28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

Pahami Proses Penjualan Agar Penjualan dapat Naik Berkali-Kali Lipat

Sebelumnya kita telah mengupas tuntas bagaimana perjalanan konsumen sebelum melakukan pembelian suatu produk. Jika kamu ketinggalan bahasannya kamu bisa langsung menuju pada ulasan: Pahami Perjalanan Konsumen untuk Tingkatkan Penjualan.

Setelah Kita melihat proses perjalanan konsumen, mari lihat bagaimana kita dapat menyiapkan proses penjualan untuk mengarahkan lebih banyak pelanggan yang menyelesaikan pembelian atau bertransaksi. Setiap tahap proses penjualan dalam sales funnel perlu mencerminkan perjalanan pelanggan. Mengapa? Karena proses penjualan tidak akan berjalan dengan baik jika kita tidak mengenali dan merespon setiap kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Sales Funnel, Sang Pendongkrak Penjualan Bisnis

Dilansir dari Dewaweb.com, ada 5 proses penjualan yang harus disiapkan oleh para pebisnis agar kita bisa menggaet lebih banyak pelanggal bedasarkan sales funnel yang ada.

Prospek (Prospect)

Pelanggan masa depan Kita menyadari merek Kita, tapi mereka tidak terlalu tahu tentang Kita pada tahap ini. Mengkomunikasikan manfaat merek Kita atas solusi lain adalah jenis dukungan yang akan berarti bagi pelanggan pada tahap ini. Sales dapat mengkomunikasikan prospek ini melalui panggilan langsung atau networking di acara-acara sosial. Pemasaran mungkin terjadi dengan menjangkau pelanggan lewat kampanye pemasaran online.

Baca Juga: Tahu Bulat, Masihkah Jadi Bisnis dengan Prospek yang Menjanjikan?

Kualifikasi (Qualification)

Pada tahap ini, Kita telah menunjuk pelanggan yang benar-benar memiliki minat pada produk Kita dan kemampuan untuk membayarnya. Pelanggan kemungkinan akan menyelesaikan sendiri proses kualifikasi secara online, atau telah berbicara dengan seseorang di tim sales Kita yang telah memenuhi syarat. Kita sekarang harus memiliki informasi dasar yang tersimpan dalam CRM Kita, termasuk nama, jabatan, nomor telepon, alamat email, minat, otoritas anggaran dan skala waktu untuk membeli.

Demonstrasi (Demonstration)

Pada tahap ini, pelanggan mengeksplorasi solusi Kita (dan satu atau dua solusi kompetitif) secara lebih mendalam. Ini mungkin karena Kita telah memberikan calon pelanggan informasi lengkap, proposal tertulis, atau demo.

Negosiasi (Negotiation)

Pada tahap ini, pelanggan telah memutuskan bahwa Kita mungkin bisa memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka, jadi mereka mungkin akan mengajukan pertanyaan soal harga. Hal ini mungkin akan menghasilkan diskusi dengan tim sales Kita untuk menegosiasikan harga dan persyaratan penjualan lainnya.

Penutupan Menang/Kalah (Closed Won/Lost)

Pada tahap ini, kesepakatan telah dimenangkan dan transaksi berlangsung. Tujuan hubungan dengan pelanggan sekarang berubah dari bagaimana untuk mendapatkan pelanggan baru menjadi bagaimana mempertahankan pelanggan yang telah Kita menangkan kemudian bagaimana memenangkan rujukan pelanggan baru lebih lanjut.

Jangan lupa untuk selalu perhatikan laporan penjualan produk Anda untuk memastikan apakah sales funnel yang dibangun sudah dapat meningkatkan penjualan produk bisnis Anda. Accurate Online sebagai satu-satunya aplikasi keuangan bisnis paling mudah dapat membantu Anda menbuat laporan penjualan dalam waktu 3 menit.

[andaman_services_button display=”block” andaman_href=”https://account.accurate.id/join.do?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

5 Resolusi Tahun Baru yang WAJIB dilakukan Oleh Pemilik Bisnis

ademuthia

3 Cara Mudah untuk Mendapatkan EFIN Bagi Wajib Pajak

ademuthia

5 Hal yang Harus disiapkan UMKM untuk Ekspor produk ke Luar Negeri

ademuthia

Leave a Comment