fbpx

Sekarang Musim Online, Pengusaha UMKM Gak Boleh Gaptek!

Kenapa pengusaha UMKM gak Boleh Gaptek. Foto: entrepreneur.com

Perkembangan dunia online memang sulit dibendung. Terlebih, bisnis online. Pemain-pemain bisnis baru pun bermunculan berkat tumbuhnya bisnis online. Lalu bagaimana nasib para pelaku bisnis offline dalam menghadapi gempuran online yang sulit dibendung? Tentunya para pemilik bisnis offline yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM harus ikut memulai bisnis online. Beberapa alasan ini mengapa pengusaha UMKM Gak boleh Gaptek.

Sekarang, teknologi harus dikuasai. Jika Anda tidak menguasai teknologi, maka bersiaplah bisnis Anda harus menerima kenyataannya yang tak pernah Anda bayangkan. Jangankan bisnis yang masih skala kecil atau menengah seperti UMKM, bisnis besar pun bisa hancur. Maka mengharuskan pengusaha UMKM gak boleh gaptek.

Retail besar yang tidak mengikuti perkembangan teknologi pun harus goyah ditelan zaman. Hal itu terbukti dari beberapa retail raksasa di Indonesia yang harus menutup beberapa store offlinenya karena biaya operasional yang terus membengkan, tetapi pemasukan tidak pernah tumbuh seimbang dengan biaya operasional.

Banyak pertanyaan yang sering muncul dari pemilik UMKM. “Bagaimana saya sebagai seorang pemilik UMKM bisa belajar digital. Padahal umur saya sudah tua?” Tentunya hal ini jangan dijadikan alasan, Anda tetap bisa belajar mengenai bisnis online dari berbagai sumber yang ada.

Apa yang harus dilakukan agar pemilik UMKM tidak Gaptek?

Mulai Beradaptasi

Salah satu cara yang paling ampuh dan cepat untuk Anda lakukan dalam menghadapi era digital adalah mulai beradaptasi secepat mungkin. Karena jika Anda tidak memiliki kecepatan dalam beradaptasi, siap-siap bisnis yang Anda miliki tidak akan berkembang dan akan tergerus oleh pesatnya teknologi.

Mencari Partner

Tidak ada salahnya Anda mulai mencari partner yang memiliki kemampuan di bidang digital. Partner ini akan menjadi tim yang mengelola bisnis Anda untuk Go Digital. Bersama dengan partner, perkembangan usaha Anda aka lebih cepat dan bisa terus berkembang. Partner yang Anda cari harus yang tak pelit berbagi ilmu, Sehingga Anda juga memiliki motivasi yang mengharuskan pengusaha UMKM gak boleh Gaptek.

Dengan memiliki partner, maka hal ini akan lebih baik dan bisnis Anda bisa segera lebih cepat untuk masuk ke ranah digital. Karena jika Anda harus belajar dari awal, itu akan memperlama proses usaha Anda masuk ke ranah digital.

Mengikuti Berbagai Pelatihan

Tak ada salahnya Anda ikut berpartisipasi dalam berbagai pelatihan mengenai bisnis online. Karena dengan pelatihan-pelatihan, Anda bisa mendapatkan ilmu baru yang bisa diterapkan pada usaha Anda. Pelatihan bisa membuka wawasan baru Anda, dan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan partner bisnis baru. Karena ketika Anda mengikuti pelatihan, Anda akan membangun networking dengan pengusaha-pengusaha lain.

Setelah Anda melakukan tiga hal di atas, maka Anda harus segera membangun pasar online untuk bisnis Anda. Ada beberapa hal yang mengaharuskan pengusaha UMKM gak boleh gaptek. Berikut beberapa tindakan yang harus segera Anda mulai agar bisnis Anda terlihat sudah mengikuti zaman.

Membangun Website

Agar bisnis Anda tidak terlihat ketinggalan zaman, Anda harus mulai membangun website untuk bisnis Anda. Karena dengan membangun website, hal itu menjadi salah satu cara membangun personal branding yang ada pada usaha Anda.

Gimana caranya? Mudah, Anda mulailah untuk memakai beberapa situs gratisan untuk membangun brand Anda melalui website. Dengan situs tersebut, Anda bisa mengisi dan mengenalkan apa yang sebenarnya Anda jual. Jika website Anda telah selesai, maka informasikanlah kepada pelanggan setia Anda.

Mulai Bermain Dengan Sosial Media

Zaman now pasti Anda sudah memiliki sosial media. Baik itu facebook, instagram, twitter atau sosial media lainnya. Tidak ada salahnya Anda memulai membuat akun khusus bagi produk atau jasa yang Anda jual. Bermain sosial media adalah salah satu cara yang menunjukan pengusaha UMKM gak boleh gaptek.

Dengan sosial media, Anda juga bisa menjangkau pelanggan-pelanggan yang ada di luar kota, luar provinsi, bahkan luar negeri. Jika Anda memiliki modal sedikit, tak ada salahnya Anda memasang iklan facebook untuk menjangkau konsumen yang Anda sasar. Tentunya ini adalah alasan mengharuskan pengusaha UMKM gak boleh gaptek.

Menjual Melalui Marketplace

Saat ini terdapat beberapa situs jual beli online, situs-situs tersebut dikenal dengan istilah Marketplace. Tak ada salahnya Anda menjual produk-produk Anda di Marketplace. Dengan begitu Anda sudah terlihat untuk tidak gaptek dalam menghadapi serbuan dunia digital.

Menjual melalui Marketplace adalah alasan yang mengharuskan pengusaha UMKM gak boleh gaptek. Dengan berjualan melalui Marketplace, Anda bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar dan lebih luas dari sebelumnya. Bukankah itu menarik?

Itulah hal-hal yang mengharuskan pengusaha UMKM gak boleh gaptek. Jika saat ini Anda masih gaptek, maka bersiaplah untuk tidak mendapatkan pangsa pasar yang luas dan berasal dari berbagai penjuru.

Jika Anda membutuhkan software akuntansi bagi pembukuan usaha Anda, Anda bisa menggunakan Accurate software. Accurate software sudah menjadi pilihan berbagai pemilik UMKM di Indonesia yang membutuhkan pembukuan yang rapih. Accurate pun sudah memiliki versi online, jadi Anda bisa mengatur pembukuan usaha secara online sambil berjualan online. Bukankah itu menarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *