27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

3 Tantangan Saat Memulai Bisnis Laundry

Bisnis laundry menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya banyak orang yang membutuhkan jasa laundry saat ini. Namun dewasa ini kita dapat melihat bahwa bisnis laundry semakin menjamur dimana-mana. Tidak kurang dari 100 meter kita bisa menemukan 2-3 gerai laundry berbeda. Persaingan pun semakin ketat.

Maka dari itu ada 3 tantangan besar yang harus diperhartikan saat Anda ingin membuka bisnis laundry.

Kompetitor Dimana-mana

Seperti yang telah disebutkan di atas, usaha laundry memang sudah eksis sejak dulu. Apalagi kini usaha laundry semakin mudah untuk dijalankan.

Maka nggak heran jika persaingan semakin ketat.

Kompetitor adalah guru anda. Berpikirlah kreatif agar anda bisa bertahan, lihat strategi yang dibuat kompetitor lalu analisis hasilnya. Lakukan lah yang lebih baik daripada para kompetitor anda.

 

Perawatan Alat yang Cukup Mahal

Lantaran mesin cuci, mesin pengering, dan setrika dipakai setiap hari, kerusakan pasti akan terjadi. Biaya untuk perbaikannya pun tak sedikit.

Pilihlah mesin cuci yang bagus dan produk asli jika tidak menginginkan terlalu banyak perbaikan.

Anda juga bisa mempelajari cara memperbaiki mesin cuci sendiri. Ini akan sangat menghemat, apalagi jika anda berhasil membagi ilmu tersebut ke karyawan.

Konsumen Ingin Serba Cepat

Dengan makin banyak pihak yang buka layanan laundry, pasti mereka juga makin  mempunyai pilihan untuk memastikan layanan laundry mana yang paling baik. Dari  sini, kembali inovasi jadi harga mati untuk  dapat menarik ketertarikan customer.

Terutama sekarang ini juga, beberapa customer menginginkan service yang  sempurna. Bukan sekedar dari segi harga, mereka juga menginginkan pakaian yang mereka titipkan dapat usai kurun waktu singkat.

Lalu, bagaimana kita dapat menghadapi 3 tantangan besar bisnis laundry ini? Dilansir dari Fidiawati:Kompasiana.com, ada 8 hal yang harus diperhatikan saat akan membangun bisnis laundry.

  1. Menentukan target, apakah mahasiswa/sekolah perawat/rumahtangga. Kalau ada villa atau hotel kecil bisa juga.
  2. Mencari tahu dulu kelemahan dan kelebihan saingan kita. Sebelum kita buka laundry kita harus nyobain mencuci di tempat mereka ( sebaiknya pakaian berwarna putih,  yang terkena noda atau pakaian yang mudah luntur ). Dari sini kita bisa belajar,a pakah pakaian tersebut masih berwarna putih, bukan putih kusam atau malah kelunturan.
  3. Mencari tahu harga saingan sebagai patokan harga.
  4. Mau pakai chemical apa / apakah dari pemasok chemical laundry yang sudah punya nama atau pakai detergen yang biasa dipakai dirumahtangga.
  5. Membuat layanan antar – jemput dan one day service ( pagi datang sore jadi) Jadi nggak harus nunggu 3 hari baru di antar, atau special order lainnya. Untuk menarik pelanggan.
  6. Ngasih bonus. Misal Laundry 10 kali dapet gratis nyuci 1 kali.
  7. Mengkombinasikan bisnis laundry dengan bisnis lain misalnya jualan aksesoris, jilbab, baju, atau pembayaran online.
  8. Yang paling penting kerja bersungguh-sungguh, dan selebihnya serahkan pada Tuhan.

Sudah siap untukmembangun bisnis laundry? Jangan lupa untuk selalu mencatat seluruh transaksi yang ada pada bisnis laundry Anda. Accurate Online siap membantu Anda dalam melakukan pencatatan transaksi bisnis Laundry Anda.

Related posts

Cara Analisa Rasio di dalam Laporan Keuangan Kamu !

ademuthia

Ketahui Cara Memulai Bisnis Dari Awal!

ademuthia

Cara Menyesuaikan Harga Diskon Produk pada Accurate Online | Fitur Penyesuaian Harga

admin

Leave a Comment