Official Store Software Akuntansi Accurate
Marketing

Mengenal Consumer Insight dan Manfaatnya untuk Bisnis

Mengenal consumer insight

Consumer insight atau customer insight telah menjadi komponen penting dalam proses riset pasar yang perlu dipahami oleh seorang pebisnis dan penanggung jawab marketing dalam mengenali konsumen. Mengenal consumer insight akan membantu pebisnis dalam mendapatkan minat, perilaku, dan pola pikir pelanggan saat membeli produk atau jasa yang dijual.

Consumer Insight Adalah?

Customer insight adalah pemahaman mendalam tentang kebutuhan, perilaku, dan preferensi pelanggan. Pemahaman ini diperoleh melalui berbagai metode, seperti riset pasar, Melakukan survei, wawancara, dan fokus group untuk mendapatkan umpan balik langsung dari pelanggan.

Dalam menganalisa riset pasar, maka akan ditemukan berbagai data yang perlu dianalisis. Menganalisis data penjualan, data customer service, dan data interaksi pelanggan lainnya untuk mengidentifikasi pola dan tren.

Perusahaan pun perlu mengamati bagaimana pelanggan berinteraksi dengan produk dan layanan Anda. Bagaimana mendorong pelanggan untuk memberikan umpan balik melalui berbagai saluran, seperti email, media sosial, dan ulasan online.

Customer insight sangat penting untuk bisnis karena dapat membantu bisnis dalam Membuat keputusan yang lebih baik tentang produk dan layanan Anda. Dengan memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan, Anda dapat mengembangkan produk dan layanan yang lebih relevan dan menarik.

Baca Juga: Customer Churn Rate Adalah : Jenis, Penyebab, dan Cara Menghitungnya

Dengan memahami bagaimana pelanggan Anda berperilaku, Anda dapat mengoptimalkan proses dan interaksi Anda untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Membuat pelanggan senang dan loyal, dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan retensi pelanggan.

Dengan begitu akan lebih mudah dalam proses meningkatkan akuisisi pelanggan. Memahami apa yang menarik pelanggan baru, Anda dapat menargetkan upaya pemasaran Anda dengan lebih efektif.

Bagaimana Mendapatkan Customer Insight?

Ada beberapa langkah penting untuk mendapatkan customer insight untuk brand, pendekatannya pun beragam. Menyesuaikan dengan berbagai karakter konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda. Berikut komponen dasar customer insight:

Pengumpulan Data

Tahapan dasar dalam mendapatkan customer insight adalah dengan mengumpulkan berbagai data sebanyak mungkin mengenai konsumen. Anda bisa mendapatkan berbagai insight dari media sosial, dan Google.

Disana Anda akan mengetahui bagaimana minat, perilaku, dan pola pikir konsumen dalam melihat dan membeli produk atau layanan-mu.

Riset Customer

Cara lainnya dalam mengumpulkan data dengan melakukan riset konsumen. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan survei, Anda bisa menelpon secara langsung atau mengadakan FGD dengan para pelanggan.

Aktivitas ini akan mampu mengenali apa saja yang perlu diperbaiki dari sisi brand.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran perlu dilakukan dengan tepat, cara ini akan menunjukan seberapa efektif promosi yang dijalankan oleh pebisnis dan bagaimana layanan tersebut berjalan. Anda perlu mengenali channel promosi apa saja yang perlu evaluasi dan bagaimana meningkatkannya.

Customer Feedback

Dalam mengoptimalkan customer insight, brand bisa melakukan survei dan menyebar kuesioner yang bisa mendapatkan hasil kesimpulan yang tepat dari konsumen, bagaimana brand menurut mereka.

Saat ini metode survei bisa banyak dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan email atau social media.

Gunakan Data Pihak Ketiga

Anda juga bisa menggunakan data pihak ketiga untuk mendapatkan customer insight. Namun, data pihak ketiga umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal.  Anda bisa menyesuaikan dengan berbagai bisnis.

Sebenarnya ada beberapa data yang bisa Anda akses untuk mengenali customer insight. Di Indonesia Anda bisa menggunakan data pihak ketiga dari Badan Pusat Statistik (BPS) data ini tergolong bisa diakses oleh berbagai pihak.

Manfaat Consumer Insight

Memahami consumer insight memiliki banyak manfaat bagi bisnis, di antaranya:

1. Meningkatkan Keputusan Bisnis

Dengan memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan, Anda dapat mengembangkan produk dan layanan yang lebih relevan dan menarik bagi mereka. Wawasan consumer insight dapat membantu Anda menargetkan upaya pemasaran Anda dengan lebih efektif dan menjangkau pelanggan yang tepat.

Perusahaan akan mampu memahami bagaimana pelanggan Anda berperilaku, Anda dapat mengoptimalkan proses dan interaksi Anda untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Membuat pelanggan Anda senang dan loyal, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan retensi pelanggan.

Tentu hal ini akan mampu menarik pelanggan baru, Anda dapat menargetkan upaya pemasaran Anda dengan lebih efektif dan meningkatkan akuisisi pelanggan.

2. Memperkuat Hubungan Pelanggan

Menunjukkan kepada pelanggan bahwa perusahaan memahami mereka dan kebutuhan mereka, Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan langgeng dengan konsumen. Pelanggan yang merasa dipahami dan dihargai lebih cenderung tetap setia pada merek Anda.

Pelanggan yang puas dengan produk dan layanan serta pengalaman mereka dengan brand lebih cenderung merekomendasikan kepada orang lain.

Baca Juga: Perbedaan Customer Experience dan Customer Service

3. Meningkatkan Profitabilitas

Mengenal consumer insight akan mampu mengembangkan produk dan layanan yang diinginkan pelanggan, Anda dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan. Perusahaan akan mampu menghindari pengembangan produk dan layanan yang tidak akan mereka beli, sehingga menghemat biaya.

Mengoptimalkan proses dan interaksi Anda berdasarkan perilaku pelanggan, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan menghemat biaya.

4. Meningkatkan Daya Saing

Wawasan consumer insight dapat membantu brand memahami tren pasar dan tetap terdepan dalam persaingan. Dengan memahami apa yang membedakan pelanggan dari pelanggan kompetitor, brand dapat memposisikan diri secara unik di pasar.

Pelanggan yang puas dengan produk dan layanan Anda serta pengalaman mereka dengan brand lebih cenderung memilih Anda daripada kompetitor.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mengenal consumer insight adalah alat yang berharga bagi bisnis apa pun. Dengan berinvestasi dalam pengumpulan dan analisis consumer insight, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan profitabilitas bisnis Anda.

Ingatlah bahwa consumer insight adalah proses yang berkelanjutan. Kebutuhan, keinginan, perilaku, dan preferensi pelanggan dapat berubah seiring waktu. Oleh karena itu, penting untuk terus mengumpulkan dan menganalisis consumer insight secara berkala agar Anda dapat tetap relevan dan kompetitif.

Saat Anda mengumpulkan customer insight, bisnis pun perlu melakukan analisis data keuangan dengan baik. Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk mendapatkan hasil laporan keuangan efektif dan kompatibel untuk semua jenis bisnis.

Dapatkan Accurate Online di Abcsemanggi.com sebagai Mitra Resmi penjualan Accurate Online di Indonesia. Cobain free trial selama 30 hari Accurate Online.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Psikologi Marketing : Pengertian dan 10 Tipsnya untuk Bisnis

Miftah

Apa Saja sih Kegiatan Distribusi itu? ini Pengertian dan Jenisnnya!

Erapuji

Remarketing: Pengertian, Manfaat dan Bedanya dengan Retargeting

Erapuji