ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

Dear Para Pengusaha, Ini Loh Cara Menyusun SOP Perusahaan

Agar suatu bisnis dapat beroperasi dengan optimal setiap hari, diperlukan metode atau sistem kerja yang rapi dan efisien. Karena itu sebagai pengusaha, kamu perlu memahami bagaimana cara menyusun SOP perusahaan. 

SOP Perusahaan penting agar alur kerja dan proses pendelegasian tugas dapat berjalan tanpa hambatan. Ini diperlukan saat sebuah usaha semakin besar serta melibatkan banyak orang dan stakeholder. 

Pada taraf yang lebih tinggi, SOP perusahaan dapat membantu kamu untuk membuat bisnis berjalan secara autopilot. Artinya, tanpa kehadiran kamu pun bisnis tetap dapat meraih keuntungan besar

Pengertian SOP Perusahaan

Standar Operasional Prosedur atau SOP adalah suatu pedoman yang memuat langkah-langkah, cara dan prosedur untuk menyelesaikan suatu pekerjaan agar memperoleh hasil yang optimal. SOP perusahaan biasanya disusun oleh pimpinan perusahaan untuk dijalankan oleh setiap individu di dalam perusahaan tersebut. 

Menurut Tjipto Atmoko (2011), Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

SOP perusahaan bermacam-macam yang dapat dibuat untuk berbagai kebutuhan. Contoh SOP perusahaan misalnya, SOP pendelegesasian tugas antar divisi, menangani komplain pelanggan, sistem penggajian, sampai melakukan audit internal. 

Manfaat SOP Perusahaan

Ada sejumlah manfaat yang dirasakan saat perusahaan kamu memiliki SOP yang jelas. Berikut beberapa di antaranya. 

  • Membuat setiap karyawan memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. 
  • Karyawan dapat bekerja secara mandiri dan tidak bergantung pada arahan pimpinan. 
  • Menciptakan standar kualitas pekerjaan untuk menjaga kinerja karyawan. 
  • Menemukan kesalahan prosedural yang mungkin terjadi saat ada masalah.
  • Menjadi bahan evaluasi untuk menciptakan sistem kerja yang cepat, efisien dan lebih efektif lagi. 

Menyusun SOP Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat SOP perusahaan di atas, kita cari tahu yuk bagaimana sih cara membuat SOP perusahaan. Sebelum itu, temukan dulu masalah apa yang ingin dipecahkan sehingga perlu membuat SOP perusahaan. Setelahnya, kamu dapat mulai menyusunnya dengan cara sebagai berikut. 

Memahami Garis Besar Proses Bisnis

SOP pada dasarnya dibuat untuk memperlancar kegiatan bisnis setiap harinya. Karena itu, kamu perlu memahami bagaimana prosesnya berjalan dari hulu ke hilir, siapa saja yang terlibat, hingga dokumen apa saja yang dibutuhkan. Tentukan pula tujuan dari setiap proses yang terlewati itu. 

Kamu juga dapat memetakan siapa saja yang bertanggung jawab dalam setiap proses serta berapa lama durasi pengerjaannya. Tahapan ini dapat kamu diskusikan dengan staf terkait agar mereka dapat memberi ide atau masalah apa yang biasanya mereka alami. 

Buat Alur Flowchart

Proses kerja dari hulu ke hilir tersebut sebaiknya dirancang dalam bentuk flowchart agar dapat dipahami dengan baik oleh pihak terkait. Jangan lupa, dalam setiap tahapan aktivitas tentukan nama person in charge (PIC) yang bakal menjadi penanggung jawab. 

Tuliskan SOP Perusahaan

Narasikan flowchart yang sudah kamu buat dengan kalimat yang sederhana. Biasanya, SOP dibuat dalam format sebagai berikut. 

  • Logo dan nama perusahaan
  • Judul atau Nama Standar Operasional Prosedur
  • Tanggal berlaku
  • Tujuan SOP
  • Isi SOP
  • Tanda tangan penyusun SOP persetujuan

Lakukan Simulasi dan Evaluasi SOP

Apa yang ditulis di kertas mungkin berbeda ketika diimplementasikan di lapangan. Oleh karenanya, kamu perlu melakukan simulasi dengan membicarakan ini kepada staf terkait. 

Apakah masih ada proses kerja yang dinilai tidak efisien? Apakah staf karyawan dapat melakukan tugasnya dengan baik sesuai SOP baru tersebut? 

Kamu dapat menerapkan standar operasional prosedur baru ini dengan jangka waktu tertentu untuk kemudian dilakukan evaluasi. Hasil evaluasi ini nantinya menjadi perbaikan sebelum SOP diterapkan secara penuh. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan standar operasional prosedur kepada setiap karyawan perusahaan khususnya pihak-pihak yang terlibat.

Menyusun dan menerapkan standar operasional prosedur merupakan satu langkah penting agar perusahaan kamu dapat beroperasi secara optimal. Memberi pada perhatian pada hal-hal yang bersifat “administratif” seperti ini dapat meningkatkan kinerja perusahaan, loh

SOP perusahaan juga penting diterapkan dalam hal keuangan bisnis. Perusahaan perlu memiliki software akuntansi yang mudah dipakai dan sesuai dengan PSAK (Peraturan Standar akuntansi Keuangan). Salah satunya Accurate Online yang memudahkan kamu melakukan pembukuan dan pencatatan keuangan. Software Akuntansi Accurate Online tersedia GRATIS selama 30 hari. 

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online 30 Hari GRATIS” andaman_href=”https://coba.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Related posts

Inilah Pengertian Inklusi Keuangan dan Upaya Pemerintah Meningkatnya

admin

Memahami Akuntansi Keuangan Melalui Komponen, Fungsi dan Manfaat

admin

Jangan Menyerah, Ini 5 Ide Pemasaran di Tengah Pandemi

admin

Leave a Comment