27.6 C
Jakarta
June 15, 2021
ABC Semanggi –  Aplikasi pembukuan paling TOP di indonesia
accurate news

3 Strategi Kopi Kenangan Yang Patut Kamu Tiru!

Kopi Kenangan merupakan salah satu brand kedai kopi lokal yang banyak dibicarakan. Produknya disukai kalangan anak muda dan mudah ditemukan di berbagai tempat. Selain itu, Kopi Kenangan juga kerap masuk pemberitaan media karena mendapat kucuran dana yang besar dari investor baik dalam maupun luar negeri. 

Salah satu investor Kopi Kenangan yakni Sequoia India yang menyalurkan dana sebesar US$ 20 juta atau sekitar Rp 288 miliar kepada Kopi Kenangan Juni 2019 lalu. Apa rahasianya Kopi Kenangan menjadi sebesar seperti sekarang? 

Baca Juga: Ayo Kurangi Sampah di Kantor

Berikut beberapa strategi Kopi Kenangan yang dapat “dicontek” oleh pelaku usaha yang sedang belajar merintis usaha kedai kopi. 

Buat Kedai Kopi Sederhana Tapi Masif

Strategi Kopi Kenangan yang paling mencolok adalah pada outletnya. Jika kebanyakan coffee shop berlomba membuat outlet yang besar dengan beragam fasilitas seperti Starbucks, Kopi Kenangan memilih jalan lain. 

Mereka lebih memilih membuat outlet secara sederhana dan tidak terlalu besar. Namun, dengan cara itu mereka bisa membuat lebih banyak outlet di tempat-tempat lain. Kedai Kopi yang luas pasti membutuhkan modal yang sangat besar sehingga menyebabkan pengembalian dana (payback) yang lebih lama. 

Strategi Kopi Kenangan ini didukung oleh layanan pesan antar makanan yang semakin masif. Perlahan, kebiasaan konsumen memesan kopi untuk dibawa ke kantor atau rumah ini pun mulai tumbuh. Jadi, tidak lagi mengandalkan tempat di outlet. 

Kopi Kenangan tidak secara langsung berhadapan dengan kompetitor luar negeri yang memiliki outlet besar dan kopi premium. Mereka justru mengambil pangsa pasar premium dan standar. 

Memanfaatkan Aplikasi 

Kopi Kenangan menyediakan aplikasi yang memungkinkan konsumen memesan kopi yang mereka inginkan secara online. Pada saat di lokasi, konsumen sudah mendapatkan kopi yang mereka pesan. Fitur semacam ini sangat dibutuhkan terutama oleh masyarakat perkotaan yang punya mobilitas tinggi. 

Dari segi bisnis, kedai kopi yang juga ikut “go online” ini sudah menjadi tren. Keuntungannya, aplikasi dapat meningkatkan daya beli karena lebih praktis dalam memesan kopi. Kedua, perusahaan memiliki database pengguna yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan promosi. 

Adopsi Teknologi Untuk Efisiensi

Tidak sekadar kedai kopi, Kopi Kenangan juga merupakan sebuah startup yang sangat peka terhadap perkembangan teknologi. Selain lewat aplikasi yang sudah disebutkan di atas, Kopi Kenangan juga menerapkan inventory manajemen untuk mendukung otomatisasi sehingga lebih efisien. 

Menurut informasi yang dikutip dari Katadata, Kopi Kenangan juga akan menggunakan teknologi dari Eropa dan China untuk membuat rasa kopi yang konsisten. 

Ekspansif Tanpa Franchise 

Salah satu hal yang menarik dari Kopi Kenangan yaitu mereka tidak membuka opsi kemitraan waralaba atau franchise. Model bisnis jenis ini memang cukup populer di Indonesia dan umum diterapkan pada bisnis food and beverage seperti Kopi Kenangan. 

Baca Juga: Belum Tahu Apa Itu Bisnis Franchise? Intip Dulu Penjelasannya di Sini

Kopi Kenangan lebih memilih mencari venture capital untuk mengekspansi bisnisnya lebih luas lagi. Alasannya, Kopi Kenangan ingin memiliki kontrol penuh atas semua outlet yang dimilikinya. Dengan hal itu, kualitas produk dan layanan Kopi Kenangan diharapkan dapat lebih terjaga. 

Kesimpulan

Bisnis kedai kopi merupakan salah satu lini usaha yang menarik seiring dengan semakin meningkatnya daya beli masyarakat kelas menengah. Kopi Kenangan menjadi pemain dalam bisnis ini yang banyak dilirik strategi bisnisnya. 

Pada dasarnya, Kopi Kenangan berusaha menggarap pangsa pasar kelas “standar dan premium” dengan memberikan kopi yang berkualitas namun harganya yang miring. Ini antara lain dilakukan dengan cara menekan biaya outlet dan operasional. 

Sebagai pengusaha, kamu pun bisa melakukan hal yang sama pada bisnis masing-masing. Misalnya, dengan menggunakan aplikasi keuangan seperti Accurate Online. Aplikasi yang dapat diunduh secara GRATIS selama 30 hari ini dapat memudahkan proses pencatatan dan pembukuan usaha kamu.

Related posts

4 Cara Merekrut Reseller yang Berkualitas

admin

Ada Kabar Baru, Amazara Bangkit Kembali di Tengah Badai Corona!

ademuthia

Modal Ringan Untung Besar, Bisnis Cetak Sablon Kaos

ademuthia

Leave a Comment