29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
Akuntansi

Total Return: Pengertian, Manfaat dan Contoh Kasus

Total return adalah metrik untuk mengukur produksi investasi. Total return atau pengembalian total tidak hanya mengukur keuntungan modal dari investasi tetapi juga keuntungan finansial tambahan.

Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh tentang kinerja investasi Anda dan peluang investasi potensial.

Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu pengembalian total return dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan keuntungan Anda dalam berbisnis atau berinvestasi.

Apa itu Total Return?

Total return atau pengembalian total investasi adalah perhitungan penuh dari setiap perubahan nilai selama waktu tertentu, paling sering satu tahun. Ukuran tersebut terdiri dari dua sumber utama perubahan pendapatan: apresiasi modal dan hasil. Dengan menggabungkan keduanya, lalu membaginya dengan nilai awalnya dan mengalikannya dengan 100, Anda mendapatkan persentase pengembalian total untuk periode yang Anda ukur.

Mengapa Menghiting Total Return itu Penting?

Total Return adalah metrik penting saat menilai investasi, karena tidak semua peluang akan memperoleh persentase yang sama dari nilainya dari keuntungan modal atau dari hasil. Pengembalian total mengatasi ketidaksetaraan ini dengan menemukan keuntungan keseluruhan dari setiap peluang di semua aspek.

Hal ini memudahkan untuk membandingkan peluang investasi atau kinerja investasi saat ini terlepas dari struktur keuntungan dan kerugian finansialnya. Jika Anda hanya melihat perubahan nilai pasar yang diwakili oleh apresiasi modal, Anda mungkin kehilangan beberapa peluang terbaik.

Apa itu Apresiasi Modal?

Apresiasi modal adalah ukuran paling dasar dari nilai dan pertumbuhan investasi keuangan. Terlepas dari apakah investasi Anda adalah saham atau barang berharga atau properti, apresiasi modal atau depresiasi terjadi ketika nilainya berubah dari nilai pembelian Anda atau nilai pada awal periode penilaian.

Saat mengukur apresiasi modal, Anda dapat menilai berdasarkan persentase atau keuntungan bersih. Jika Anda mengukur keuntungan bersih pada item yang Anda miliki kelipatannya, seperti nilai saham yang berkembang di perusahaan, penting untuk diingat untuk mengalikan peningkatan dengan kuantitas yang Anda miliki.

Apa itu Hasil (Yield)?

Meskipun tidak sejelas apresiasi modal, yield atau hasil investasi sama pentingnya ketika menentukan total return pada investasi. Hasil investasi Anda dapat datang dalam berbagai bentuk, termasuk:

  • Bunga yang masih harus dibayar: Jika investasi Anda menghasilkan bunga yang dibayarkan kepada Anda sebagai nilai tunai, pendapatan ini dianggap sebagai bagian dari hasil investasi.
  • Dividen tunai: Ketika sebuah perusahaan mencapai kesuksesan finansial, satu opsi yang tersedia adalah mengubah sebagian dari nilai itu menjadi dividen tunai bagi investor. Ini menempatkan uang tunai ke dalam rekening investor tersebut tetapi juga menghasilkan penurunan nilai atau harga saham perusahaan yang diukur. Ini menunjukkan pentingnya pengembalian total, karena penurunan nilai perusahaan ini akan secara tidak benar mengurangi nilainya bagi investor. Dengan membatalkan kerugian modal dengan perolehan hasil, Anda mendapatkan representasi investasi yang lebih baik.
  • Dividen saham: Pilihan lain bagi perusahaan adalah memberikan dividen saham kepada investornya. Ketika ini terjadi, jumlah saham perusahaan meningkat, dengan tambahan saham dibagikan kepada investor berdasarkan persentase kepemilikan mereka sebelumnya.
    Jika Anda memiliki 40 dari 200 saham di sebuah perusahaan dan memberikan dividen saham 10%, misalnya, Anda akan memiliki 44 dari 220 saham.
    Seperti dividen tunai, sementara jumlah saham naik, nilai masing-masing turun untuk mempertahankan penilaian yang sama, sehingga memerlukan total return untuk refleksi akurat dari nilai tambah.

Beberapa investasi mungkin dipengaruhi oleh lebih dari satu faktor di atas. Untuk menemukan hasil investasi, jumlahkan semua faktor untuk menemukan total perubahan nilai sebagai akibat dari hasil.

Cara Menggunakan Total Return Tahunan Rata-rata

Total return investasi memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap tentang peluang investasi Anda. Menetapkan nilai dengan benar untuk investasi yang telah menghasilkan nilai yang tidak sepenuhnya terwakili dalam posisi pertumbuhan modal tahunan Anda untuk membuat keputusan yang lebih tepat.

Semakin banyak informasi yang Anda miliki dan pahami saat berinvestasi, semakin baik Anda mendapatkan hasil positif dengan portofolio Anda.

