28.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

Jangan Anggap Sepele! 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Sumber Keborosan

Melakukan kegiatan yang kebanyakan dianggap sepele bahkan cenderung diabaikan oleh beberapa orang ternyata malah menjadi sumber keborosan. Percaya atau tidak, kegiatan tersebut nantinya akan memberikan dampak bagi keuangan dan berimbas pada sikap boros.

Baca Juga: Sejahtera di Masa Tua, Yuk Terapkan 5 Cara Hidup Hemat Ini

Banyak orang yang pasti merasa bingung dengan kondisi finansialnya, “Kok, tiba-tiba uang sudah habis aja?” Nah, pertanyaan seperti itu pasti seringkali terpikirkan dibenakmu, padahal kamu sudah mengatur pengeluaran sedemikian rupa, tapi masih saja tetap boros. Pada akhirnya, kamu akan menganggap itu sebuah misteri apa saja sumber pengeluaran yang bisa mengorek habis keuanganmu.

Apa kamu pernah mengalaminya? Kamu perlu sadari bahwa kebiasaan-kebiasaan sepele yang dianggap bukan suatu hal yang memberikan pengaruh besar ke finansialmu, malah benar-benar menjadi sumber keborosan. Meskipun nominal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, tapi apa jadinya jika itu dilakukan secara terus-menerus?

Mulai sekarang, kamu perlu kenali kegiatan-kegiatan sepele apa saja yang menjadi sumber keborosan.

Yuk, simak ulasannya yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Transportasi online

Pengeluaran untuk ongkos transportasi online bisa menjadi sumber keborosan jika dilakukan secara terus menerus. Bisa-bisa gajimu habis hanya untuk naik transportasi online.

Maka sebaiknya, jika rumah/kosan cukup jauh dari kantor, kamu bisa lebih memilih menggunakan transportasi pribadi atau memanfaatkan transportasi umum yang ada.

Konsumsi makanan cepat saji

Ini patut kamu waspadai. Kenapa? Buat kamu yang hobi ngemil atau sering mengkonsumsi makanan cepat saji, jelas akan membuat pengeluaran menjadi lebih besar. Kamu akan mudah tergoda karena harganya jauh lebih murah. Tapi, makanan yang dimasak sendiri jauh lebih baik dibandingkan makanan restoran. Sebab, jika terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji juga tidak baik lho untuk kesehatan.

Ya… gimana pengeluaran tidak akan membengkak kalau kamu saja tidak bisa mengatur uang khusus untuk hal ini.

Kamu boleh kok mengonsumsi makanan cepat saji, asalkan bisa mengimbanginya dengan kondisi keuanganmu. Sedikit demi sedikit, cobalah untuk bisa menjalani hidup yang lebih sehat. Walaupun mahal, tapi kebiasaan ini uga bentuk investasi untuk kesehatan.

Sering mengunjungi kedai kopi

Tak dapat dipungkiri kalau menjamurnya kedai kopi di Indonesia memberikan dampak luar biasa bagi para pekerja dan mahasiswa. Kedai kopi seperti menjadi tempat favorit untuk dijadikan lokasi bekerja, mengerjakan tugas, atau hanya sekadar rehat dari aktivitas.

Baca Juga: 3 Bisnis Sampingan yang Bikin Kamu Cepat Kaya di 2020!

Tidak salah jika kamu lakukan sesekali, tapi hindari untuk menjadi kebiasaan. Jika kamu rutin untuk mengunjungi kedai kopi, ini sama saja dengan rutin untuk merogoh kocek. Alhasil, pengeluaran akan membengkak.

Daripada harus mengunjungi kedai kopi terus-menerus, lebih baik untuk membuat sendiri kopi di rumah atau mengonsumsi air putih yang jauh lebih baik bagi kesehatan.

Sering isi saldo digital

Siapa nih yang sering menggunakan e-wallet untuk berbelanja atau memenuhi kebutuhan jajan? Memang sih, biaya administrasi dari setiap pengisian saldo kecil, tapi kalau terlalu sering jumlahnya bisa capai puluhan ribu loh.

Kebiasaan ini pula yang dapat mendorong kamu untuk bersikap konsumtif. Meskipun ada berbagai cashback yang menggiurkan, tapi kalau kamu lihat kenyataannya justru membuat pengeluaran semakin besar. Ada baiknya, tetapkan budget khusus untuk pemakaian uang elektronik per bulannya, daripada harus bolak-balik mengisi saldo.

Selalu menunda bayar tagihan

Jangan anggap sepele hal ini, ya. Meskipun berat mengeluarkan uang per bulan untuk membayar tagihan, tapi kan kamu sendiri yang memilih untuk mencicil sesuatu.

Bahayanya, jika kamu sering menunda-nunda waktu untuk membayar tagihan dan berujung lupa, maka denda pun akan menghampirimu. Walaupun denda yang ada tidak terlalu besar, tapi kalau dendanya ada banyak, gimana? Pengeluaran yang harus kamu keluarkan tentu akan semakin besar.

Baca Juga: 4 Langkah Mengelola Hutang Pinjaman Modal Usaha

Makanya, jangan menunda-nunda untuk membayar tagihan. Jika sudah waktunya dan telah menyisihkan uang untuk membayar tagihan, segeralah dibayar. Saran lainnya, coba gunakan sistem autodebet agar semua tagihan dapat dibayar tepat waktu tanpa menunda-nunda.

Tapi guys, kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa kamu minimalisir jika pandai dalam mengatur keuangan. Dibandingkan terus-terusan melakukan kebiasaan yang bikin boros, mendingan kamu mulai cari penghasilan tambahan agar kamu bisa menghasilkan lebih banyak lagi. 

Accurate Online memberikan kesempatan pada kita semua untuk menghasilkan pendapatan tambahan dengan menjadi Accurate Digital Partner. Kamu bisa mendapatkan hingga Rp 400.000,- setiap harinya. Penasaran gimana caranya? Klik gambar di bawah.

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Promo Hoki Tinggal 1 Hari Lagi! – Promo Accurate Online

ademuthia

jadi Pengangguran Karena Corona? Jangan Sedih, Ada 3 Lowongan Pekerjaan Khusus untuk Kamu

ademuthia

5 Tips Jitu Mulai Usaha Bunga Potong di Tengah Pandemi Corona | Peluang Usaha Bunga Potong

ademuthia

Leave a Comment