31.9 C
Jakarta
May 22, 2024
Official Store Software Akuntansi Accurate
accurate news

7 Ide Bisnis Kerajinan Untuk Kamu Yang Punya Bakat Seni!

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang, apalagi untuk kamu yang punya jiwa kreatif. Beberapa ide bisnis kerajinan di bawah ini tidak memerlukan modal finansial yang besar. Modal utamanya justru berasal dari kreatifitas kamu sendiri. 

Baca Juga: Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Penghasilan Menggiurkan

Menjalankan bisnis dari hal-hal yang kita sukai memang akan terasa sangat menyenangkan dan tidak menjadi beban. Selain menghasilkan uang, kamu juga dapat menyalurkan kreatifitas kamu menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomis. 

Kehadiran media sosial seperti Instagram, semakin membantu kamu untuk menemukan pecinta barang-barang kerajinan. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi soal pemasaran. Nah, apa saja sih ide bisnis kerajinan yang bisa kamu pertimbangkan? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini.  

Kerajinan Keramik

Keramik merupakan salah satu kerajinan tangan yang bernilai tinggi karena proses pembuatannya yang tidak mudah. Bahan bakunya berupa tanah liat yang proses pembuatannya mulai dari cetak, pembakaran dan finishing dilakukan dengan tangan (handmade). 

Kerajinan keramik menjadi salah satu komoditas ekspor yang diminati oleh pasar internasional seperti negara-negara di Timur Tengah. Tidak heran bila kerajinan keramik bisa dijual dengan harga yang sangat mahal, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. 

Jasa Hand lettering

Hand lettering merupakan seni dalam membuat tulisan indah. Media yang dipakai untuk membuat hand lettering ini bisa berupa kanvas atau kertas biasa. Agar lebih cantik, hand lettering juga kerap dihiasi dengan bingkai. 

Kamu dapat menemukan seni hand lettering ini di dinding-dinding cafe atau restoran. Selain untuk hiasan, hand lettering juga banyak disukai sebagai salah satu pilihan kado untuk pernikahan atau ulang tahun. Hand lettering ini merupakan ide bisnis bermodal kecil yang patut kamu pertimbangkan. 

Kain Flanel

Kain flanel dengan aneka warnanya yang lucu bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, loh. Kerajinan kain flanel memang memiliki penggemar tersendiri dan beberapa di antaranya membentuk komunitas. 

Kain flanel dapat dibuat menjadi beragam bentuk baik untuk sekadar aksesoris maupun dengan fungsi tertentu. Beberapa benda yang dapat dibuat dengan flanel antara lain, boneka, tas, sepatu bayi, penutup tisu, sampul buku, bros dan masih banyak lainnya. 

Di platform marketplace, boneka dari kain flanel ini dapat dijual dari harga Rp50.000 sampai Rp300.000. Menarik bukan? 

Kerajinan Dari Bahan Bekas

Jika berada di tangan yang tepat, barang-barang bekas bisa dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Koran dan majalah bekas misalnya, bisa dikreasikan lagi menjadi benda-benda seperti wadah tisu, vas bunga, sampai jam dinding. 

Kertas-kertas yang tidak terpakai itu dilebur dengan air sehingga menjadi bubur kertas. Kemudian, bubur kertas dipadatkan kembali sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Ketimbang dijual sebagai barang loak, lebih baik dibuat kerajinan, bukan?

Kerajinan Kayu Triplek MDF

Kayu triplek MDF umumnya dipakai untuk bahan baku furniture seperti meja dan lemari. Jenis kayu ini punya tekstur yang lebih rata dan halus karena dibuat dari serbuk kayu yang dipadatkan. Menariknya, kayu ini juga dapat dipakai untuk kerajinan dengan beragam bentuk. 

Beberapa kerajinan yang dapat dibuat dari kayu MDF seperti hiasan dinding, hiasan lampu, gantungan dan masih banyak lainnya. Namun, untuk membuat kerajinan ini diperlukan mesin khusus agar hasilnya bagus. 

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa mencoba bisnis ini dengan menawarkan desainnya saja. Untuk produksinya, kamu bisa menyerahkan ke tukang kayu terdekat. 

Kerajinan Kain Perca

Kain perca merupakan kain yang berasal dari sisa pembuatan pakaian. Jumlah kain perca ini sangat banyak dan umumnya pihak konveksi atau tukang jahit hanya membuangnya saja sebagai limbah. Namun, di tangan orang kreatif, kain perca bisa menjadi barang baru yang bernilai seni. 

Kain perca dapat disusun kembali menjadi produk seperti bantal, selimut, sofa, gorden, boneka dan masih banyak lainnya. Karena berasal dari sisa kain, maka warna-warna dari kerajinan kain perca ini menjadi bervariasi dan saling menabrak. Tetapi, justru di situlah letak keunikan produk kain perca. 

Jasa Ilustrasi Wajah

Ilustrasi wajah dapat menjadi pilihan bisnis untuk kamu yang suka sekali menggambar. Saat ini, ilustrasi wajah lebih banyak dikerjakan secara digital menggunakan software Adobe Photoshop atau Illustrator. Namun, ilustrasi wajah yang dikerjakan secara manual di kertas juga masih diminati karena terkesan lebih eksklusif. 

Sebagai awalan, kamu dapat menawarkan jasa ilustrasi wajah ini ke teman atau kerabat terdekat terlebih dahulu. Karya ini kamu jadikan sebagai portofolio untuk ditawarkan ke orang lain melalui media sosial. Selain jasa ilustrasi wajah, kamu dapat meningkatkan skill yang dimiliki untuk membuat ilustrasi lain dan menjadi seorang freelancer illustrator profesional. 

Itulah beberapa ide bisnis kerajinan yang bisa kamu coba sendiri. Di tengah situasi ekonomi yang sedang sulit akibat pandemi COVID-19, ide bisnis kreatif tersebut mungkin akan membantu kamu menambah penghasilan. 

Bisnis kreatif seperti kerajinan keramik punya potensi besar untuk berkembang dan menjadi besar. Pada saat sudah seperti itu, kamu juga harus mulai menerapkan manajemen usaha yang baik agar terus bertahan. Salah satunya, menggunakan aplikasi Accurate Online untuk membantu proses administrasi keuangan bisnis kamu. Accurate Online yang sudah digunakan oleh ratusan ribu perusahaan ini dapat kamu akses secara GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Rasakan sensasi unik Emkay Blast Lite Liquid Vape hari ini! Pesan sekarang dan nikmati pengalaman vape yang tak terlupakan!

Related posts

Kamu Sudah Dapat Banpres UKM & UMKM Belum?

admin

Pemindahbukuan Pajak, Memangnya Bisa?

ademuthia

Hati-Hati, 5 Sebab Gagalnya Bisnis Reseller

admin

Leave a Comment