fbpx

3 Peran Penting UMKM Bagi Ekonomi Indonesia. Nomor 1 Keren Abis!

Peran UMKM Bagi Ekonomi IndonesiaPertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia setiap tahunnya semakin melejit. Saat ini saja, Indonesia memiliki sekitar 60 juta UKM. Angka tersebut cukup fantastis, dan dapat menopang perekonomian Indonesia. Karena, peran penting UMKM bagi ekonomi cukup besar.

Pemerintah pun memandang UMKM sebagai hal yang tak boleh luput dan selalu melakukan pebimbingan. Apa lagi UMKM di Indonesia telah memberikan sumbangan 57 % terhadap PDB (produk domestik bruto). Terlebih saat masa krisis ekonomi di tahun 1997-1998, terbukti bahwa UMKM bisa bertahan meskipun pada saat itu industri besar lesu bahkan mati.

Itu hanyalah sekian peran penting UMKM bagi ekonomi negara ini. Jika kita menelisik lebih jauh, UMKM memiliki peran yang lebih penting daripada kedua hal tersebut. Apa lagi sekarang, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendirikan UMKM. Karena memiliki banyak keuntungan.

Peran Penting UMKM bagi Ekonomi

Tentunya Anda penasaran apa peran penting dari UMKM di Indonesia yang memiliki peran sangat penting bagi kelangsungan ekonomi bangsa ini. Daripada penasaran, berikut peran penting UMKM yang harus Anda ketahui.

Sebagai Penyumbang Devisa Negara dan PDB

UMKM disebut telah menyumbang PDB sebesar 61 %. Dimana sekitar 98,4 % disumbang oleh UMKM yang memiliki omzet Rp 50-300 juta per tahun. Angka ini akan terus digenjot oleh pemerintah Indonesia agar bisa terus tumbuh lebih besar lagi. Kementerian Koperasi dan UMKM Indonesia juga ingin menargetkan UMKM di Indonesia bisa meningkatkan produktivitasnya rata-rata sebesar 5-7 persen per tahun.

UMKM juga memberikan masukan yang cukup besar bagi devisa negara ini. Bayangkan saja, pada tahun 2017 devisa yang disumbangkan dari UMKM ke negara mencapai angka Rp 88, 45 miliar. Angka ini disebut mengalami peningkatan hingga delapan kali lipat dibandingkan dengan tahun 2016.

Membuka Lapangan Kerja yang Cukup Luas

Peran penting UMKM bagi ekonomi Indonesia selanjutnya adalah mengentaskan kemiskinan. Yah bagaimana tidak, UMKM telah memberikan peluang yang besar bagi masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau tidak memiliki pekerjaan sama sekali menjadi memiliki pekerjaan.

Apa lagi sektor UMKM cukup besar berada di daerah-daerah, bukan hanya di kota-kota besar. Hal itu terbukti dari data yang diberikan oleh Kemenkop pada tahun 2011 yang menyebutkan UMKM di Indonesia memiliki peran menyerap tenaga kerja mencapai 101,7 juta orang dari 55,2 juta UMKM. Tentunya angka tersebut semakin bertambah, karena jumlah UMKM di Indonesia saat ini sekitar 60 juta.

Tempat Meningkatkan Perekonomian Rakyat Kecil

Seperti yang sekilas dijelaskan, bahwa UMKM tidak hanya berada di kota-kota besar, melainkan menyebar diseluruh tempat. Baik di kota besar, kota menengah, dan juga kota-kota kecil bahkan hingga tingkat desa pun memiliki UMKM.

Keberadaan UMKM di desa bisa menghilangkan kesenjangan antara masyarakat miskin dan kaya. Peran penting UMKM bagi ekonomi di desa dapat menghindari masyarakat sekitar yang ingin mencari kerja di kota.

Ketiga peran penting UMKM bagi ekonomi tersebut harus dijaga, dan pemerintah harus memberikan ruang gerak yang lebih luas lagi bagi UMKM, serta memberikan pelatihan-pelatihan bagi para pengusaha UMKM agar mereka bisa menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan bermutu. Semoga UMKM Indonesia semakin maju dan sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *