29.1 C
Jakarta
September 20, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Mengenal Apa Itu Facebook Ads Dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Sosial media bisa menjadi salah satu platform yang bagus untuk meningkatkan eksposur dan trafik bagi sebuah bisnis. Facebook merupakan sosial media yang banyak disukai pelaku bisnis dan brand untuk menjangkau konsumen mereka melalui fitur Facebook Ads.

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah media beriklan yang ditargetkan kepada pengguna Facebook sebagai audiensnya. Iklan tersebut biasanya ditempatkan di beberapa bagian seperti beranda atau sidebar. 

Ada beberapa jenis iklan yang disediakan oleh Facebook Ads dan juga beberapa kategori iklan. Konten iklan Facebook Ads umumnya berupa teks dan gambar atau video. Untuk beriklan, kamu bisa kunjungi laman Facebook Ads Manager.

Bagaimana Facebook Ads Dapat Membantu Bisnis?

Beriklan di Facebook Ads dapat berpengaruh positif pada bisnis online maupun offline yang sedang kamu jalani. Hal ini bisa dilihat dari sejumlah kelebihan Facebook Ads berikut ini.

Target Konsumen yang Besar

Beriklan di Facebook berpotensi untuk dilihat oleh banyak orang. Di dunia, pengguna Facebook yang aktif setiap bulan mencapai 2,7 miliar. Pengguna aktif Facebook di Indonesia saja mencapai 120 juta orang pada 2019 lalu. Ditambah lagi dengan pertumbuhan jumlah pengguna Facebook yang terus meningkat. 

Sebagian besar pengguna Facebook akan membaca news feed Facebook mereka beberapa kali per hari. Jadi, pengguna Facebook tidak hanya banyak, tapi juga aktif. Tentu ini jadi peluang untuk mempromosikan bisnis secara lebih luas.

Kamu mungkin sudah tahu bahwa Facebook juga adalah perusahaan yang memiliki Instagram. Kolaborasi kedua platform ini memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens dengan memanfaatkan Facebook dan Instagram Ads secara simultan. 

Target Promosi yang Tepat dan Spesifik

Selain jumlahnya yang besar, demografi pengguna Facebook juga amat beragam. Facebook memiliki sebaran pengguna dari kelompok usia remaja hingga dewasa, dari berbagai geografi wilayah, dan berbagai minat.

Keunggulan Facebook Ads adalah kemampuannya untuk menjangkau pengguna Facebook yang tepat dan spesifik. Dengan kemampuan targetingnya, kamu bisa beriklan ke pengguna Facebook berdasarkan usia, minat, jenis kelamin, perilaku, hingga lokasi.

Setting Facebook Ads Sederhana & Mudah

Siapapun bisa beriklan di Facebook Ads, meski anggaran yang dimiliki tak terlalu besar. Selain itu, mengelola Facebook Ads juga relatif mudah prosesnya. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk belajar mengenai Facebook Ads sebelum dapat menyiapkan kampanye iklan pertamamu.

Saat akan beriklan, Facebook akan memberi 2 pilihan membuat iklan, yakni Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Kamu bisa memilih yang mana saja, namun disarankan memilih Pembuatan Iklan Terpandu agar kampanye iklan lebih spesifik.

Di Facebook Ada umumnya perlu melakukan setting pada beberapa hal, seperti tujuan iklan, jenis iklan, anggaran atau budget iklan. Selain itu juga pilih tujuan trafik, tentukan target audiens berdasarkan sejumlah faktor.

Kemudian setting penempatan iklan dan tentukan jadwal berapa lama iklan akan ditampilkan. Baru kemudian pilih format iklan, apakah karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, atau koleksi.

Setelah melakukan setting pada hal-hal tersebut, tulis deskripsi iklan yang menarik dan singkat. Pilih gambar yang sesuai deskripsi iklan, tulis judul yang menarik perhatian dan masukkan juga link atau tautan (URL Tujuan).

Sebelum bisa tayang, kamu harus bayar iklan Facebook tersebut sesuai anggaran yang telah diatur sebelumnya. Setelah melakukan pembayaran, Facebook akan mereview iklan dan akan segera menampilkannya jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan.

Bisa Menganalisa Efektivitas dari Iklan

Beriklan di Facebook Ads memiliki keunggulan lain yakni hasilnya yang bisa diukur secara cermat. Facebook Ads akan memberi semua informasi atau insight yang dibutuhkan untuk melihat return of investment (ROI) apa yang telah didapat dari iklan. Kamu bisa melihat berapa banyak impresi, klik dan konversi yang diterima iklan. 

Dengan menggunakan berbagai informasi tersebut akan memungkinkanmu untuk melihat keberhasilan atau kegagalan iklan yang dibuat. Kamu juga mendapat data penting seperti cost per click (CPC), cost per like, hingga cost per conversion. 

Nah, dengan keunggulan tersebut, modal yang dikeluarkan untuk iklan pun menjadi terukur. Tentu, ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang masih memiliki modal usaha terbatas. 

Karena efektivitasnya, banyak orang yang memakai Facebook Ads untuk menjalankan strategi affiliate marketing. Dengan Facebook Ads, para affiliate marketer dapat menjangkau target secara lebih efektif. 

Meningkatkan Engagement pada Brand

Buatlah iklan dan branding yang sebaik mungkin, karena visibilitas iklan akan membantu kamu membangun kepercayaan. Facebook Ads bisa membangun keterlibatan atau engagement dengan target audiens. Keterlibatan tersebut bisa berupa like, komentar maupun interaksi pada iklan.

Semakin audiens terlibat dan terkoneksi dengan brand yang kamu miliki, maka semakin besar kemungkinan mereka akan berkonversi atau melakukan pembelian. Facebook Ads bisa saja mendatangkan pelanggan baru dan mendongkrak bisnismu.

Kesimpulan

Facebook Ads termasuk platform iklan yang cukup efektif untuk memperluas pasar bisnis. Optimalkan potensi Facebook Ads tersebut dengan konten iklan yang menarik agar memperoleh lebih banyak konsumen. Penggunaan Facebook Ads juga relatif mudah serta biaya yang dikeluarkan masih terjangkau.

Facebook Ads merupakan tools digital yang dapat membantu pebisnis meningkatkan laba mereka. Banyak tools lain yang juga bermanfaat untuk pelaku bisnis seperti software akuntansi Accurate Online. Software yang dapat digunakan secara GRATIS selama 30 hari ini bakal memudahkan kamu dalam membuat laporan keuangan usaha.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Ketahui Laporan Perubahan Modalmu

ademuthia

8 Usaha untuk Membangun UKM dari Rumah yang Bisa Anda Coba

ademuthia

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Evaluasi Omset Bisnis Di Akhir Tahun 2019!

ademuthia

Leave a Comment