendag menyarankan para pengusaha ritel moden  menggunakan buah lokal untuk mengisi kekosongan pasokan buah yang diperoleh dari impor.

Dilansir dari Bisnis.com, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto mengatakan pemerintah tidak melarang impor buah. Namun, dia melihat kosongnya stok buah impor di tingkat peritel modern disebabkan oleh fenomena wabah virus corona yang mengganggu arus perdagangan buah dari berbagai negara. Untuk itu dia meminta para peritel modern menggunakan buah lokal untuk bisa mengisi kekosongan.

Menaikkan Harga Sisa Stok Buah Import

Dilansir dari inews.id, buah-buahan import asal China mulai hilang di pasar di Rangkasbitung, Lebak. Pedagang yang masih menyimpang stok lama menjual buah-buahan import tersebut dengan menaikkan harga hingga dua lipat.

Baca Juga: Panic Buying Bikin Stok Pangan Habis?

Dampak dari wabah virus corona dirasakan para pedagang buah di Rangkasbitung. Ditutupnya keran import, menyebabkan laba penjualan buah warga berkurang.

Selain sulitnya mendapatkan buah import, langkanya buah dari China membuat harga jual buah import asal negara lain seperti Amerika dan Peru menjadi melambung tinggi. Saat ini buah anggur asal Amerika dijual seharga Rp80 ribu per kilogram.

Padahal biasanya harganya dikisaran Rp50 ribu per kilogramnya. Kenaikan harga buah import saat ini diperkirakan melonjak hingga mencapai 100 persen dari harga biasanya.

Mengganti Buah Import dengan Buah Lokal

Dilansir dari Bisnis.com, beberapa pelaku usaha ritel modern tengah kesulitan untuk mendapatkan buah impor. Hal itu terjadi lantaran importir buah di Indonesia yang masih banyak yang kesulitan mendapatkan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH). Alhasil, sejumlah peritel modern memilih mengganti pasokan buah impor di gerai-gerainya menggunakan buah lokal.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengelola Stok Barang Usaha Anda

Mengapa Buah Lokal Sulit Menggantikan Buah Impor?

Kendati demikian, Ekonom Indef Enny Sri Hartati menilai rencana mengganti pasokan buah impor dengan buah lokal tidak serta merta bisa dilakukan oleh para pengusaha ritel.

Rantai pasokan buah lokal tidak seefektif buah impor.

Dia menjelaskan selama ini rantai pasok jalur perdagangan yang lebih didominasi dari impor membuat biaya logistik pengiriman atau distribusi buah lokal misalnya seperti dari Medan ke Jakarta cenderung lebih mahal dibandingkan dari China atau Australia ke Jakarta.

Minimnya networking yang dimiliki oleh pedagang buah local

Kedua, para pedagang pengepul buah-buahan lokal juga selama ini tidak memiliki jaringan yang luas atau secara nasional. Akibatnya, produksi buah lokal hanya bisa disalurkan pada kota-kota tertentu.

“Pedagang pengepul buah-buah lokal ini kan jaringannya gak selamanya punya networking nasional. Jadi hanya tertentu, seperti jeruk, salak, dan durian itu dari Banyuwangi, Bali hanya mengalir ke Jawa Timur, Jawa Tengah. Hanya buah-buah tertentu dan kota-kota tertentu.”

 

Sebab itu, Enny menuturkan pemerintah perlu memberikan fasilitas seperti fasilitas biaya logistik hingga tempat penyimpanan. Dia mencontohkan seperti di pasar Induk Kramat Jati yang menjadi pusat grosir. Selama ini, mereka hanya terkoneksi dengan importir.

“Begitu stok kosong mereka ngontaknya ke importir sementara sekarang importir tidak ada stok. Nah shifting atau peralihan itu yang harus di fasilitasi menurut saya. Misalnya mereka membawa buah dari Banyuwangi ke Jakarta biayanya lebih mahal karena lewat jalur darat, belum lagi ada biaya punglinya baik dari yang berseragam ataupun tidak. Sampai disini harganya gak kompetitif, nah itu yang perlu difasilitasi.”

Belum lagi, imbuhnya, soal data produksi buah nasional yang tidak update sehingga ketika peritel modern kehabisan stok, tidak bisa langsung otomatis menggantikan dengan buah lokal.

Jika saat ini kamu memiliki usaha retail buah-buahan, pantau terus stok buah usaha kamu dengan Accurate Online. Accurate Online memiliki fitur real time stock yang dapat membantu pengusaha retail memantau secara realtime stock yang ada saat ini. Sehingga kamu bisa dengan mudah mengatur perputaran stock buah yang ada di bisnis kamu.

 

Penasaran dengan fitur real-time stock dari Accurate Online?

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

3 Langkah Mudah Mulai Bisnis Hijab

ademuthia

Kupas Tuntas Bisnis Rental Mobil Dengan Keuntungan Menggiurkan

admin

4 Cara Menentukan Produk untuk dijual

ademuthia

Leave a Comment