25.3 C
Jakarta
September 27, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Marketing

SEO Marketing: Pengertian, Cara Kerja, dan Strategi yang Bisa Anda Gunakan

Search engine optimization (SEO) atau optimisasi mesin pencari dapat menjadi alat penting dalam membuat rencana digital marketing yang efektif. SEO dapat membantu pengguna menemukan produk dan layanan Anda, membangun kepercayaan dengan merek Anda, dan berpotensi meningkatkan tingkat konversi lalu lintas Anda.

Ada berbagai pendekatan untuk menggunakan SEO sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda, dan Anda dapat menggabungkan aspek SEO marketing dengan pendekatan lain untuk memasarkan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi apa itu SEO marketing, mengapa itu penting, bagaimana cara kerjanya, dan jenis strategi pemasaran digital apa yang dapat digabungkan dengan SEO marketing.

Apa itu SEO Marketing?

SEO adalah akronim untuk search engine optimization atau optimasi mesin pencari dan mengacu pada proses peningkatan kuantitas dan kualitas lalu lintas organik ke situs web.

Lalu lintas organik yang dihasilkan dari penerapan strategi SEO mengacu pada pengunjung situs web yang menemukan situs web Anda melalui pencarian manual daripada melalui iklan berbayar di mesin pencari. SEO juga meningkatkan hasil organik dengan mengecualikan iklan pengunjung berbayar dan lalu lintas langsung.

SEO dapat digunakan dalam berbagai cara untuk meningkatkan jangkauan audiens Anda dan meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari utama. Banyak strategi juga dapat mencakup SEO on-page dan off-page untuk meningkatkan kualitas lalu lintas ke situs Anda.

Jenis-jenis SEO Marketing

SEO on-page dan off-page adalah dua pendekatan untuk mengembangkan strategi SEO yang efektif:

SEO On-page

SEO On-page adalah pengoptimalan pencarian yang dapat Anda kendalikan di dalam situs web dan konten Anda. Riset kata kunci, tautan internal, dan pembuatan navigasi situs yang efektif adalah semua elemen SEO pada halaman.

Menggunakan SEO pada halaman memungkinkan Anda memilih halaman dan bagian konten mana yang ingin Anda temukan dan diberi peringkat oleh halaman hasil mesin pencari, dan pendekatan ini dapat memengaruhi bagaimana dan di mana situs web Anda akan muncul dalam pencarian yang dilakukan pengguna.

SEO Off-page

SEO Off-page dapat bergantung pada SEO yang Anda konfigurasikan untuk situs web Anda, namun, mesin pencari biasanya mengendalikan elemen ini. Misalnya, katakanlah Anda menyumbangkan konten ke situs bisnis terkait untuk mempromosikan layanan Anda.

Anda dapat menyertakan tautan balik—tautan yang mengarahkan pengunjung kembali ke situs Anda—di situs mitra (backlink). Di sini, Anda menggunakan SEO di luar halaman dan memiliki sedikit kendali atas bagaimana mesin pencari akan memberi peringkat dan menampilkan situs web mitra dalam hasil pencarian.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Optimisasi mesin pencari berfungsi untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna. Pertanyaan atau penelusuran pengguna—disebut sebagai kueri penelusuran—terdiri dari kata dan frasa yang dimasukkan ke dalam bidang penelusuran mesin telusur.

Mesin pencari mengikuti tindakan ini dengan mengambil hasil dalam bentuk URL situs web yang paling relevan dengan permintaan pengguna. Seluruh proses yang dilalui mesin pencari untuk menemukan dan menampilkan hasil dapat terdiri dari beberapa aspek kunci yang membuat SEO berfungsi.

Berikut adalah hal yang harus Anda tahi sebelum menjalankan SEO marketing

Peringkat

Peringkat mengacu pada tempat mesin pencari menempatkan situs web Anda di halaman hasil mesin pencari. Peringkat tinggi pada SERP berarti situs web Anda telah menunjukkan otoritas konten yang tinggi karena berkaitan dengan berbagai pencarian yang dilakukan pengguna, dan itu juga menunjukkan relevansi tinggi dengan bidang topik Anda.