Manfaat lain dari total return dalam sebuah investasi adalah kemampuan untuk mendiversifikasi pilihan Anda. Melakukan analisis pengembalian total pada peluang mengharuskan Anda untuk mengukur semua sumber pembangkitan nilai dari semua opsi yang dipertimbangkan.

Ini memberi Anda kesempatan untuk mencari campuran investasi yang menggabungkan kedua opsi dengan apresiasi modal yang kuat dan lainnya dengan hasil yang kuat. Hal ini memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam profil Anda jika Anda merasa perlu untuk mengatur ulang atau melakukan penjualan untuk memperoleh uang tunai.

Memahami total return dalam investasi  juga berguna saat mempertimbangkan tawaran dari calon pemberi kerja. Jika Anda membandingkan dua atau lebih penawaran dan setidaknya satu di antaranya menyertakan paket tunjangan, Anda perlu mengetahui cara memasukkan tunjangan ke dalam perbandingan pekerjaan Anda.

Analisis pengembalian total berguna dalam situasi ini karena memungkinkan Anda untuk membandingkan manfaat finansial yang ditawarkan dan menilai cara mereka diharapkan tumbuh untuk mendapatkan estimasi kinerja keuangan masing-masing.

Contoh Kasus Menghitung Total Return Tahunan

Untuk lebih memahami bagaimana total return dihitung dan bagaimana perbedaannya dari keuntungan modal, pertimbangkan contoh dua investor yang masing-masing menginvestasikan 1.000.000 untuk membeli satu saham dan mempertahankan saham tersebut selama satu tahun.

Investor pertama membeli 100 saham perusahaan yang diperdagangkan seharga 10.000 per saham. Saham tidak memberikan dividen, tetapi investor mendapatkan 50.000 dalam pembayaran bunga.

Nilai sahamnya juga naik menjadi  11.500 per saham. Pada akhir tahun, investor sekarang memiliki 100 saham dengan harga 11.500 per saham, dengan nilai 1.150.000 dan keuntungan modal 50.000.

Mereka juga mengumpulkan 50.000 dalam hasil sebagai hasil dari bunga. Ini membuat total return untuk tahun itu 200.000 atas investasi awal untuk pengembalian total investasi 20%.

Investor kedua memasukkan uang mereka ke dalam perusahaan yang diperdagangkan dengan harga 8.000 per saham dengan total 125 saham. Selain juga mengumpulkan 50.000 dalam pembayaran bunga, keuntungan investor dari divestasi akuntansi untuk tambahan 10 saham.

Pada akhir tahun, harga saham telah naik 1.000 menjadi 9.000 per lembar. Investor sekarang memiliki 135 saham senilai 9.000 per saham di samping bunga yang dibayarkan dengan nilai total 1.265.000 Investasi mereka tumbuh sebesar 26,4% sepanjang tahun.

Contoh ini menunjukkan pentingnya menggunakan total return ketika menilai peluang investasi. Jika kedua portofolio diukur pada keuntungan modal saja, investor pertama akan tampak memiliki tahun yang lebih baik.

Mereka memperoleh 150.000 sebagai akibat dari peningkatan nilai pembelian saham awal mereka karena masing-masing dari 100 saham bernilai tambahan 1500. Investor kedua, sebagai perbandingan, memperoleh 1000 pada masing-masing dari 125 saham mereka dengan keuntungan 125.000.

Namun, ketika Anda memperhitungkan hasil, menjadi jelas bahwa investor kedua memiliki tahun yang lebih baik. Meskipun kedua belah pihak diuntungkan dari bunga, nilai saham tambahan investor kedua yang diperoleh melalui divestasi menghasilkan tambahan nilai tambah 90.000 ke portofolio mereka.

Dengan menggunakan penghitungan total return untuk memperhitungkan semua keuntungan yang diperoleh investor, kami menemukan bahwa opsi kedua adalah peluang investasi yang lebih baik.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai total return dalam sebuah investasi, jika Anda pemilik bisnis penting mengetahui hal ini untuk memastikan bahwa bisnis Anda telah memilih instrumen investasi yang tepat.

Pastikan Anda mencatat seluruh biayadan pendapatan investasi yang terhadi pada bisnis dalam proses pembukuan yang detail sehingga memudahkan Anda dalam melakukan pemantauan kesehatan finansial dalam bisnis.

Sebisa mungkin, hindari proses pembukuan manual yang memakan waktu dan berisiko pada kesalahan pencatatan yang akan mengakibatkan kerugian pada bisnis. Solusinya adalah dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terbaik dan bisa digunakan kapanpun dan dimanapun Anda mau seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan telah meraih Top Brand Award pada kategori software akuntansi terbaik sampai saat ini, menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi pilihan para pebisnis di Indonesia

Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini

Informasi lebih lanjut mengenai Accurate Online, Anda dapat hubungi kami melalui Whatsapp dengan klik gambar di bawah ini.

Related posts

Proses Pabrikasi Lebih Efisien dengan Add On Manufaktur Accurate Online

Eri Katsir

Handry

Persetujuan Transaksi Lebih Mudah Dengan Accurate Online

Eri Katsir