29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

10 Tips Memilih Cincin Pernikahan Low Budget

Ingin mengadakan pernikahan yang minim budget? Nah, tahun 2020 adalah tahun yang pas untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. Melakukan pernikahan yang minim budget saja bisa, apalagi harus memilih cincin pernikahan dengan dana yang minim, ya tentu bisa.

Dalam menuju pernikahan, setiap pasangan pasti akan memilih cincin pernikahan yang akan dijadikan salah satu bukti bahwa mereka telah resmi menikah. Ya, walaupun cincin pernikahan bukanlah hal yang wajib, tapi di Indonesia seperti hal yang lazim dilakukan oleh setiap pasangan yang menikah.

Bagi pasangan dengan anggaran minim, harus bisa berpikir keras menyiasati pembelian cincin pernikahan. Dengan memenuhi keinginan pasangannya, kadang harus rela berkeliling toko perhiasan untuk menemukan cincin dengan harga miring.

Tapi, tenang saja guys, dilansir dari laman Buzzfeed, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih cincin tunangan atau pernikahan sesuai anggaran yang telah direncanakan.

 

Cari Tahu Jenis Logam Mulia

Hal pertama yang mesti diperhatikan sebelum membeli cincin tunangan atau pernikahan adalah mengenai logam mulia yang diinginkan. Setiap pasangan pasti memiliki jenis logam mulia yang berbeda, di sini yang harus dilakukan adalah menyatukan perbedaan pendapat yang ada.

Kamu bisa memilih logam moissanite yang kisaran harganya lebih murah dari berlian. Selain itu, logam zirconia juga bisa menjadi pilihan alternatif.

Jika Cincin dari Emas, Perhatikan Fluktuasi Harga

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan yaitu memperhatikan fluktuasi harga jika ingin memilih menggunakan emas. Jika menginginkan harga miring, coba cari waktu yang tepat ketika harga emas mengalami penurunan.

Pertimbangkan Ukuran Logam Mulia

Sudah jelas, ukuran bisa menjadi pembeda harga. Ukuran logam mulia yang lebih kecil jelas memiliki harga lebih murah dibandingkan yang lebih besar. Tak lupa, pilih juga potongan batu mulia yang lebih simpel, toko perhiasan akan mematok harga yang lebih mahal jika potongan batu mulia lebih ribet.

Negosiasi Jumlah Karat Perhiasan

Biasanya, terdapat perbedaan harga dalam jumlah karat di setiap perhiasan. Seperti ukuran 2 karat dengan 1,7 karat, sudah jelas ukuran karat yang lebih kecil jauh lebih murah.

Jadi, carilah ukuran karat yang lebih kecil jika minim budget. Meskipun murah, logam mulia dengan karat lebih rendah tetap layak digunakan sebagai perhiasan.

 

Hindari Toko Perhiasan Terkenal

Ini menjadi hal penting yang wajib diperhatikan. Semakin terkenal toko perhiasan dengan merek yang branded, tak menutup kemungkinan harga setiap emas yang dijual akan semakin tinggi.

Jika mau berhemat, tidak ada salahnya mengunjungi beberapa toko perhiasan lokan dan membandingkan harga serta kualitas cincin jualannya. Setelah menemukan yang pas, barulah memutuskan untuk membeli cincin tunangan ataupun pernikahan.

Tawar-Menawar Harga

Memang tidak semua toko perhiasan dapat ditawar, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan? Jikalau tawar-menawar harga tidak berhasil, toko perhiasan mungkin saja menawarkan diskon.

Pertimbangkan Opsi Pembelian Daring

Saat ini, internet sudah menjadi bala bantuan yang banyak dimanfaatkan, termasuk dalam pemilihan cincin tunangan atau pernikahan. Kamu bisa manfaatkan toko daring untuk berburu hal yang dibutuhkan tanpa harus capek-capek mengunjungi satu toko ke toko lainnya.

Pertimbangkan Desain Cincin

Memiliki cincin custom dengan desain yang rumit atau unik, biasanya memerlukan biaya ekstra. Tapi, untuk kamu yang minim budget, coba hindari pemilihan desain cincin custom apalagi dengan desain yang rumit jika tidak mau mengeluarkan banyak uang.

Jika Mau, Belilah Cincin Bekas

Biasanya, ada beberapa pasangan yang harus menjual cincin tunangan atau pernikahan mereka untuk sesuatu hal yang mendesak. Di pasaran, cincin bekas biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang baru.

Yap, ini bisa menjadi opsi bagi setiap pasangan yang bakal menikah, itupun kalau pasangannya tidak keberatan ya.

 

Tukar Cincin Tunangan Tidak Harus diikuti

Sebenarnya, tradisi tukar cincin tunangan dengan pasangan bukanlah sesuatu yang wajib dilakukan. Namun, saat ini rupanya banyak yang menganggap hal tersebut penting dilakukan untuk menyempurnakan hubungan romantis kamu.

Disarankan, jika kamu menginginkan pernikahan yang minim budget, tradisi tukar cincin tunangan tidak harus dilakukan selagi tidak menyinggung perasaan masing-masing pihak.

Nah, dalam menuju bahtera rumah tangga, mengelola keuangan itu sangat penting lho. Terlebih lagi kalau kamu memiliki bisnis sendiri. Jangan sampai keuangan pribadi dan keuangan bisnis tercampur ya! Supaya keuangan bisnismu teratur, coba deh gunakan software akuntansi terpercaya, seperti Accurate Online. Asyiknya, kamu bisa gunakan secara GRATIS selama 30 hari. Yakin tidak tertarik?

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba GRATIS Accurate Online 30 Hari” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Apa Saja yang Harus dikuasai oleh Konsultan Keuangan?

ademuthia

Mulai Hari Ini MRT Udah Gak Gratis Guys, Tapi Tenang Kalo Yang Ini Masih Gratis Kok !

ademuthia

Cara Mengambil Untung di Bisnis Musiman!

ademuthia

Leave a Comment