fbpx

5 Ide Bisnis Online di 2019, Nomer 3 Paling Mudah Dijalankan dan Cepat Menghasilkan

Tahun 2019 adalah tahun yang sangat tepat untuk segera mencoba ber-bisnis online. Karena secara infrastruktur, pemerintah sudah siap support , dan dari sisi market atau pangsa pasar, masyarakat indonesia sudah cukup mature dan terbiasa melakukan transaksi secara online. Artinya calon pembeli sudah mulai pindah ke online.

Gak percaya ? kita simak data berikut ini guys.

Di tahun 2018 kemarin, Indonesia menempati peringkat ke-6 di dunia  (123 juta users), untuk jumlah pengguna Internet terbanyak setelah negara (China – 777 jt users , US – 274 jt users , India – 346 jt users ,  Brazil – 126 jt users , dan Jepang – 105 jt users ) berdasarkan riset pasar e-Marketer yang di lansir oleh media Kompas.com  

Bahkan Indonesia juga mempunyai jumlah perusahaan Startup (perusahaan yang berbasis digital ) terbanyak ke empat di dunia dengan total 1.705 startup setelah Amerika Serikat (28.794 startup), India (4.713 startup), dan Inggris (2.971), seperti dilansir beritasatu.com . Tidak hanya itu, khusus di kawasan Asia Tenggara, Indonesia sudah mempunyai 4 Startup yang berstatus Unicorn (gelar yang diberikan pada startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 1 miliar) dari total 7 startup unicorn di Asia Tenggara.

Diantaranya : Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Tiga lainnya adalah Sea Ltd dan Grab asal Singapura, serta Revolution Precrafted asal Filipina.

Dari sisi jumlah transaksi online, tercatat di tahun 2018 kemarin , nilai transaksi online kita yang terjadi di ecommerce sebesar  US$ 12,2 miliar , dimana sudah ada 11,9% dari penduduk indonesia (sekitar 31 juta orang indonesia) yang terbiasa berbelanja online, menurut Randi Jusuf – Managing Director Google Indonesia, seperti yang dilansir Bisnis Tempo online .

Untuk dunia sosial media. Indonesia bahkan menempati urutan ke-3 untuk pengguna facebook terbanyak di dunia (140 jt pengguna), setelah India dan US. Sedangkan untuk pengguna instagram , Indonesia juga menempati urutan ke-3 (53 juta pengguna) setelah negara US dan Brazil.

(Grafik pengguna facebook di dunia – indonesia urutan ke-3 )

(Grafik pengguna instagram di dunia – indonesia urutan ke-3)

 

Lalu bagaimana untuk channel sosial media youtube ?

Menurut CEO Youtube Wojcicki mengungkapkan ada 1,8 miliar pengguna YouTube terdaftar dari seluruh dunia, yang menyaksikan video di platform tersebut setiap bulannya.

Khusus di Indonesia sendiri, sudah ada sekitar 197 kreator youtube indonesia yang sudah mempunyai subscriber 1 juta bahkan lebih , dan sudah ada  2 youtuber indonesia (Atta Halilintar) dan (Ria Ricis) menjadi youtuber paling banyak pengikutnya di Asia Tenggara (tembus lebih dari 10 juta pengguna/subscriber). Lihat datanya di web SocialBlade.com .

Dan diperkirakan di tahun 2022 nanti, indonesia bakal menjadi “jawara” ekonomi digital dunia (aamiin), dengan pendapatan sebesar US$ 130 miliar , menurut pak Rudiantara yang dikutip dari CnbcIndonesia.com .

Luar biasa ya guys…

Data diatas menunjukkan, bahwa trend bisnis dan behavior masyarakat indonesia  mulai bergeser ke online , masyarakat indonesia secara umum mulai terbantu dengan kehadiran produk-produk digital yang memudahkan keseharian hidup mereka. Selain itu, lewat online pun, banyak masyarakat kita yang sudah terpuaskan kebutuhan hiburan dan konten-konten bermanfaat lainnya. Disamping itu, banyak  masyarakat indonesia yang sudah mulai terbiasa berbelanja di online.

Nah, buat kamu yang tahun ini ingin mencoba berbisnis di online, simak ide bisnis dari tim riset bisnis software akuntansi Accurate yang bisa kamu jalanin. Oiya, perlu diperhatikan, yang namanya berbisnis di online tidak melulu harus jualan produk, bisa juga jualan jasa. Ide bahkan konten-konten kreatif, yang semuanya itu bisa jadi duit loh guys.

Yuk, kita simak satu-satu.

1. Bikin Digital Startup

Seperti data diatas, bahwa negara indonesia ,hingga saat ini telah melahirkan 1.705 startup yang rata-rata berbasis teknologi. Nah, kalo kamu punya jiwa yang kuat untuk menghadirkan solusi terhadap segala permasalahan yang ada di negeri ini dalam bentuk produk digital, dibarengi dengan skill yang mumpuni dan tim yang cukup, membangun bisnis Digital Startup bisa menjadi pilihan guys.

Bahkan ke-4 startup indonesia yang ber-status unicorn tadi, kebanyakan CEO nya para anak milenials loh. Sebut saja Ahmad Zacky , CEO nya Bukalapak, Wiiiam Tanuwijaya CEO nya Tokopedia, Nadhim CEO nya Gojek dan Fery Unardi CEO nya Traveloka.  Mereka sukses menjadi Miliader di Usia 30-an.

Setidaknya ada 10 kategori startup yang paling diminati investor saat ini

Sumber : katadata.co.id

 

Tapi itu tidak perlu di jadikan patokan mutlak loh guys, startup-startup diluar kategori tadi juga banyak yang survive tumbuh dan berkembang sampe sekarang, misalnya saja Startup “Tanihub.com” , Startup yang disebut presiden Jokowi saat debat Capres ke-2 kemarin.

TaniHub merupakan startup ecommerce yang berfokus pada produk atau hasil petani (biasanya kan klo kita ngomongin ecommerce identik dengan  jualan baju, sepatu, berbau fesyen yah, nah ini beda banget).

Dari sini maka model bisnis TaniHub adalah menjualkan hasil pertanian para petani untuk distribusikan atau dipasarkan langsung ke konsumen yang memesan lewat #aplikasi. Namun untuk memanfaatkan layanan dari TaniHub ini para petani diharuskan bergabung atau mendaftarkan dirinya pada manajeman TaniHub.

Atau startup untuk pendidikan seperti Ruang Guru yang fokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran dari kelas 1 SD hingga kelas 3 SMA.

Nah, udah kebayang mo bikin apa ?

 

2. Jadi Youtuber

Perbandingan Gaji Youtubers dibanding profesi lain.

Sumber : kumparan.com

Tergiur ga dengan grafik pendapatan diatas ? 🙂

Ternyata menjadi youtubers itu salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan saat ini loh. Bayangin aja, pendapatan perbulannya mengalahkan pendapatan dari 3 profesi pekerjaan cukup bergengsi di negeri ini. Lalu pertanyaannya, memang di indonesia, ada youtubers yang penghasilannya segitu ? ada guys, bahkan ada yang sampai miliaran rupiah per bulan. Keren ga tuh !

Ini dia ,kisaran pendapatan 10 youtubers indonesia per bulan

Sumber : kumparan.com

 

Saat ini memang ga mudah juga guys untuk menjadi seorang youtubers, karena kalian dituntut untuk menjadi seorang kreatif. Karena pekerjaan youtubers ini bisa dibilang kategori creativepreneur, dimana kita dituntut untuk membuat konten konten yang original dan bermanfaat bagi para penonton youtube.

Tapi, apakah harus mempunyai kamera yang bagus , atau skill editing yang mumpuni untuk bikin video yang berkualitas ? Sepertinya gak juga ya guys, karena 10 youtuber diatas tadi pun, mulainya dari kamera handphone dengan teknik video editing seadanya. Yang penting, kalian punya sumber kreatifitas tanpa batas, karena klo cuma jadi follower atau sang copas (copy paste karya orang) lalu di upload ulang di channel youtube kamu, dijamin channel kamu ga ada yang tonton, bahkan tidak bisa di monetize dari pihak youtubenya, karena dianggap memiliki konten yang tidak original.

