30.4 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

Cara Jitu Menghadapi Tren Penurunan Pasar di Tengah Pandemi Corona

tren penurunan pasar – Dilansir dari Kompas.com, Presiden Joko Widodo menyebut krisis ekonomi global akibat pandemi virus corona atau Covid-19 mengerikan. Menurut Jokowi, kondisi mengerikan ini tak hanya dirasakan olehnya, namun hampir seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan.

Saya merasakan, ini mengerikan loh. Bukan hal yang biasa, ini mengerikan. Kepala negara yang saya telepon mengatakan hal yang sama,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/7/2020), yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu malam.

Pandemi telah terjadi selama berbulan-bulan dan kondisi ekonomi akhirnya terdistorsi. Ini menyebabkan gangguan bisnis dan ketidakpastian dalam dunia usaha.

Sementara beberapa perusahaan mengalami hambatan bisnis, ada juga berkembang pesat selama wabah seperti industri obat-obatan atau sejenisnya. Terlepas dari sisi mana organisasi Anda berada, Anda harus mempersiapkan diri untuk tren penurunan pasar pada saat masa resesi akibat pandemi ini.

Baca Juga: 6 Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan Di Tengah Corona

Pandemi ini membuat tren penurunan pasar semakin meningkat. Jika dibiarkan terus-terusan dan dihadapi tanpa strategi yang tepat, akan terus membawa bisnis ke dalam jurang kehancuran.

Menurut Harvard Business Review, penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa cara untuk meminimalisir kerugian dan risiko dalam menjalankan bisnis saat dunia usaha penuh ketidakpastian.

Temuan paling menarik ditemukan di empat bidang: utang, pengambilan keputusan, manajemen tenaga kerja, dan transformasi digital.

 

Berinvestasi Melalui Teknologi Termasuk Faktor Kunci

Teknologi Membantu Bisnis tetap Bertahan

Indikator kunci keberhasilan selama masa resesi dan penurunan permintaan adalah dengan melihat apakah suatu organisasi terus berinvestasi dalam teknologi atau tidak.

Mungkin ini pemikiran yang kontradiktif, seharusnya selama masa ketidakpastian seperti ini seseorang harus menghemat berbagai pengeluaran dan tidak berinvestasi pada apapun. Namun teknologi adalah hal yang berbeda, ketika sebuah organisasi berinvestasi secara strategis dalam teknologi yang tepat, mereka akan lebih mungkin untuk bertahan di pasar dan mendapatkan keuntungan lebih banyak dari kompetitor.

Baca Juga: Ada Kabar Baru, Amazara Bangkit Kembali di Tengah Badai Corona!

Sebagai contoh: Layanan pengantaran makanan secara online menjadi ujung tombak bisnis restoran saat pandemi terjadi. Para pemilik restoran bisa dengan mudah bergabung dengan layanan tersebut, menampilkan menu, dan mengirimkan makanan kepada pelanggan dengan mudah tanpa harus membuat sistemnya dari nol

Percayalah, teknologi akan memungkinkan organisasi bisnis untuk lebih beradaptasi dengan situasi perubahan yang akan terjadi kedepannya. Teknologi dapat membuat organisasi Anda lebih efisien, fleksibel, dan transparan.

Otomasi Adalah Hal yang Harus Anda Lakukan

Organisasi harus memprioritaskan kemudahan operasional dalam bisnis ke transformasi digital, seperti otomatisasi pembukuan misalnya, karena terbukti lebih efisien dan optimal. Otomasi juga membantu organisasi meningkatkan produktivitas dan mengurangi risiko kesalahan, dan pada akhirnya membantu mengurangi biaya pengeluaran

Dalam jangka pendek, berinvestasi dalam proses otomasi dapat membantu organisasi Anda beroperasi lebih efisien dengan biaya pengeluaran yang lebih rendah sambil memanfaatkan sumber daya Anda saat ini dengan lebih baik. Dan dalam jangka panjang, Anda bisa mengalokasikan modal lebih besar dari efisiensi sumber daya saat pertumbuhan ekonomi terjadi

Ketika Anda merasa bisnis Anda dalam masa kekacauan ekonomi, Anda mungkin dapat mengalihkan perhatian lebih besar ke proses internal organisasi bisnis.

Artinya, alih-alih mengurangi staf atau layanan, Anda dapat melihat tantangan yang dihadapi organisasi Anda dan mengidentifikasi cara-cara otomatisasi dapat membantu Anda meningkatkan inefisiensi tersebut.

Sebagai contoh: Jika bisnis Anda masih menggunakan pencatatan dan proses pembukuan manual, ada baiknya Anda beralih pada otomasi pembukuan melalui software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Faktor kuncinya adalah waktu adopsi. Semakin cepat karyawan Anda dapat menerapkan dan mengadopsi otomatisasi dalam kegiatan kerja sehari-hari mereka, semakin cepat Anda akan melihat nilai ekonomis dari otomatisasi.

Untuk software akuntansi, Anda bisa mencoba Accurate Online yang memungkinkan siapa pun untuk mengotomatisasi pembukuan tanpa pengetahuan tentang ilmu akuntansi yang mendalam sebelumnya. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tombol di bawah

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/join.do?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Mengetahui Tipe Kepemimpinan dan Cara Mengembangkannya

Handry

Siapa Saja yang WAJIB Membayar Pajak? Apakah Kamu Salah Satunya?

ademuthia

Promo 17an Accurate Online. Kamu PIlih yang Mana?

ademuthia

Leave a Comment