Official Store Software Akuntansi Accurate
Bisnis

QRIS untuk Bisnis: Manfaat dan Keuntungannya

Qris untuk bisnis

Sudahkah bisnis Anda menggunakan QRIS? QRIS menjadi salah satu metode pembayaran yang cukup popular beberapa tahun ini. Kehadirannya memberikan nuansa baru pembayaran di Indonesia. Membuat semua banyak pengusaha perlu beradaptasi menggunakan sistem pembayaran satu ini. Memang apa ada manfaat QRIS untuk bisnis dan apa saja keuntungan bisnis yang menggunakan metode pembayaran ini?

Metode pembayaran kini semakin beragam. Dulu tidak punya uang cash bisa melakukan debit menggunakan mesin EDC. Sekarang, selain mesin EDC pembayaran bisa dilakukan dengan hanya melakukan scan barcode kode pembayaran.

Di Indonesia, saat ini penggunaan pembayaran barcode menggunakan satu sistem pembayaran, yaitu QRIS. Apa sebenarnya QRIS? Mari kita mengenal QRIS lebih jauh.

Mengenal QRIS

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan sebuah alat yang digunakan secara bersama dalam sistem pembayaran.

QRIS adalah standar kode QR nasional yang diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada tahun 2019.

QRIS bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di Indonesia dengan menggunakan kode QR sebagai standar pembayrannya.

Sebelum QRIS, terdapat berbagai macam kode QR yang digunakan oleh berbagai platform pembayaran digital yang berbeda, sehingga membingungkan bagi both pelanggan dan pedagang.

Dengan QRIS, pelanggan hanya perlu memiliki satu aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS untuk melakukan pembayaran di berbagai macam toko, gerai, pedagang, parkir, tiket wisata, dan merchant berlogo QRIS.

Baca Juga: Metode Pembayaran Digital: Keunggulan dan Cara Menggunakan Payment Link

Manfaat QRIS bagi Pelanggan

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) menawarkan berbagai macam manfaat bagi pelanggan, di antaranya:

Praktis dan Mudah Digunakan

Pelanggan hanya perlu memiliki satu aplikasi pembayaran digital di smartphone mereka yang mendukung QRIS untuk melakukan pembayaran di berbagai macam merchant.

Selain itu, QRIS pun membuat proses transaksi lebih cepat. Transaksi pembayaran menggunakan QRIS jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan menggunakan uang tunai.

Pelanggan tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar, cukup dengan membawa smartphone mereka, mereka bisa membayar dengan QRIS meskipun hanya menggunakan satu jenis aplikasi pembayaran di smartphone. QRIS dapat digunakan untuk bertransaksi di berbagai macam tempat, seperti toko retail, restoran, kafe, pedagang kaki lima, parkir, tiket wisata, dan lain sebagainya.

Aman dan Terjamin

QRIS membuat transaksi menjadi lebih aman. Hal ini karena transaksi QRIS menggunakan teknologi yang aman dan terjamin, sehingga meminimalisir risiko penipuan.

Tidak perlu khawatir dengan data pribadi, QRIS telah menjamin keamanan data pribadi pelanggan dilindungi dengan baik oleh penyedia layanan pembayaran digital.

Dengan berbagai Fitur keamanan yang tersedia, banyak aplikasi pembayaran digital yang menawarkan fitur keamanan tambahan, seperti PIN, sidik jari, atau pengenalan wajah. Sehingga akan lebih aman untuk dibawa kemana-mana.

Hemat dan Menguntungkan

Menggunakan QRIS banyak promo dan cashback. Banyak platform pembayaran digital yang menawarkan promo dan cashback menarik untuk pembayaran menggunakan QRIS.

Biaya transaksi rendah. Biaya transaksi QRIS umumnya lebih rendah dibandingkan dengan biaya transaksi menggunakan kartu kredit atau debit.

Membantu mengelola keuangan. Dengan menggunakan QRIS, pelanggan dapat melacak pengeluaran mereka dengan lebih mudah melalui aplikasi pembayaran digital.

Tidak Mengumpulkan Struk

Menggunakan QRIS tidak perlu mengumpulkan berbagai kertas struk pembayaran yang bisa menebalkan dompet Anda saja. Anda bisa melihat transaksi hanya dari mutasi pembayaran yang pernah Anda lakukan saja, sehingga Anda tidak perlu mengumpulkan struk di dompet.

  1. Mendukung Gerakan Nasional Non-Tunai:

Dengan menggunakan QRIS, pelanggan turut mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Gerakan Nasional Non-Tunai.

Manfaat QRIS bagi Pebisnis

 1. Praktis dan Mudah Digunakan

Satu kode QR untuk semua pembayaran, pengusaha hanya perlu memiliki satu kode QR yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran dari berbagai platform pembayaran digital, seperti GoPay, Ovo, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan lain sebagainya.

Penggunaan QRIS pun membuat proses transaksi cepat dan mudah. Transaksi pembayaran menggunakan QRIS jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan menggunakan mesin EDC biasa. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional bisnis dan mengurangi waktu tunggu antrian pelanggan.

Transaksi QRIS secara otomatis tercatat di aplikasi penyedia layanan QRIS, sehingga memudahkan pengusaha untuk melacak penjualan, mengelola keuangan, dan menyusun laporan keuangan.

Mempermudah pengelolaan keuangan, Penggunaan QRIS dapat membantu pengusaha dalam mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik, karena semua transaksi tercatat secara elektronik dan mudah diakses.

2. Hemat dan Menguntungkan

Tidak perlu takut akan biaya penyewaan mesin EDC QRIS yang mahal, umumnya lebih murah dibandingkan dengan mesin EDC biasa.

Penggunaan QRIS pun mampu meningkatkan penjualan. Penggunaan QRIS dapat membantu meningkatkan penjualan dengan menjangkau lebih banyak pelanggan yang menggunakan pembayaran digital. Hal ini karena QRIS dapat digunakan oleh pelanggan dari berbagai platform pembayaran digital.

Dengan menggunakan QRIS, pengusaha dapat menghemat biaya operasional dan meningkatkan profit bisnis.

Penggunaan QRIS menunjukkan bahwa bisnis Anda modern, mengikuti perkembangan zaman, dan mengikuti program pemerintah, sehingga dapat meningkatkan citra bisnis di mata pelanggan.

3. Aman dan Terjamin

Transaksi QRIS menggunakan teknologi yang aman dan terjamin, sehingga meminimalisir risiko penipuan dan memaksimalkan keamanan transaksi. Data transaksi pelanggan dilindungi dengan baik oleh penyedia layanan pembayaran digital.

Dengan menggunakan QRIS, pengusaha dapat meminimalisir risiko uang tunai hilang, dicuri, atau dipalsukan.

Baca Juga: Mengelola Payment Terms untuk Mempercepat Pembayaran Invoice

4. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Menjangkau pelanggan yang tidak membawa uang tunai, yang jumlahnya terus bertambah hingga hari ini. Dengan menerima QRIS, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang tidak membawa uang tunai. Hal ini penting di era digital saat ini, di mana banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan pembayaran digital.

Dengan menerima QRIS, Anda dapat meningkatkan basis pelanggan dengan menjangkau pelanggan baru yang menggunakan pembayaran digital.

Kesimpulan

Keberadaan QRIS untuk bisnis bisa menjadi salah satu manfaat bagi pebisnis dan pelanggan. Kemudahan metode pembayaran, membuat QRIS menjadi pilihan pembayaran cashless yang cukup disenangi oleh masyarakat. Pengusaha perlu menyediakan layanan ini untuk memberikan banyak pilihan pembayaran kepada pelanggan.

Penggunaan QRIS sebagai Metode pembayaran di Outlet Anda pun perlu didukung dengan penggunaan aplikasi kasir mumpuni dengan fitur penerimaan pembayaran non tunai yang bisa melakukan sinkronisasi data dengan tepat. Anda bisa menggunakan aplikasi Kasir Accurate POS.

Accurate POS mampu membantu Anda dalam pencatatan transaksi hingga mengelolanya menjadi sebuah laporan keuangan dengan lebih cepat. Dapatkan Accurate POS sekarang hanya di Abcsemanggi.com.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Format Quotation dan Cara Mudah Membuatnya: Panduan Lengkap untuk Penggunaan Kutipan dalam Tulisan Anda

Faqih Jafar

4 Cara Mencari Marketing Channel untuk Launching Produk Baru

Agung

Mempelajari Pentingnya Akuntansi untuk Bisnis Pertanian Anda

Miftah