25.8 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

5 Tanda Kondisi Keuangan Bisnis yang Buruk

Sebagai pemilik bisnis pastinya kamu ingin mengetahui sudah sejauh mana bisnis kamu berkembang. Perkembangan bisnis kamu dapat diketahui dengan melakukan Analisa laporan keuangan bisnis. Namun, bagaimana cara mendapatkan laporan keuangan bisnis?

Kamu bisa membuat laporan keuangan bisnis kamu dengan Accurate Online. Aplikasi keuangan bisnis paling mudah untuk digunakan oleh paa pengusaha Indonesia selama 20 tahun terakhir.

Penasaran bagaimana cara untuk membuat laporan keuangan bisnis dengan Accurate Online?

Ada beberapa tanda yang harus kamu perhatikan saat melakukan Analisa laporan keuangan. Jika kamu tidak mengenali tanda-tanda bahaya perusahaan dengan membaca laporan keuangan, keputusan yang akan diambil nantinya bisa jadi akan membahayakan bisnis itu sendiri.

Baca Juga: 3 Buku Catatan Keuangan Bisnis untuk UKM dan UMKM

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah bisnis kita berada dalam kondisi keuangan yang buruk? Atau sebaliknya?

Coba simak ulasan berikut.

 

Tidak Adanya Perencanaan Keuangan yang Baik

Kesalahan pertama yang banyak dilakukan oleh pengusaha adalah tidak melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Perencanaan terhadap bisnis memang wajib dilakukan, namun sebaiknya Anda juga tidak melupakan perencanaan terhadap keuangan bisnis. Dengan perencanaan keuangan yang matang, maka Anda lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Anda tak perlu takut atau ragu dalam mengeluarkan modal karena semua sudah ada hitungannya.

Baca Juga: Pentingkah Manajer Keuangan dalam Perusahaan?

 

Kurangnya Modal

Dilansir dari Linovhr.com, sebuah perusahaan dengan manajemen dan perencanaan keuangan yang buruk akan kekurangan modal untuk memutar bisnis yang sedang dijalankan. Biasanya pemilik bisnis akan memilih berhutang ke investor atau ke Bank untuk menambah modal untuk keperluan operasional perusahan.

Biasanya, kondisi kekurangan modal dapat dipicu oleh arus pengeluaran kas yang tidak sehat. Sebagai contoh, jika perusahaan kamu saat ini adalah perusahaan keluarga, yang mencampuradukkan keuangan pribadi dengan perusahaan sehingga dana operasional yang dibutuhkan oleh perusahaan menjadi semakin berkurang secara signifikan.

Baca Juga: Modal Usaha Instant dari Kredit Usaha Rakyat (KUR)

 

Hutang yang Cukup Besar

Menurut Ukirama.com, perusahaan yang memiliki tanda kondisi keuangan yang tidak baik ialah memiliki rasio hutang yang tinggi. Berhutang itu boleh-boleh saja namun harus ingat bahwa maksimal rasio antara hutang dan asset haruslah 1:2. Toh, hutang biasa dipakai sebagai salah satu cara untuk ekspansi perusahaan agar bisa berkembang lebih besar lagi kedepannya. Jangan sampai hutang perusahaan anda lebih tinggi ketimbang asset yang dimiliki sehingga bisa timbul kredit macet kedepannya.

 

Terjadi Overtrading

Overtrading dapat diartikan bahwa perusahaan melakukan penjualan yang tumbuh secara berlebihan sehingga mengakibatkan utang dan piutang bisnis menjadi bertambah. Sementara modal kerja terus digunakan untuk membiayai proses operasional. Apabila sampai terjadi seperti ini, maka perusahaan akan terlibat masalah likuiditas dan tidak mampu mendapatkan uang tunai dari hasil penjualan yang digunakan untuk membayar pemasok dan gaji karyawan.

 

Piutang yang Terlalu Tinggi

Penjualan yang baik umumnya memiliki penjualan tunai yang tinggi ketimbang penjualan kredit. Penjualan kredit memang bisa memberikan anda keuntungan yang lebih tinggi namun juga diikuti dengan resiko yang tinggi pula. Penjualan kredit rawan akan kredit macet sehingga tidak hanya kehilangan modal kerja namun juga jasa atau barang yang anda produksi itu sendiri. Oleh karenanya penting bagi anda untuk menilai kreditur melalui reputasi mereka.

 

Low Profit

Penjualan yang tinggi memang baik namun biaya yang dikeluarkan harusnya bisa jauh dibawah pendapatan yang anda dapatkan. Biaya yang tinggi akan mempengaruhi profit yang didapatkan. Penentuan harga jual yang tidak tepat juga menyebabkan keuntungan yang dimiliki tidak bisa maksimal. Apabila menentukan harga jual terlalu tinggi maka peminatnya juga akan turun drastis. Oleh karena itu penting untuk melakukan riset pasar sebelum anda menentukan harga jual barang. Pandai memilih supplier yang tepat juga bisa membantu menurunkan biaya bahan baku anda.

 

Itulah tanda-tanda vital yang harus kamu perhatikan apakah bisnis kamu sedang berada dalam kondisi keuangan yang buruk?

Related posts

5 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa | Accurate Digital Partner

ademuthia

3 Langkah Mudah Membuat SKDU!

ademuthia

Jadi Dropshipper emang kelihatan mudah, Coba simak Tips Trick Berikut ini!

admin

Leave a Comment