28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

3 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Jika Ingin Jadi Freelancer di Tengah Pandemi

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia telah membuat perekonomian negeri ini di ambang resesi. Selain itu jutaan orang pun kehilangan pendapatan tetapnya karena terkena gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) dan kebijakan dirumahkan oleh perusahaan. Mereka yang telah di PHK dan kehilangan pekerjaan di tengah pandemi tentunya menjadi sulit mencari pekerjaan baru karena para pengusaha pun juga sedang mengetatkan ikat pinggangnya di tengah Pandemi COVID-19 ini.

Baca Juga: Kamu di PHK? Pastikan Perusahaan Memenuhi Seluruh Hak Kamu ya!

Namun, bagi Anda yang terkena PHK saat ini tak perlu bersedih berlama-lama akan selalu ada peluang dibalik kesulitan yang Anda hadapi. Mencari kerja sampingan seperti menjadi freelancer bisa jadi salah satu solusi supaya Anda tetap memiliki penghasilan di Tengah Pandemi lho…

Seperti yang dikutip dari Kontan.id, sebuah penelitian tahun 2019 mengungkap bahwa dari 170 juta angkatan kerja tahun 2019, 30% di antaranya adalah freelancer. Jumlah itu kemungkinan meningkat tajam di masa pandemi Covid-19, mengingat banyaknya orang yang terkena pemutusan hubungan kerja.Secara tidak langsung, hal ini pun menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin menjadi freelancer atau pekerja lepas. 

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan Selama WFH

Selain itu dari hasil Survei yang dilakukan startup crowdsourcing, PT Sribu Digital Kreatif yang diikuti dari Katadata.co.id, Bekerja sebagai freelancer juga dipandang cukup menjanjikan secara penghasilan. Dari hasil survei, 20% responden mengaku dalam sebulan menghasilkan lebih dari Rp 3,5 juta. Sribu mencatat, ada tiga pekerjaan terbanyak yang dikerjakan freelancer saat ini. Sebanyak 62,7% responden bekerja di bidang desain, 27,2% bekerja di copywriting, dan 41,5% di pemasaran online.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk menjadi freelancer ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar berjalan lancar dan untung di Tengah Pandemi

Asah keahlian dan Bangun Relasi

Jangan berpuas diri, di tengah Pandemi Covid-19 Anda punya banyak waktu untuk mengasah keahlian Anda. Asah terus keahlian yang Anda miliki agar hasil kerja sampingan yang dijalankan bisa memuaskan dan terus mengalami peningkatan. Jika keahlian Anda meningkat bisa jadi Anda  mendapatkan peluang pekerjaan lebih banyak.

Selain itu bangunlah relasi dengan sesama pekerja freelancer lain terlebih dengan para freelancer senior, akan ada banyak ide dan peluang kerja yang bisa Anda dapatkan  berawal dari diskusi sederhana dari komunitas freelancer lho..

 Mengetahui Cara Mengatur keuangan dengan baik

Hal yang terakhir yang harus Anda perhatikan untuk menjadi freelancer adalah manajemen keuangan yang baik. Tak seperti karyawan tetap yang mendapatkan gaji tetap, Sebagai freelancer Anda tidak akan lagi mendapatkan itu semua. Oleh karena itu Anda perlu memiliki kemampuan mengelola keuangan yang baik. Terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang ini karena Anda akan menghadapi tekanan finansial yang lebih berat dari biasanya.

 Mulai Pilih Job sesuai Passion Anda

Ada banyak bidang yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai lahan penghasilan Anda sebagai freelancer. Tapi agar pekerjaan yang Anda lakukan maksimal dan hasilnya memuaskan mulailah memilih bidang yang Anda senangi atau sesuai dengan passion Anda. Misalnya jika Anda suka menulis jadilah penulis lepas atau Jika Anda memiliki passion komunikasi yang baik dalam memasarkan produk Anda bisa bergabung menjadi Accurate Digital Partner.

Accurate Digital Partner adalah mitra penjualan resmi dari produk-produk yang dipasarkan oleh https://abcsemanggi.com seperti Accurate Online, Accurate Lite dan Rene POS yang bertujuan untuk membantu UKM dan seluruh pelaku bisnis di Indonesia.

Sudah ada lebih dari 6000 orang yang tergabung menjadi Accurate Digital Partner dengan penghasilan minimal Rp 300.000,- setiap bulannya lho… Jika Anda bisa memasarkan lebih luas dan menghasilkan penjualan yang lebih banyak lagi, Anda akan mendapatkan hasil yang banyak juga. Masih ada jutaan bonus yang bisa Anda dapatkan sebagai Accurate Digital Partner. Ingin Segera bergabung? Cari tahu caranya di

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Hari Terakhir! Diskon 1.3 Juta Accurate Accounting Software

ademuthia

Kenapa sih Kita Harus Bayar Pajak?

ademuthia

Sambut Cuan di 2021 dengan Accurate Digital Partner

admin

Leave a Comment