Kalo pengen tau, gimana caranya bisa dapet duit dari channel youtube yang kita buat, nih guys langsung aja cek web teknikal supportnya google .

 

  1. Jadi Reseller atau Agen

Nah, klo yang ini mungkin bisa dibilang paling mudah untuk dilakukan dan paling cepat menghasilkan dibanding dua ide bisnis online diatas.

Dalam data Google Trends tahun 2017

    Sumber : Nextren Website

Google mencatat ketertarikan masyarakat Indonesia berkecimpung di dunia e-commerce semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan data Top10 trending pencarian di Google sepanjang 2017 dalam hal “Cara Menjadi”.

Dari data tersebut, masyarakat Indonesia  penasaran akan bagaimana cara menjadi Agen Bukalapak, Reseller Online Shopping dan Penjual Lazada, yang masing-masing berada di peringkat 6, 7 dan 9.

Software akuntansi Accurate Online sendiri membuka peluang bagi siapapun yang ingin bergabung menjadi Resellernya. Kabar baiknya, untuk menjadi Reseller Accurate Online gak perlu bayar loh, GRATIS.

Per desember 2018 kemarin, tercatat sudah ada sekitar 2,700-an orang yang join menjadi Reseller software akuntansi Accurate Online ini. Dan mereka itu berangkat dari background apapun, ada yang Ibu rumah tangga, pekerja kantoran, mahasiswa dan juga para konsultan keuangan dan konsultan perpajakan.  

Untuk software Accurate sendiri, sudah 17 tahun ada di indonesia, yang merupakan software karya anak bangsa, sudah 4x mendapatkan TOP Brand Award dan sudah digunakan sekitar 300ribu user di Indonesia. Bisa cek beritanya disini .Tercatat, setiap bulan, disistem kami, software akuntansi accurate online membayarkan fee untuk para resellernya sebanyak 60-70juta per bulan loh. Tergiur untuk mencobanya ? Cek caranya disini

 

  1. Jadi Blogger

Buat kamu yang hobi nulis, cocok banget untuk coba bisnis online yang satu ini. Kalo dahulu, banyak blogger yang mendapatkan income hanya dari iklan Google Adsense di blog mereka, tapi klo sekarang seorang blogger bisa juga loh mendapatkan income dari cara menjual jasa tulisannya untuk review sebuah produk atau brand tertentu.

Ada brand yang membayar 50ribu setiap tulisan yang ditulis seorang blogger untuk setiap review produk dalam bentuk tulisan di blog mereka, bahkan banyak juga yang ratenya sampai 250ribu an bahkan hingga jutaan. Biasanya para blogger sekarang banyak yang mengkombinasikan tulisannya dengan video di youtube untuk memperkuat review tulisannya terhadap satu brand tertentu.

Untuk dapetin job review tulisan, kamu harus rajin ikut komunitasnya, biasanya dari sana tawaran review bermunculan. Di web ini, ada 8 list komunitas blogger yang mungkin bisa kamu ikutin.

 

  1. Jadi Selebgram

Selebriti Instagram atau yang dikenal dengan sebutan “selebgram” belakangan cukup beken di kalangan anak muda masa kini. Selebgram berasal dari berbagai latar belakang. Mereka bukan hanya selebriti yang sudah top terlebih dulu di layar kaca. Selebgram bisa seorang pencinta fotografi, pehobi travelling, pencinta kopi, penggila make-up, pencinta binatang, atau sekadar penyuka humor. Mereka memiliki ribuan hingga jutaan followers.

Mengapa bisa demikian? Kuncinya ada pada konten yang ditampilkan dalam akun Instagram. Kalo kita lihat data diatas, Indonesia adalah pengguna instagram ke-3 terbanyak di dunia setelah negara US dan Brazil.

Bahkan seperti dilansir kompas.com , penerimaan negara dari pajak para selebgram ini, mencapai 15,6 Triliun loh guys. Gede banget yahh..

Gimana gak gede, wong banyak selebgram yang punya rate jutaan hingga puluhan juta rupiah loh per postingan.

Sumber : kompas.com

 

Jadi, mau coba bisnis yang mana nih guys ? Take Action sekarang, jangan cuma jadi penonton aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *