28.7 C
Jakarta
January 16, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Mengapa UMKM Perlu Menggunakan Aplikasi Keuangan?

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian Indonesia hingga menyumbang 57,8% PDB nasional. Karena itu, sektor UMKM perlu untuk terus dioptimalkan, salah satunya dengan mendorong UMKM memanfaatkan teknologi digital seperti penggunaan aplikasi keuangan.

Berkembangnya bisnis perlu diawali dengan manajemen keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan yang baik artinya pelaku UMKM mengetahui kondisi pergerakan arus kas dan bisa mengontrol pengeluaran uang agar tak mengalami kerugian. 

UMKM perlu rajin mencatat setiap transaksi keuangan yang dilakukan seperti penjualan, pembelanjaan, pembayaran sewa tempat hingga utang piutang. Namun tahapan akutansi tersebut belum tentu mudah untuk dijalankan jika masih dilakukan secara manual.

Jika UMKM tidak menyusun pembukuan atau laporan keuangan dengan dengan baik, maka akan sulit untuk menganalisis kondisi keuangan UMKM. Padahal, urusan keuangan ini penting sekali untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam mengembangkan usaha.

Kegiatan pembukuan seperti itu sekarang dapat lebih mudah ditangani dengan menggunakan aplikasi keuangan. Sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang ragu untuk menggunakannya. 

Berikut ini empat alasan mengapa UMKM perlu menggunakan aplikasi keuangan.

Aplikasi Keuangan Mengurangi Potensi Kesalahan

Dengan menggunakan aplikasi keuangan, kamu tidak perlu menghitung keseluruhan laba dan rugi secara manual. Berapa biaya operasional UMKM bulanan yang dikeluarkan, berapa omset yang didapatkan, dan berapa modal yang dikeluarkan. 

Fitur aplikasi keuangan memungkinkan semua hal itu untuk dihitung secara otomatis. Kamu tinggal input saja data-data transaksi yang terjadi ke sistem keuangan.

Bayangkan jika menghitung secara manual, akan ada resiko salah hitung ataupun salah penggunaan rumus. Tapi jika menginput data yang akan dihitung tersebut ke aplikasi keuangan, kesalahan tersebut dapat dihindari. 

Sistem terintegrasi dari layanan aplikasi keuangan memungkinkan kamu mendapatkan laporan keuangan usaha secara real time.

Proses Yang Lebih Cepat Dan Efisien

Salah satu alasan mengapa UMKM perlu menggunakan aplikasi keuangan adalah untuk mempercepat pembuatan laporan keuangan. Seperti disebutkan di atas, laporan keuangan yang dibuat dengan bantuan aplikasi bisa diakses secara real time. 

Berbeda dengan sistem manual yang mungkin memerlukan waktu berhari-hari untuk membuat laporan periode satu bulan. Hal ini tentu sangat tidak efektif, karena memerlukan banyak waktu dan tenaga. Apalagi jika harus membayar akuntan hanya untuk membuat laporan keuangan tersebut.

Selain dapat mempercepat pembuatan laporan keuangan, penggunaan aplikasi keuangan juga dapat dilakukan kapan saja. Melakukan pencatatan atau input data bisa dilakukan secara langsung tanpa ditunda-tunda agar tak menumpuk di akhir bulan.

Transparan Dan Mudah Diawasi

Aplikasi keuangan umumnya memiliki tampilan yang user friendly atau ramah terhadap pengguna, sehingga mudah dijalankan. Asalkan sudah terbiasa dengan gadget, menggunakan aplikasi keuangan tersebut bukanlah hal yang sulit. 

Jika kamu memiliki pegawai untuk mencatat setiap transaksi, aplikasi keuangan UMKM juga membantu kamu untuk melakukan pengawasan.

Kamu bisa mereview setiap data keuangan bisnis kamu. Tentu ini akan sangat membantu dalam memantau kondisi keuangan UMKM kamu.

Aplikasi Keuangan Membantu Membuat Laporan yang Lebih Baik

Dengan bantuan aplikasi keuangan, akan meningkatkan akuntabilitas UMKM kamu. Hal tersebut karena semua transaksi akan tercatat dengan benar, lengkap dan rapi untuk dibaca. Semua kegiatan pencatatan bisa dilakukan secara langsung di tempat transaksi berlangsung. 

Penggunaan aplikasi keuangan tersebut juga bisa meminimalisir data yang terlewati untuk dicatat. Hal ini dapat membantu UMKM kamu jadi lebih akuntabel dan menghasilkan laporan keuangan yang lebih baik.

Kesimpulan

Aplikasi keuangan dapat membantu pelaku UMKM untuk mengelola, memantau transaksi penjualan, pengeluaran, hutang piutang hingga keuntungan melalui gadget. Aplikasi seperti ini selain untuk memantau transaksi, juga memudahkan penyusunan laporan keuangan tanpa rumitnya hitung-hitungan manual.

Dengan menggunakannya, kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk mengelola bisnis secara lebih efisien. Data kamu yang tersimpan di aplikasi juga bisa mudah dicari jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Salah satu aplikasi keuangan UMKM yang bisa kamu coba adalah Accurate Online. Aplikasi keuangan yang sudah dipakai ratusan ribu pelaku usaha ini dapat kamu pakai secara GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Cara Mendeteksi Korupsi Dalam Bisnis UKM dan UMKM

ademuthia

Cara Mudah Daftar Merchant OVO| Mobile Payment

ademuthia

Baca Dulu! Peraturan Berkendara Selama Corona.

ademuthia

Leave a Comment