27.1 C
Jakarta
August 2, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Belum Tahu Apa Itu Bisnis Franchise? Intip Dulu Penjelasannya di Sini

Kamu mau berbisnis tapi tidak ingin memulainya dari nol? Franchise barangkali menjadi pilihan model bisnis yang bisa kamu coba. Franchise atau waralaba banyak diminati karena memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam hal stok barang, branding, dan lain sebagainya. 

Bidang usaha franchise semakin beragam dari makanan, minuman, sampai jasa. Berbagai franchisor pun menawarkan kemitraan usaha dengan modal yang tidak terlalu besar sehingga terjangkau bagi pemula. Franchise minuman misalnya, sudah bisa kamu dapatkan hanya dengan modal Rp3 jutaan saja. 

Baca Juga: Bingung Mau Membangun Usaha dari Nol atau Membeli Usaha Franchise? Disini Jawabannya!

Nah, sebelum lebih jauh membahas mengenai franchise, kita pahami dulu yuk tentang franchise itu sendiri. 

Apa Itu Franchise?

Franchise merupakan suatu model bisnis yang melakukan pendistribusian barang dan jasa dengan memberikan hak penggunaan lisensi dagang kepada pihak lain. Dalam sistem franchise terdapat franchisor yaitu pihak yang menjual lisensi franchise. Adapula franchisee yakni pihak yang diberikan lisensi untuk menggunakan merek dagang. 

Bisanya, manajemen bisnis franchise sudah terbangun sehingga franchisee atau investor tinggal menjalankan usahanya saja. Mereka sudah memiliki SOP bisnis sendiri dari proses produksi sampai pemasaran. Selain itu, ide bisnisnya pun sudah teruji sehingga risiko kegagalannya lebih kecil ketimbang membangun sendiri dari nol. 

Keuntungan lainnya bila brand dari franchise tersebut sudah besar, pelaku usaha tidak perlu repot-repot lagi melakukan promosi. 

Namun, sistem franchise bukannya tanpa kelemahan. Salah satunya adalah kurangnya kemandirian dalam menjalankan usaha karena semua sistemnya sudah ditetapkan oleh franchisor. Belum lagi, ada biaya royalti yang harus dibayarkan pelaku usaha kepada pihak franchisor.  

Baca Juga: 3 Hal Ini Akan Buat Kamu YAKIN untuk Mulai Bisnis franchaise

Tips Memilih Franchise Yang Tepat

Buat kamu yang saat ini sedang mencari franchise untuk berbisnis, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. 

Perhatikan Prospek Bisnis Jangka Panjangnya

Di Indonesia, sering sekali terjadi demam franchise akibat adanya tren mengenai produk tertentu seperti makanan atau minuman kekinian. Namun, tren ini cepat sekali tergantikan oleh makanan atau minuman lain sehingga bisnisnya tidak bagus untuk jangka panjang. Jadi, kamu harus bersiap untuk menghadapi penurunan pasar yang sewaktu-waktu terjadi. 

Pilih Franchise yang Produknya Dibutuhkan Konsumen

Agar bisnis kamu berjalan dalam waktu yang panjang, maka pilihlah produk franchise yang terus dibutuhkan oleh konsumen. Franchise ayam krispi bisa menjadi pilihan karena jenis makanan yang satu ini sudah merupakan pilihan lauk masyarakat Indonesia sehari-hari. 

Baca Juga: 6 Cara Mengembangkan Bisnis Franchise yang Harus Diketahui Sebelum Memulai

Pilih Franchise Yang Harga Kemitraanya Terjangkau

Harga kemitraan franchise bisa jadi sangat mahal karena brand nya sudah besar. Kamu perlu mempertimbangkan hal ini, terutama bila kamu memiliki modal usaha yang terbatas. Kamu bisa mencari franchise sejenis dengan harga kemitraan yang lebih terjangkau namun secara bisnis cukup baik. 

Stok Bahan Baku dan Dukungan Franchisor

Sebelum memutuskan, sebaiknya cari tahu dulu bagaimana pihak pihak franchisor memberikan dukungan kepada mitra-mitranya. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah keterlambatan stok barang dari pihak franchisor sehingga dapat merugikan kamu nantinya. 

Ada beberapa franchisor yang memberikan dukungan seperti pelatihan kepada karyawan namun ada pula yang tidak. Nah, ini juga bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli suatu franchise. 

Pilih Bisnis Franchise Yang Memang Kamu Suka

Alangkah lebih baiknya bila kamu menjalankan suatu usaha yang memang sudah kamu sukai. Dengan begitu, kamu mengetahui secara pasti bagaimana menjalankan dan mengembangkannya. 

Meski tidak dari nol, menjalankan bisnis franchise pun sama dengan bisnis lain yang penuh tantangan. Oleh karena itu, kamu pun perlu membangun sistemnya dengan baik sedini mungkin. Salah satunya melalui pengelolaan keuangan yang transparan dan rapi. 

Kamu dapat memanfaatkan software akuntansi seperti Accurate Online untuk melakukan pencatatan dan pembukuan usaha franchise. Dengan begitu, kamu sudah lebih siap saat ingin mengembangkan outlet bisnis franchise selanjutnya. Accurate Online sendiri dapat kamu pakai GRATIS selama 30 hari, loh. 

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/join.do?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Related posts

Peluang Bisnis Menjelang Imlek 2020!

ademuthia

Kenapa sih Kita Harus Bayar Pajak?

ademuthia

Gali Cuan dari Trend Gowes. 4 Tips Singkat untuk Mulai Bisnis Sepeda

ademuthia

Leave a Comment