Peringkat tinggi di SERP juga dapat meningkatkan lalu lintas keseluruhan ke situs web Anda, yang dapat bermanfaat untuk kampanye pemasaran dan implementasi SEO.

Biasanya, mesin pencari memberi peringkat hasil situs web berdasarkan relevansi konten. Tingkat relevansi ini ditentukan ketika mesin pencari mengindeks situs web Anda.

Pengindeksan

Mesin pencari menemukan konten situs web dan memesan setiap hasil URL sesuai dengan relevansinya. Misalnya, pengguna yang menelusuri “jenis jarum jahit” mungkin berharap menemukan URL konten yang terkait langsung dengan kueri mereka.

Dalam hal ini, mesin pencari akan memberi peringkat rendah pada situs web Anda jika topik utama Anda berfokus pada pengembangan perangkat lunak. Proses ini dikenal sebagai pengindeksan.

Mesin pencari mencari konten yang paling relevan dan kemudian memberi peringkat dalam urutan dari yang paling tidak relevan, yang dapat memengaruhi tempat situs web Anda muncul di SERP.

Selain itu, untuk mengindeks URL situs web, mesin telusur akan menemukan bagian konten individual yang paling cocok dengan kueri pengguna dalam proses yang dikenal sebagai perayapan.

Crawling

Pada tahap awal pencarian pengguna, mesin pencari akan menemukan konten yang paling relevan dengan kueri, merayapi internet untuk mendapatkan hasil yang paling cocok. Waktu yang diperlukan mesin telusur untuk merayapi dapat bergantung pada cara Anda menggunakan SEO di situs web Anda.

Semakin cepat mesin pencari dapat menemukan URL konten Anda, semakin cepat peringkat situs Anda dan muncul di SERP.

Pentingnya SEO Marketing dalam Strategi Pemasaran

SEO dapat menjadi alat pemasaran yang kuat untuk digunakan selama kampanye. Ini sebagian karena SEO memberikan lalu lintas berkualitas yang dihasilkan tanpa membayar untuk iklan pencarian.

Lalu lintas berkualitas terdiri dari pembaca atau pengguna yang secara manual mencari produk atau layanan tertentu yang disediakan bisnis Anda. Lalu lintas berkualitas juga dapat berasal dari mengetik secara manual kata kunci atau frasa yang terkait langsung dengan bisnis Anda.

Menghasilkan lalu lintas berkualitas bisa jadi sulit, itulah sebabnya strategi SEO bisa menjadi penting untuk kesuksesan keseluruhan kampanye pemasaran Anda. Ada beberapa faktor kunci tambahan yang dapat menjadikan SEO sebagai bagian penting dari strategi pemasaran Anda:

Menetapkan otoritas di bidang atau niche Anda

Mesin pencari hanya akan memberi peringkat pada hasil web dengan otoritas tinggi dan relevansi tinggi. Ketika situs web Anda muncul di persentase teratas SERP, itu berarti Anda telah menetapkan tingkat kepercayaan dan otoritas di bidang atau ceruk topik Anda.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan pendapatan melalui kampanye pemasaran SEO, membangun otoritas di dalam mesin pencari dapat membantu Anda mencapai tujuan itu.

Menyediakan pendekatan pemasaran yang hemat biaya

SEO juga penting karena dapat menurunkan biaya akuisisi pelanggan dan membantu bisnis tetap dalam anggaran kampanye mereka. Semakin tinggi peringkat Anda dalam mesin pencari, semakin banyak lalu lintas yang berpotensi Anda hasilkan tanpa mengeluarkan uang untuk hasil berbayar dan pendekatan lain untuk menjangkau audiens.

