fbpx

5 Proses Pembukuan Akuntansi Bisnis Retail yang Tidak Boleh Terlewat

Proses pembukuan akuntansi bisnis retail

Proses pembukuan akuntansi bisnis retail

Bisnis retail merupakan salah satu bisnis yang cukup diminati di Indonesia. Retail sering disebut sebagai bisnis yang paling mudah dilakukan. Karena konsumen bisnis retail sudah jelas dan selalu membutuhkan produk yang dijual di toko ritel. Namun bagi pengusaha, gimana sih pembukuan akuntansi bisnis retail.

Meskipun terlihat mudah, bisnis retail menjadi salah satu bisnis yang memiliki pencatatan yang kompleks. Nah apa lagi buat Anda yang baru terjun ke bisnis retail, Anda harus tahu apa saja komponen yang mempengaruhi pembukuan akuntansi bisnis retail.

Proses akuntansi dilakukan agar Anda terhindar dari kerugian yang begitu besar. Bagaimana melakukannya agar Anda tetap bisa meningkatkan laba dan memperkecil kerugian?

Jangan Pernah Lupa Catatan

Setiap terjadinya transaksi, jangan pernah lupa mencatatnya. Meskipun itu pengeluaran yang cukup kecil nominalnya. Anda tetap tidak boleh mengabaikannya. Sebab, jika Anda mengabaikan catatan kecil saja, Anda bisa mengalami kerugian yang cukup besar. Tak ada salahnya untuk mencatat sedetail mungkin.

Seperti:

  • Pengeluaran harian
  • Catatan penjualan
  • Pencatatan pembelian
  • Catatan stok barang
  • Penggajian

Dengan Anda melakukan pencatatan yang baik dan benar setiap transaksi, akan memudahkan Anda dalam menyusun pembukuan di akhir bulan. Sehingga Anda akan mengetahui berapa jumlah selisih dan berapa jumlah keuntungan yang Anda dapatkan.

Selalu Teliti

Pencatatan sudah dilakukan dan dijalankan, Anda tidak boleh mengabaikannya. Anda wajib melakukan setiap pencatatan dengan baik dan benar. Serta harus di review ulang. Misal toko retail Anda tutup setiap pukul 17.00, maka Anda harus melakukan pengecekan semua transaksi setelah tutup toko. Luangkanlah waktu selama satu jam setiap hari untuk melakukan pengecekan ulang.

Dengan melakukan pengecekan ulang secara teliti, Anda bisa dengan mudah memastikan semua berjalan dengan benar dan baik. Anda bisa melakukan secara manual atau Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tools pembukuan Accurate Online yang bisa memudahkan Anda dalam mengecek setiap pencatatan.

Accurate Online akan membantu Anda dalam menghasilkan pencatatan keuangan yang tepat dan akurat. Bahkan dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan rekonsiliasi internet banking yang bisa terintegrasi dengan akun internet banking Anda.

Fitur ini sangat membantu Anda untuk memudahkan review setiap transaksi yang terjadi melalui internet banking. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan lebih cepat dibandingkan Anda harus melihat dan memprint rekening koran yang Anda miliki.

Memantau Arus Kas

Arus kas adalah hal penting dalam pembukuan akuntansi bisnis retail. Jumlah produk yang cukup banyak, Anda harus bisa memantau arus kas dengan baik juga. Jangan sampai arus kas Anda berbeda dengan nominal pada catatan yang Anda lakukan.

Jika ada perbedaan pencatatan atau istilah lainnya selisih, tentunya bisa membuat Anda mengalami kerugian yang akan mempengaruhi keuangan bisnis retail Anda. Untuk itu Anda harus selalu memantau pergerakan arus kas untuk kesuksesan pembukuan akuntansi bisnis retail.

Memisahkan Uang Pribadi dan Bisnis

Sering sekali para pengusaha menggunakan uang bisnis untuk keperluan pribadi. Inilah yang sering menyebabkan banyak pengusaha mengalami kerugian. Anda wajib memisahkan antara uang pribadi dengan uang bisnis. Jangan di campur aduk.

Ketika uang bisnis dan pribadi tercampur, bersiaplah untuk mengalami kerugian yang cukup besar. Kebiasaan para pengusaha, penggunaan uang bisnis untuk keperluan pribadi umumnya digunakan untuk hal-hal yang konsumtif. Ini lah yang membuat banyak pengusaha mengalami kerugian karena mereka tidak bisa mengontrol penggunaannya. Jangan pernah melakukan hal ini.

Siapkan Laporan Keuangan Secara Berkala

Pencatatan sudah dilakukan, pengecekan setiap rekonsiliasi sudah di catat. Sekarang waktunya menyusun laporan keuangan untuk melihat bagaimana keuangan bisnis retail Anda. Dengan memantau secara berkala Anda akan bisa menemukan berbagai kondisi keuangan bisnis retail dengan akurat.

Apabila Anda ingin mengetahui apakah Anda mengalami kerugian atau keuntungan. Anda harus menggunakan laporan laba rugi. Sedangkan untuk mengetahui kondisi keuangan, Anda bisa menggunakan laporan neraca. Lapora arus kas untuk memperlihatkan aliran masuk dan keluar keuangan bisni.

Dengan hadirnya laporan keuangan, Anda bisa mengetahui bagaimana performa keuangan bisnis retail Anda saat ini. Sehingga bisa memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan biaya yang tidak diperlukan. Dan keuntungan bisa Anda tingkatkan lagi.

Jika Anda bingung mengenai laporan keuangan, Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk menyusun semua jenis laporan keuangan. Tak perlu ribet, jika Anda sudah melakukan pencatatan keuangan bisnis retail dengan baik. Anda bisa dengan mudah menyusun laporan keuangan milik Anda. Jadi tunggu apa lagi, yuk coba Accurate Online sekarang untuk kemudahan pembukuan akuntansi bisnis retail Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *