29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Mau Endorse Selebgram untuk Bisnismu? Perhatikan hal berikut!

Selain beriklan melalui layanan Ads yang ada di masing-masing platform social media, Endorse bisa jadi salah satu cara kamu untuk mempromosikan  produkmu. Endorsement atau sering disebut endorse adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di dunia social media, apalagi Instagram. endorsement merupakan sebuah dukungan yang diberikan oleh seseorang yang sudah menjadi terkenal, terhadap suatu produk yang dijual oleh suatu bisnis atau perusahaan. Orang yang sudah terkenal bisa jadi selebgram atau yang seseorang yang memiliki pengikut banyak di instagram dan memiliki pengaruh besar. 

Baca Juga: Jualan di Facebook Gak Pakai Iklan, Memangnya Bisa?

Kegiatan promosi ini juga dilakukan untuk memperkenalkan barang atau produk kepada masyarakat luas.Para selebgram akan mempromosikan produk melalui social media baik secara soft selling atau hard selling. Tujuannya  untuk mendapatkan pelanggan yang tertarik untuk membeli produk yang mereka promosikan.

Melakukan endorsement sebenarnya jadi salah satu pemasaran yang efektif Karena biasanya para  followers selebgram akan selalu memperhatikan produk yang diposting melalui akun selebgram tersebut. Namun Menemukan selebgram yang tepat sesuai dengan bisnis kamu itu sulit lho..Kamu harus  cermat dan teliti. Nah, sebelum kamu melakukan endorsement ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kegiatan promosi berjalan optimal.

Dalami profil selebgram/Influencer yang ingin kamu Endorse

Sebelum melakukan endorsement kamu harus mengecek apakah selebgram  yang kamu pilih relevan dengan bisnis atau produk yang kamu jual. Kamu bisa menjadikan hobi atau karakter sang selebgram sebagai tolak ukur. Hal ini bertujuan agar promosi yang dilakukannya akan memiliki dampak positif terhadap bisnismu

Contoh, bisnismu adalah produk skincare maka carilah selebgram yang mempunyai ketertarikan pada produk kecantikan atau skincare.

Perhatikan keterlibatan selebgram dengan followers (dan Enggagemen rate)

Hal lain yang penting untuk kamu perhatikan adalah jumlah followers atau pengikut yang dimiliki. Memang tak bisa dipungkiri jumlah followers ini penting karena semakin banyak followers, bisnismu akan semakin banyak dikenal dan dilihat orang. Namun, selain followers, kamu juga harus memperhatikan engagement rate dari endorser. Kamu Bisa melihat engagement rate (ER) melalui web seperti SociaBuzz atau sejenisnya.

Mengapa hal tersebut penting? Karena dibutuhkan suatu interaksi yang aktif dan baik antara endorser dengan followers agar promosi menjadi maksimal. Contohnya dapat dilihat pada Instagram, yaitu dari jumlah likes dan komentar pada suatu postingan.

Check track record Endorse Selebgram

Sebelum melakukan Endorse, Kamu juga perlu mengecek track record endorsement sang selebgram. Kamu bisa menilai dari banyaknya feedback positif dari para pengikutnya lewat komentar-komentar yang diberikan pada postingan selebgram tersebut. Selain itu kamu  juga bisa bertanya atau menggali informasi dari pelaku bisnis lain yang pernah memakai jasanya. Dengan begitu kamu bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan apakah selebgram tersebut layak atau tidak untuk mempromosikan bisnismu. 

Baca Juga: Cobain deh, Tips Memaksimalkan Instagram Bisnis Berikut Ini

Perhatikan konten pada Instagram Sang Selebgram

Jika kamu sudah mendapatkan pilihan selebgram, Kamu harus memperhatikan bagaimana selebgram tersebut menampilkan produk melalui konten isntagramnya.Pastikan kualitas kontennya baik, karena hal ini bisa adi toak ukur bagaimana nantinya sang selebgrammempresentasikan produkmu dalam postingan.

Baca Juga: Pengen Punya Anggaran Marketing? 4 Cara ini Akan Membantu Anda menyusun Budget Marketing Untuk UMKM

Perhatikan anggaran Endorse

 Semakin banyak followers sang selebgram, maka akan semakin mahal pula tarifnya. Pastikan kamu mengetahui harga yang dipatok untuk promosi sebelum menyetujui kerja sama. Jangan memaksakan jika biaya endorse terlalu mahal dan memaksakannya. Kamu bisa memilih selebgram dengan kualitas sebanding namun sesuai dengan anggaran bisnismu.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan jika kamu ingin mempromosikan bisnismu dengan cara meng-endorse selebgram atau influencer. Namu selain melakukan promosi atau pemasaran, kamu sebagai pelaku pelaku bisnis juga memerlukan manajemen keuangan yang baik. Karena itu, kamu mungkin memerlukan software akuntansi seperti Accurate Online yang dapat memudahkan pekerjaan pencatatan dan pembukuan keuangan bisnis. Software Accurate Online sendiri tersedia secara GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Bangun UMKM Anda Mulai Dari Sekarang!

ademuthia

Mau Dapetin Penghasilan Tambahan 50 Ribu Setiap Harinya? | Part 02

ademuthia

Mengenal Apa Itu Facebook Ads Dan Manfaatnya Bagi Bisnis

admin

Leave a Comment