27.6 C
Jakarta
June 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

7 Tips Ampuh Bangun Usaha Frozen Food, Dijamin Sukses!

Akibat jahatnya wabah virus corona atau COVID-19 memberikan dampak yang luar biasa kepada para pekerja. Salah satu dampak yang cukup pahit dirasakan para karyawan kantoran adalah Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

Alhasil, mereka harus mencari pekerjaan baru atau putar otak untuk menjalani usaha apa yang tepat dengan modal yang seadanya. Mulai dari hal ini, orang-orang berani untuk membuka bisnis kecil-kecilan agar tetap ada pemasukan. Bahkan, banyak pula para karyawan yang work from home atau WFH turut bekerja sampingan disela-sela waktunya mengerjakan tugas kantor untuk mendapatkan uang tambahan.

Kira-kira usaha apa sih yang kini banyak diincar dan mendulang untung besar? Yap, bisnis makanan beku atau frozen food termasuk dalam bisnis yang banyak dijadikan incaran saat ini.

Makanan yang dapat disimpan lebih lama di dalam kulkas ini menjadi bisnis yang cukup mendapatkan banyak keuntungan. Tapi, perlu kamu ingat kalau sebelum memulai bisnis frozen food, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan saat menjalaninya.

Yuk, simak dulu deh ulasannya berikut ini seperti yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Tentukan jenis produk

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah memikirkan dengan tepat jenis produk frozen food apa yang ingin dijual.

Di masa pandemi ini, orang-orang tentu akan memikirkan olahan apa yang dapat disimpan lama dan praktis. Nah, kamu bisa nih pilih menjual makanan beku dengan jenis olahan daging, makanan siap olah, atau siap makan. Tapi, kalau mau potongan kentang goreng juga tida masalah, kok. Asalkan, sesuaikan lagi ya dengan kemampuan produksi kamu nantinya.

Hitung modal awal

Setelah sudah menentukan jenis produk frozen food seperti apa, menghitung modal awal juga sangat diperlukan sebelum menjalani bisnis. Hitung kebutuhan apa saja yang diperlukan, termasuk biaya pemasok kebutuhan frozen food ini.

Pastikan dilakukan secara rinci, ya.

Pilih produsen

Memilih produsen dalam bisnis frozen food menjadi hal penting yang perlu dipikirkan. Namun, tidak ada masalahnya lho jika kamu ingin memilih frozen food siap santap dan harus disiapkan sendiri. Tapi, tetap pilih bahan makanan yang berkualitas, ya, dan pastikan menggunakan plastik yang tidak mudah bocor agar rasa makanan tetap terjaga dan tidak cepat basi.

Sementara itu, jika kamu memilih frozen food jenis lain, belilah langsung di agen atau produsen yang terpercaya. Jangan asal pilih, supaya tidak merugikanmu nantinya.

Ada banyak merek frozen food yang cukup terkenal dengan kualitas terbaik dan tertera BPOM, seperti Champ, Belfood, atau sebagainya.

Sediakan kulkas freezer

Mengandalkan kulkas saja tidak cukup, untuk menyetok produk frozen food dalam jumlah yang banyak, sebaiknya gunakan kulkas freezer. Ini juga penting supaya produk yang dijual akan tetap terjaga kualitasnya.

Jika kamu tidak memiliki kulkas freezer, bisa loh beli di e-commerce. Catat juga ya dalam list modal awal.

Pastikan frozen food tetap dalam kemasan yang baik

Saat memilih frozen food di produsen, memastikan bungkusan makanan beku ini penting. Jika kemasannya saja rusak atau kurang bagus apalagi robek, angin akan mudah masuk dan proses oksidasi lebih cepat sehingga gampang terkena bakteri.

Perhatikan tanggal kadaluarsa

Meskipun makanan beku dapat bertahan lama di dalam kulkas freezer, bukan berarti makanan tersebut tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Makanan apa saja baik itu beku atau tidak, pasti akan memiliki tanggal kadaluarsa.

Sebelum deal beli di produsen, pastikan dulu tanggal kadaluwarsa frozen food yang dibeli masih panjang. Sebagai penjual, kamu juga perlu rutin cek tanggal kadaluwarsa, ya,

Promosikan di media sosial

Media sosial sudah menjadi wadah yang tepat bagi setiap pelaku usaha untuk mempromosikan apa pun. Nah, ini cocok sekali dengan kamu yang ingin berbisnis frozen food. Kenapa? Karena usahamu akan dilihat banyak orang dan target pembeli bisa lebih luas.

Baca Juga: Cobain deh, Tips Memaksimalkan Instagram Bisnis Berikut Ini

Lakukan strategi yang tepat, buat konten bisnis yang menarik, dan maksimalkan fitur yang tersedia, eits… jangan lupa juga buat akun khusus bisnis. Dengan begitu, orang-orang akan menarik perhatian mereka dan dapat menarik konsumen untuk membeli.

Setiap berbisnis apapun, pasti akan memiliki pesaing. Alih-alih dijadikan penghalang, ada baiknya buatlah itu semacam persaingan agar semangat menyusun strategi penjualan yang sehat. Namun, jangan lupa untuk selalu mencatat keuangan bisnis kamu dengan Accurate Online. Software Akuntansi yang mudah bagi para pebisnis pemula. Mau coba?

Related posts

Lowongan Kerja untuk Akuntan di Indonesia

ademuthia

Angin Segar untuk Pengusaha Indonesia, Perubahan Pajak Barang Impor!

ademuthia

Perhatikan! 5 Cara Memilih Software Akuntansi Tepat untuk Bisnis

ademuthia

Leave a Comment