Mengurangi manipulasi hasil pencarian yang berkualitas

Karena algoritme yang digunakan banyak mesin pencari untuk menentukan peringkat situs web, lebih sulit bagi situs dengan relevansi rendah untuk memanipulasi peringkat mereka dalam SERP teratas.

Ini berarti bahwa pengguna yang mencari melalui konten online hanya diperlihatkan hasil yang berkualitas tinggi dan relevan. Memastikan situs web Anda hanya menyediakan konten khusus niche yang membangun kepercayaan dan otoritas dapat membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari, tanpa risiko konten buruk muncul di hadapan Anda.

Meningkatkan kemungkinan situs web Anda ditemukan

SEO juga bisa menjadi alat penting untuk meningkatkan kemungkinan mesin pencari menemukan situs web Anda. Menyertakan pengoptimalan pada halaman yang relevan, seperti konten berkualitas, navigasi situs yang dipesan, dan tautan internal yang sesuai, semuanya dapat memengaruhi seberapa cepat dan efektif mesin telusur dapat menemukan dan mengindeks situs Anda.

Strategi Pemasaran Digital yang Menggunakan SEO

SEO bisa menjadi strategi yang efektif jika dipadukan dengan strategi digital marketing lainnya. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran umum yang dapat menerapkan SEO:

Sosial media marketing

SEO dalam pemasaran media sosial dapat digunakan dengan mempromosikan produk atau layanan Anda dan menghubungkan konten yang relevan dari situs web Anda ke platform media sosial Anda.

Karena media sosial menggunakan algoritmenya sendiri, SEO dapat digunakan dalam kata kunci, nama, atau frasa untuk muncul di umpan media sosial teratas. Mesin pencari kemudian dapat merayapi dan mengindeks halaman media sosial Anda, dan pengguna di media sosial atau mencari profil Anda melalui mesin pencari dapat menemukan bisnis Anda berdasarkan penerapan SEO Anda.

Content marketing

Content marketing mungkin adalah penggunaan paling umum untuk SEO, karena konten blog dan artikel biasanya mencakup frasa atau kata kunci yang mungkin dicari pengguna untuk informasi.

Misalnya, bisnis yang menjual vitamin dapat membuat blog informasi tentang topik dalam industrinya untuk membantu mendidik pelanggan dan pengunjung yang mungkin mencari informasi yang relevan. Jadi bisnis mungkin menerapkan pemasaran konten untuk diindeks di mesin pencari untuk kata, frasa, atau nama produk yang populer.

Pemasaran influencer

Pemasaran influencer mempekerjakan orang-orang yang memiliki jangkauan pasar yang besar untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web dengan tujuan mengubah prospek menjadi pelanggan. Menggunakan SEO dalam pemasaran influencer bisa efektif karena influencer Anda dapat menggunakan kata kunci tertentu yang mengarah ke konten Anda. Pemasaran influencer terkadang digunakan bersamaan dengan pemasaran media sosial.

SEO dalam pemasaran dapat memiliki dampak yang bertahan lama bila diterapkan dengan tepat, dan ketika Anda membuat konten berkualitas yang relevan dengan target pasar Anda, Anda dapat meningkatkan kemungkinan konten Anda akan muncul di hasil teratas mesin pencari utama.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai SEO marketing yang bisa Anda terapkan dalam strategi pemasran digital bisnis Anda. Pastikan juga Anda selalu mencatat setiap pengeluaran yang Anda lakukan dalam proses pemasaran pada sistem pembukuan yang mudah Anda akses.

Hindari proses pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan dan beralihlah menggunakan software akuntansi berbasis online sehingga memudahkan Anda dalam mengakses data keuangan bisnis kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada link ini

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

accurate1

Related posts

14 Tips Agar Anda Sukses Melakukan Penjualan

Eri Katsir

Pengertian Targeting Audience dan Cara Menentukannya

Eri Katsir

Apa Saja sih Kegiatan Distribusi itu? ini Pengertian dan Jenisnnya!

Erapuji