27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Pasangan Muda

Setelah sekian lama menjalin hubungan akhirnya kamu dan pasanganmu berkomitmen untuk hidup bersama sebagai pasangan suami istri. Dalam membina rumah tangga yang baru, Memahami cara mengatur keuangan adalah salah satu poin penting  yang harus menjadi perhatian kalian pasangan muda. 

Perlu diingat, kepandaian kamu dan pasangan salam mengatur keuangan jadi kunci keberhasilanmu dalam berumah tangga. Jika kamu mampu mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan tepat langkah menuju kesuksesan rumah tangga yang bahagia dan sejahtera akan mudah tercapai.

Mengatur keuangan rumah tangga dengan baik memiliki banyak manfaatnya ketika kamu sudah berkeluarga lho…. Nah bagaimana ya cara mengatur keuangan rumah tangga agar gak boncos khususnya bagi kamu pasangan muda? Yuk simak tips berikut ini!

Tentukan Pos-pos Pengeluaran Rumah Tangga

Saat Berumah tangga diskusikan soal berapa pemasukan dan simpanan yang kamu dan pasanganmu miliki. Setelah itu tentukan pos-pos pengeluaran setiap bulan yang harus kalian bayar. Catatkan semua pengeluaran Mingguan, bulanan atau tahunan.

Kamu dan pasangan bisa mengikuti rumus 40:20:20:10:10. Sebanyak 40% dari gaji Anda dan pasangan perlu dialokasikan untuk kebutuhan pokok. Selanjutnya, gunakan maksimal 20% dari gaji untuk cicilan utang (bila ada) dan 20% lainnya untuk menabung. 10% berama dan 10% lagi untuk rekreasi. Perbandingan tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kondisi keuangan kamu dan pasanganmu. 

Tentukan Anggaran Belanja

Hal ini penting apalagi jika kamu atau pasanganmu hobi berbelanja. Kamu dan pasanganmu harus pandai dalam memanfaatkan uang. Kamu harus mampu memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan pokok dan jangan boros dalam berbelanja, apalagi saat berbelanja bulanan.  Sebaiknya kamu dan pasangan harus berhemat.

 Minimalkan Utang

Catat untuk kalian pasangan muda! Lebih baik hidup sederhana dan berhemat daripada kamu harus menumpuk utang. Turunkan gengsimu dalam kehidupan berumah tangga jangan sampai berhutang hanya karena keinginan dan mengikuti tren. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan buat kamu pasangan muda. Karena jika kamu dan pasangan sudah terbiasa berhutan dan ketagihan maka akan sulit terlepas

 Baca Juga: Milenial Wajib Tahu! Ini 5 Tips Melunasi Hutang di Masa Resesi

Siapkan Dana Darurat

Dana Darurat ini akan kamu dan pasanganmu gunakan untuk kebutuhan mendesak atau tidak terduga misalnya sakit. Jadi kamu harus menyisihkan beberapa persen dari penghasilan kamu dan pasangan untuk dana ini. Persiapan dana darurat ini sangat membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Merencanakan Tabungan Masa Tua

Sisihkan berapa persen dari penghasilan mu dan pasanganmu untuk tabungan masa tua. Kamu juga bisa melakukan investasi Atau membuka rekening bank untuk menabung bersama. Tabungan ini bisa digunakan sebagai bekal di masa tua ketika kamu atau pasanganmu sudah tidak bekerja lagi. 

Baca Juga: Bosan Jadi Pengangguran? Daftar Kerja di Accurate Aja

Selain mengatur keuangan kamu dan pasanganmu sepertinya juga harus pandai menghasilkan uang tambahan untuk sebagai dana tambahan atau bisa juga Untuk menambah tabungan masa tua kalian. Accurate Online memberikan kesempatan pada kita semua untuk menghasilkan pendapatan tambahan dengan menjadi Accurate Digital Partner. Kamu bisa mendapatkan hingga Rp 400.000,- setiap harinya. Penasaran gimana caranya? Klik gambar di bawah.

Related posts

Cara Pebisnis Hadapi New Normal di Bulan Juni 2020

ademuthia

Software Accurate Online Melayani Banjarmasin dan sekitarnya

ademuthia

3 Langkah Mudah Mulai Bisnis Hijab

ademuthia

Leave a Comment