28.7 C
Jakarta
May 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Uncategorized

Manfaat Organisasi Bagi Pengembangan Bisnis Yang Berkelanjutan

  1. Apa itu Organisasi?
  • Masih banyak bisnis beranggapan bahwa budaya organisasi itu tidak begitu penting bagi kelangsungan bisnis, namun pada kenyataannya, bisnis sangat membutuhkan organisasi yang sehat. Setiap bisnis, usaha, perusahaan bahkan diri kita sendiri membutuhkan organisasi.

Organisasi diartikan sebagai kerjasama yang tercipta antar beberapa individu dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi juga merupakan susunan dan aturan dari berbagai bagian dari orang, bisnis dan perusahaan sehingga merupakan kesatuan yang teratur.

Dalam bisnis, manfaat organisasi akan membuat bisnis kita semakin terarah dan rapi, serta mudah dalam menemukan dan mengatur strategi agar bisnis berkembang dengan cepat.

7 Manfaat Organisasi bagi Bisnis Anda

Karena masih banyaknya pelaku bisnis atau orang yang baru memulai bisnis tidak mengetahui manfaat dari organisasi, sehingga mereka biasanya sulit untuk mengembangkan bisnisnya, berikut kami ulas beberapa manfaat organisasi dalam perusahaan atau bisnis:

1. Memudahkan dalam pembuatan perencanaan bisnis

Pihak manajemen dan pemilik bisnis akan lebih mudah dalam membuat perencanaan bisnis ke depan yang membutuhkan aset dan sumber daya, terutama dalam membuat anggaran remunerasi dan kompetensi karyawan yang diperlukan untuk mencapai target baru yang dibuat tersebut. Selanjutnya untuk mempermudah manajemen ingin membuat laporan analisis dan evaluasi terhadap kinerja (performance) perusahaan atau bisnis.

2. Memudahkan dalam mencapai target yang ditentukan

Dengan adanya organisasi dalam bisnis kita, pihak manajemen akan lebih mudah dalam mem-break down pekerjaan dan kegiatan yang akan dilakukan dalam rencana kegiatan, dan kemudian akan dikelompokkan menjadi satu grup fungsi dan jabatan tertentu.

Nantinya, grup pekerjaan tersebut akan dibuat menjadi sebuah struktur organisasi yang dirasakan paling sesuai dengan rencana dan target perusahaan tersebut. Sehingga dengan memberikan tugas masing-masing dalam grup akan memudahkan perusahaan atau bisnis untuk mencapai taget yang ditentukan.

3. Memudahkan dalam menentukan job description karyawan

Dengan adanya organisasi pihak perusahaan akan mudah dalam pembagian job description karyawan. Sehingga pekerjan karyawan tidak tumpang tindih. Dan tentunya akan  membuat karyawan maksimal dalam bekerja di bidang tertentu. Hal ini akan mempercepat perusahaan atau bisnis dalam mencapai taget yang telah di tentukan.

4. Mempermudah dalam menganalisis beban kerja karyawan

Manfaat organisasi juga dapat mengetahui setiap fungsi dan jabatan dalam perusahaan sehingga akan mempermudah untuk menganalisis beban kerja dari tiap karyawan. Sehingga apabila beban kerja seorang karyawan dirasakan terlalu banyak maka dapat diberikan tambahan karyawan baru untuk membantu peran dan fungsinya.

Demikian juga sebaliknya apabila beban kerja seorang karyawan belum terlalu banyak maka karyawan tersebut dapat merangkap fungsi atau ditambahkan pekerjaan lain sehingga biaya operasional perusahaan atau bisnis menjadi lebih efisien.

5. Perhitungan gaji karyawan akan semakin mudah

Organisai dalam binis atau perusahaan dapat membantu dalam hal perhitungan remunerasi karyawan sesuai beban kerja dan tanggung jawab yang diembannya pada fungsi dan jabatan yang ada di dalam struktur tersebut, dimana semakin ke atas level fungsi dan jabatannya maka akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih besar sehingga remunerasi yang diterima juga akan semakin besar.

  1. Dengan adanya organisasi ini juga akan membuat perhitungan beban gaji karyawan menjadi lebih efesien. Anda juga bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur perhitungan payroll yang memudahkan proses pembukuan dan penghitungan gaji karyawan secara bersamaan secara lebih mudah seperti Accurate Online.

6. Timbulnya semangat kerjasama dalam perusahaan

Manfaat lainnya adalah dengan adanya organisasi dalam perusahaan atau binis akan membuat karyawan bekerja sama dengan karyawan lainnya sesuai dengan job decription yang diberikan. Sehingga akan timbul hubungan  yang solid dalam sebuah perusahaan. Selain itu juga organisasi dapat memicu kerjasama dengan perusahaan lainnya.

7. Membentuk emotional intelegent

Organisasi dalam perusahaan dapat melatih kepribadian karyawan supaya bisa menjadi lebih baik, namun juga bisa berpengaruh terhadap perkembangan emosi. Sehingga akan membuat emosi setiap karyawan akan terkontrol. Hal ini menghidari terjadinya konflik dalam perusahaan. Dengan emotional intelegent, maka membuat setiap orang dalam perusahaan atau bisnis bisa menghadapi berbagai sifat atau karakter orang lain yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Organisasi dalam bisnis adalah sebuah element yang sangat penting dalam rencana pengembangan yang lebih baik. Jika budaya organisasi baik, maka manfaat organisai akan membuat bisnis Anda menjadi lebih optimal. Dengan adanya organisasi dalam bisnis akan membawa implikasi yang luas dan akan membangun hubungan baik antar karyawan

Bisnis dan organisasi tidak dapat dipisahkan. Mereka hanyalah dua aspek dari satu hal. Dampak budaya organisasi selalu akan berbanding lurus pada keberhasilan atau kegagalan bisnis. Oleh karena itu, bisnis dan organisasi digabungkan menjadi organisasi bisnis sebagai subjek strategi dan manajemen strategis.

 

Sumber : Sugi Priharto

Related posts

Tertarik Membangun Bisnis Kedai Kopi? Ikuti Tips Berikut ini

Wida

Harga ACCURATE V5 Naik Per 1 Agustus 2017

ademuthia

Mengetahui Unsur Unsur Pajak yang Berlaku di Indonesia

Wida