25.8 C
Jakarta
August 1, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Cobain deh, Tips Memaksimalkan Instagram Bisnis Berikut Ini

Meski belakangan ini ramai dengan Tik Tok, Instagram masih menjadi jejaring sosial yang powerfull untuk bisnis. Dengan jumlah pengguna yang masih terus bertambah setiap tahunnya, Instagram menjadi platform wajib bagi pelaku bisnis online untuk memasarkan atau sekadar mempromosikan produknya. 

Menurut data yang dirilis Hootsuite, jumlah pengguna Instagram di Indonesia pada tahun 2020 adalah 69,2 juta pengguna. Sementara dari segi demografi nya, jumlah pengguna Instagram didominasi oleh generasi millenial yang saat ini berusia 18 sampai 34 tahun. 

Selain jumlah pengguna yang semakin meningkat. Instagram juga punya keunggulan lain yakni tools penargetan dan data analitik yang lengkap. Ini karena, Instagram juga dimiliki oleh Facebook yang merupakan jejaring sosial terbesar di dunia. 

Bila kamu sudah mulai menggunakan instagram untuk bisnis, simak beberapa tips berikut untuk memaksimalkan agar meraih keuntungan maksimal

Gunakan Fitur Price Tag

Instagram merupakan platform visual yang di mana kualitas foto adalah hal yang utama. Mulai dengan membuat katalog online untuk produk kamu di Instagram dengan foto-foto yang menarik dan disusun dengan rapi. 

Setelahnya, kamu dapat menggunakan fitur tag price list yang bakal muncul saat pengguna mengetuk foto produk kamu. Beruntungnya, fitur ini sudah tersedia untuk regional Indonesia. 

Cara mengaktifkannya pun cukup mudah. Kamu tinggal menghubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook. Pada pengaturan halaman Facebook, klik Template dan Tab lalu edit menjadi Shop. Nah, tanpa memerlukan modal usaha yang besar, kamu sudah bisa membuat toko online profesional di Instagram. 

Maksimalkan Bio Instagram

Bio Instagram hanya memungkinkan kamu untuk menempatkan satu link website saja. Padahal, kamu mungkin membutuhkan lebih untuk menghubungkan pengguna ke akun media sosial lain, kontak Whatsapp, atau produk tertentu. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan tools seperti Linktree untuk membuat landing page multi link. Cukup dengan membuat akun di Linktree, kamu dapat memasukkan beberapa tautan penting ke kontak atau produk kamu. 

Repost Foto Customer atau Karyawan

Ini adalah upaya untuk menjalin kedekatan dengan audiens atau customer produk kamu. Caranya dengan merepost foto yang diunggah oleh customer ke akun Instagram bisnis baik di feed atau Instastories.  

Cara ini juga dapat meningkatkan kredibilitas toko online kamu di Instagram karena banyak testimoni yang baik. Pada beberapa lini bisnis seperti fashion, pengguna akan dengan sukarela kok mengunggah foto produk bila mereka suka. 

Hal lain yang banyak dilakukan saat ini untuk menjalin kedekatan dengan pengguna adalah menggunakan story telling. Biasanya, akun Instagram dipakai juga untuk memperlihatkan aktivitas produksi atau karyawan yang terlibat dengan narasi menarik. 

Manfaatkan Instagram TV

Pengguna media sosial semakin menyukai konten – konten video seiring dengan semakin mudahnya jenis konten ini diakses. Kamu dapat memanfaatkan fitur Instagram TV untuk memuat konten seperti review produk, endorsement, tutorial, atau proses pembuatan produk. 

Instagram TV memiliki durasi hingga 1 jam sehingga kamu dapat berkreasi lebih bebas. 

Gunakan Instagram Ads

Untuk semakin memaksimalkan bisnis online, kamu dapat menjalankan Instagram Ads untuk meraih penjualan. Sebelum itu, pastikan konten atau foto – foto produk kamu di feed sudah cukup bagus sehingga calon pembeli baru akan lebih yakin dengan toko online kamu

Tentukan goals yang jelas dan metrik untuk mengukurnya. Misalnya, kamu ingin meningkatkan penjualan produk melalui WhatsApp. Artinya, kamu perlu membuat iklan dengan Call to Action yang mengarah pada link nomor WhatsApp.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan Instagram Bisnis. Selain pemasaran, pelaku bisnis juga memerlukan manajemen keuangan yang baik. Karena itu, kamu mungkin memerlukan software akuntansi seperti Accurate Online yang dapat memudahkan pekerjaan pencatatan dan pembukuan keuangan bisnis. Software Accurate Online sendiri tersedia secara GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS 30 Hari” andaman_href=”https://coba.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

5 Kepribadian Seorang Pebisnis. Anda kah Salah satunya?

ademuthia

Apa Saja Syarat untuk Membuat NPWP Badan Usaha?

ademuthia

Penting Gak Sih Menggunakan Asuransi Bisnis? Pebisnis Wajib Baca!

ademuthia

Leave a Comment