skip to Main Content
(021) 2553 9834 / 2553 9856 semanggi@myabcshop.com
Aplikasi Yang Harus Digunakan Saat Bekerja Dari Rumah Karena Virus Corona

Aplikasi yang Harus Digunakan Saat Bekerja Dari Rumah Karena Virus Corona

Awal Maret 2020 ini, lebih tepatnya tanggal 2 Maret 2020 Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ada 2 orang WNI positif corona. Persebaran virus corona sangatlah cepat. Sampai artikel ini dimuat, sudah ada 227 kasus positif Corona Virus 19 orang meninggal dan 11 orang sembuh di Indonesia (Sumber di sini). Dengan persebaran yang sangat cepat membuat banyak orang panik dan akhirnya mengambil langkah preventif dengan melakukan self quarantine.

Baca Juga: Positif 2 Orang Terinfeksi Corona Virus di Indonesia

Self quarantine dapat dilakukan dengan meminimalisir interaksi dengan orang luar. Hal ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan kita tertular virus corona.

Pertanggal 15 Maret 2020 pemerintah pun mulai menganjurkan masyarakat untuk melakukan aktifitas harian dari rumah. Mulai dari institusi Pendidikan sampai dengan korporasi pun akhirnya mulai memberlakukan WFH (work from home).

Saat ini WFH (bekerja dari rumah) menjadi salah satu solusi untuk menghambat penyebaran virus corona atau COVID-19 karena menghindari keramaian dan bertemu banyak orang. Namun apakah kita tetap dapat melakukan efisiensi produktifitas saat kita bekerja dari rumah? Tentu bisa! Dengan kemajuan teknologi saat ini, bekerja dari rumah dapat dilakukan dengan maksimal.

Selain teknologi, kesadaran akan tanggung jawab dari setiap anggota tim serta komunikasi dan koordinasi tim yang baik menjadi faktor penting saat akan bekerja dari rumah. Lalu bagaimana cara untuk menjaga komunikasi dan koordinasi saat bekerja dari rumah?

Baca Juga: 6 Aplikasi Wajib yang Harus dimiliki oleh Pengusaha.

Teknologi jawabannya! Saat ini sudah ada berberbagai macam aplikasi yang dapat digunakan saat bekerja dari rumah. Diantaranya:

 

Trello

 

Aplikasi ini akan memudahkan kalian bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim saat melakukan proyek bersama. Trello akan membantu kamu menyusun rencana kerja dan menyelesaikannya secara bersama-sama dengan sejumlah fiturnya yaitu Board, List, dan Card.

 

Microsoft Teams

Aplikasi layanan produktivitas kerja milik Microsoft ini membantu tim dan perusahaan bekerja dari mana saja dengan terintegrasi penuh Office 365, melakukan konferensi video, panggilan suara, dan dapat mengedit file dokumen Word, Power Point, dan produk Microsoft lainnya bersama sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah diselesaikan.

 

Accurate Online

 

Aplikasi keuangan bisnis berbasis cloud sehingga dapat kamu akses kapanpun dan dimanapun. Dari memudahkan pencatatan transaksi hingga menghasilkan laporan keuangan dalam waktu singkat.

Accurate Online dapat membantu keuangan usaha menjadi lebih efisien, apapun bentuk proses bisnisnya. Buat penawaran penjualan, pengiriman pesanan, faktur penjualan, hingga penerimaan pembayaran dengan mudah dan cepat.

Semua dapat dikerjakan hanya dengan bermodalkan internet + gadget apapun yang ada di rumah seperti pc, laptop atau bahkan smartphone.

Penasaran?

Slack

 

 

Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan WhatsApp, namun lebih kompleks dan lengkap. Slack memang didesain untuk mengakomodir kebutuhan komunikasi di dalam suatu manajemen atau perusahaan.

Selain untuk kirim pesan, Slack juga memiliki fitur lain seperti melihat proses kinerja dalam menjalankan proyek, berbagi file, dan juga fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk produktivitas tim saat bekerja. Semua fitur Slack bisa membantu kamu untuk bekerja dari rumah, tanpa harus bertatap muka dengan mitra kerja.

 

Google Hangouts Meet

Berbeda dengan aplikasi pesan Hangouts pada umumnya. Jika anda berlangganan G Suite maka anda bisa menggunakan aplikasi Hangouts Meet yang memiliki fitur panggilan video atau membuat sesi meeting virtual sampai 250 orang dan livestreaming hingga lebih dari 100,000 penonton. Google sendiri sedang menggratiskan layanan ini hingga 1 Juli mendatang.

 

Zoom

 

Aplikasi Zoom menghadirkan fitur yang maksimal untuk melakukan video conference, sama seperti Google Hangout. Semua tim bisa melakukan komunikasi video secara bersamaan dengan kualitas video dan audio yang baik. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat mobile dan desktop komputer atau laptop.

Tidak hanya fitur video conference, Zoom juga memiliki fitur lainnya, seperti kirim pesan teks, foto, audio, dan video. Bahkan, Zoom baru merilis fitur baru yang dapat mengubah background saat pengguna melakukan video conference.

 

Itulah beberapa aplikasi yang dapat membatu produktifitas saat bekerja dari rumah. Semoga wabah virus corona cepat berlalu dan kita bisa kembali sehat, aman dan sejahtera seperti sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top