27.6 C
Jakarta
June 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Beberapa Hal yang Sering Bikin Pebisnis Pemula Sulit Mengelola Keuangan

Mengelola Keuangan Bisnis – Selama pandemi COVID-19 ada banyak orang yang terkena dampak dirumahkan hingga di PHK. Mereka mulai membangun bisnis untuk mampu bertahan hidup memenuhi kebutuhan di tengah pandemi. Selain itu kebiasaan baru di tengah pandemi ini memang membuat peluang bisnis baru sejalan dengan hobi serta kebiasaan baru masyarakat. Hal ini pun memunculkan para pebisnis pemula dan muda yang mulai merintis bisnisnya. Mulai dari menjual makanan hingga produk fesyen.

Baca Juga: Kamu di PHK? Pastikan Perusahaan Memenuhi Seluruh Hak Kamu ya!

Untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis tentunya membutuhkan keseriusan serta strategi atau rencana yang baik. Namun tak jarang para pebisnis pemula melupakan strategi mengelola keuangan dalam bisnisnya. Jika kamu adalah salah satu pebisnis pemula yang baru memulai usaha apalagi di tengah pandemi saat ini, jangan sampai kamu melupakan hal tersebut karena hal tersebut bisa membuat kamu gagal dalam berbisnis.

Nah, simak beberapa alasan kenapa pebisnis pemula sulit mengelola keuangan

Senang Mengambil Jalan Pintas yang Serba Instan

Para pebisnis pemula seringkali tergiur dengan cara instan hingga terburu-buru mengambil jalan pintas untuk memudahkan pekerjaan mereka. Tak ingin berusaha atau ribet sendirian, para  pebisnis pemula seringkali tanpa pikir panjang mengeluarkan modal besar untuk membayar tenaga profesional atau beriklan dengan budget tinggi, saat baru memulai bisnis. Namun keputusan ini dinilai kurang bijak dikarenakan omzet awal bisnis yang kamu baru mulai  belum cukup untuk melakukan hal tersebut.

Aset Pribadi dan Aset Bisnis Tercampur

Salah satu hal lainnya, para pebisnis pemula tidak memisahkan aset pribadi dengan aset bisnis. Sebaiknya sebagai pebisnis pemula ada baiknya kamu memberi batasan yang jelas antara aset pribadi dan aset bisnismu. Karena hal ini bisa berakibat fatal jika nanti kondisi bisnisnya sedang jatuh. Jika kamu nanti terpaksa untuk menggunakan aset bisnis atau aset pribadimu kamu harus mencatat hal tersebut dengan jelas dan tercatat sebagai hutang yang harus kamu kembalikan

Tidak Menggaji Diri Sendiri

Menyisihkan gaji untuk diri sendiri sebagai bos perusahaan atau pemilik bisnis adalah hal penting. Para pebisnis muda pasti seringkali menggunakan aset pribadinya untuk kepentingan bisnisnya. Sehingga sangat lazim jika para pebisnis pemula sedikit demi sedikit mengambil uang dari keuangan bisnis untuk kebutuhan sehari-hari. Namun daripada hal itu terjadi, mulailah menggaji dirimu sendiri dengan nominal yang patut agar kamu tidak mengganggu uang bisnismu atau aset bisnis.

Baca Juga: UMKM Harus Tau, 8 Tips Dasar Mengelola Keuangan UMKM

Tidak Memiliki Strategi Keuangan yang Tepat

seringkali para pebisnis pemula tidak memiliki pengetahuan soal cara mengatur keuangan yang tepat agar tidak ‘besar pasak daripada tiang’. Para pebisnis seringkali tidak membuat rencana keuangan yang matang hingga terjadi kerugian. Padahal penyebab kegagalan bisnis yang sering kali terjadi adalah karena para pebisnis tidak memiliki strategi pengelolaan keuangan yang baik.

Baca Juga: Penting Gak sih Bikin Laporan Keuangan untuk UKM dan UMKM?

Nah salah satu cara agar keuangan bisnismu terkelola dengan baik. Kamu bisa mempercayakan Accurate sebagai aplikasi yang bisa membantu pencatatan dan pelaporan keuangan bisnismu. Accurate Online tersedia secara GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba 30 Hari GRATIS Accurate Online ” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Cara Jitu Tagih Piutang ke Konsumen. Jangan Ada Hutang di Antara Kita

admin

Mengapa Akuntansi Manajemen Harus Dilakukan Oleh Pelaku UKM? Ini Alasannya!

ademuthia

Cara Mendeteksi Korupsi Dalam Bisnis UKM dan UMKM

ademuthia

Leave a Comment